Perkembangan Perpustakaan dan Teknologi Informasi

Daftar Isi

Pustakawan Barru - Dunia perpustakaan semakin hari semakin berkembang dan bergerak ke depan, perkembangan ini didukung oleh perkembangan teknologi informasi dan pemanfaatannya yang telah merambah ke berbagai bidang. Hingga saat ini, tercatat beberapa masalah di dunia perpustakaan yang dicoba didekati dengan menggunakan teknologi informasi.

Perkembangan Perpustakaan dan Teknologi Informasi

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu cepat sering dikenal dengan istilah ICT/TIK, dimanfaatkan oleh setiap lapisan masyarakat maupun instansi tidak ketinggalan perpustakaan. Dengan kemunculan Information Communication Technology (ICT) merubah paradigma perpustakaan tradisional dengan koleksi serta layanan serba manual saat ini sudah berkembang menjadi perpustakaan 2.0. Perpustakaan 2.0 ini adalah jenis perpustakaan yang berkembang saat ini.

Tahap perkembangan perpustakaan yaitu perpustakaan elektronik, perpustakaan digital, perpustakaan hibrida, dan terakhir perpustakaan 2.0.

Perkembangan ITC juga mempengaruhi perubahan perilaku informasi di masyarakat. Perubahan ini dengan mentransformasikan pengajaran, pembelajaran, komunikasi ilmiah, dan peran perpustakaan tradisional sebagai penyedia jasa layanan yang menunjang penelitian.
EDY SYAM
EDY SYAM Seorang yang Suka Online, Kuliner dan Travelling.

Posting Komentar