Tips dan Cara Agar Hidup Lebih Damai

Daftar Isi
Mario Teguh pernah mengatakan
Kebahagiaan adalah kegembiraan dalam kedamaian yang penuh kesyukuran.
Dengan memaknai quotes sederhana di atas kita akan lebih mudah untuk berbahagia.

 

Banyak orang yang bingung dan bertanya-tanya bagaimana cara supaya bisa hidup bahagia? Padahal, sering kali kita mendengar ucapan bahwa “Bahagia itu sederhana.” Meski ucapan ini sering terdengar, masih saja banyak orang yang merasa sulit bahagia dalam hidupnya.


Tips dan Cara Agar Hidup Lebih Damai


Cara agar hidup menjadi lebih bahagia adalah dengan :


  1. lebih sering bergembira,
  2. lebih banyak merasa damai,
  3. dan senantiasa untuk bersyukur.

Ya, sesederhana itu.


Nah, pada tulisan kali ini saya ingin membahas tentang cara meraih kedamaian. Tanpa kedamaian, seseorang akan sulit untuk bisa berbahagia. Mengapa? Karena orang yang tidak damai, sulit untuk merasa tenang. Orang yang tidak damai akan merasa khawatir. Jika hidup dengan kekhawatiran, bagaimana mungkin bisa berbahagia?


So, bagaimana cara menjadi damai? Ini dia cara-cara yang saya lakukan agar lebih mudah merasa damai.


1. Bangun Integritas dan Setia Kepada yang Benar


Mario Teguh sering mencontohkan para koruptor sebagai orang yang sulit untuk berbahagia. Koruptor sulit merasa bahagia karena mereka tidak damai. Lah bagaimana mau bahagia kalau mereka sering menipu dan punya banyak kebohongan yang harus ditutupi?


Kalau ingin berbahagia maka jadilah pribadi yang jujur, pribadi yang penuh integritas.


Saya pun senantiasa berusaha untuk selalu jujur. Dengan kejujuran, kita dapat membangun integritas. Mudah-mudahan dengannya kita menjadi pribadi yang baik dan tidak perlu melakukan sesuatu yang tidak jujur.


Orang yang jujur pasti disayang oleh Tuhan. 🙂


2. Terus Meningkatkan Kemampuan Diri


Untuk bisa merasa damai maka orang harus menjadi pribadi yang kuat. Ambil contoh, kita galau karena faktor ekonomi. Apakah kita bisa merasa damai?


Sulit sekali.


Kegalauan kadang menjadi penyebab timbulnya ketidakdamaian. Kalau kita galau dengan faktor ekonomi, maka itu tanda agar kita berupaya lebih baik agar memiliki kemampuan finansial yang lebih baik.


Termasuk dalam berbagai segi kehidupan lainnya. Ketika kita menjadi pribadi yang mampu dan kuat maka kita akan lebih mudah untuk tenang. Orang yang tenang mudah merasa damai.


Kunci untuk sukses adalah menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari. Jika hari ini kita melakukan hal yang baik, maka usahakan besok kita bisa melakukan yang lebih baik. Demikian pula besoknya, hari-hari berikutnya, teruslah menjadi pribadi yang lebih baik. Bangun dan tingkatkan kemampuan Anda.


3. Bersyukur


Salah satu penyebab ketidakdamaian adalah kita membandingkan apa yang orang lain miliki tapi kita tidak miliki. Contoh, teman-teman kita punya mobil mewah, sedangkan kita belum punya. Orang-orang yang sering membandingkan diri seperti ini seringkali sulit merasa damai. Saking seringnya membandingkan kekurangan dengan kelebihan orang lain, kita bisa saja lupa dan menelantarkan apa yang sudah kita miliki.


Bersyukur dengan apa yang sudah kita miliki/kita dapatkan akan menjadikan kita lebih gampang merasa damai. Bagaimana bisa merasa damai kalau kita terus menerus membandingkan kekurangan kita dengan kelebihan orang lain? Hati akan terus dipenuhi dengan pertanyaan, “kok aku ndak seperti dia ya?”


Tak ada kebahagiaan dan kedamaian tanpa kesyukuran.


Nah sobat Pustakawanbarru.com, itulah tips dan cara agar bisa merasa lebih damai. Semoga hidup kita damai dan senantiasa berbahagia. Aamiin !!!

Posting Komentar