Cara Mengobati Sariawan di Gusi, Mulut, Tenggorokan, Lidah

Daftar Isi

Sariawan memang bukan penyakit yang berbahaya namun bila tidak segera diatasi, sariawan bisa sangat mengganggu, terutama disaat Anda sedang makan atau berbicara. Mengatasi sariawan sebenarnya sangatlah mudah karena banyak bahan alami yang bisa Anda gunakan, seperti air larutan garam hangat. Dan selain menggunakan air larutan garam yang hangat, Anda bisa mengatasi sariawan dengan mengaplikasikan beberapa cara mengobati sariawan yang murah dan mudah di bawah ini:

Cara Mengobati Sariawan di Lidah dengan Cepat

Yogurt

Yogurt merupakan produk olahan yang mengandung bakteri probiotik yang akan membantu tubuh kita melawan infeksi tepat di dinding rongga mulut dan lidah yang sedang sariawan. Cara mengobati sariawan di lidah ini bisa menjadi cara jitu untuk mengatasi sariawan karena yogurt bersifat antiseptik alami yang akan meringankan infeksi, cara pengobatan dengan yogurt pun tidaklah sulit, Anda hanya perlu mengoleskan yogurt pada lidah yang sariawan atau memakannya seperti biasa. Walaupun perih, namun yogurt bisa menyembuhkan sariawan dengan cepat.

Cara Mengobati Sariawan di Gusi, Mulut, Tenggorokan, Lidah

Air garam

Cara mengobati sariawan dengan cepat dan aman adalah dengan berkumur menggunakan garam yang dilarutkan pada air hangat. Air garam bersifat antiseptik yang mana akan membantu membunuh bakteri yang ada di dalam mulut kita dan juga membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan, selain itu air garam juga mampu meredakan rasa tidak nyaman dan juga infeksi di mulut.

Cara Mengobati Sariawan di Tenggorokan secara Alami

Bawang merah dan bawang putih

Dan cara mengobati sariawan secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan bawang merah dan bawang putih, dua jenis bawang ini sangat baik untuk kesehatan kita, karena bersifat antiseptik, antibakteri dan juga anti radang, sebagai pengobatan sariawan, Anda hanya perlu mengoleskan bawang merah atau bawang putih langsung pada area yang sariawan, rasanya memang perih dan tidak nyaman, namun bahan alami ini akan membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan.

Minyak jarak

Ada cara mengobati sariawan di tenggorkan lainnya yang tidak kalah efektif dari menggunakan bawang merah atau bawang putih yakni dengan menggunakan minyak jarak. Minyak jarak memiliki kandungan anti kusam yang sangat baik dan mampu menyembuhkan infeksi, yang perlu Anda lakukan hanya menuangkan 2 sdm minyak jarak lantas tambahkan sedikit air atau susu lalu gunakan bahan alami campuran ini sebagai obat kumur atau diminum langsung, dan dioles juga bisa pada area mulut yang sariawan.

Cara Mengobati Sariawan di Gusi Mulut

Susu

Cara mengobati sariawan di gusi dengan susu yang mana akan membantu meredakan rasa perih sekaligus memberikan nutrisi dari dalam yang dibutuhkan oleh tubuh. Zat besi yang terkandung dalam susu dapat membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan secara alami, dan tidak hanya itu saja, susu juga baik sekali sebagai zat anti-inflamasi.

Minyak kayu putih atau minyak kelapa

Cara mengobati sariawan mulut dengan menggunakan minyak kayu putih atau minyak kelapa yang memang sangat baik untuk meredakan rasa tidak nyaman pada area mulut yang sedang sariawan. Sedangkan minyak kayu putih bersifat anti bakteri dan juga anti-inflamasi yang mampu mempercepat proses penyembuhan sariawan. Pilih saja salah satu dari kedua jenis minyak tersebut sebagai obat penyembuh sariawan.

Kunyit

Merupakan salah satu tanaman obat yang mampu mengobati sariawan, kunyit bersifat anti bakteri yang mana mampu membunuh penyakit dengan sangat baik, termasuk sariawan, Anda hanya perlu mengoleskan parutan kunyit pada sariawan saja, diamkan sebentar. Lakukan pengobatan dengan obat oles ini setiap hari.

Cara mengobati sariawan dengan berbagai bahan alami di atas dapat membantu meredakan rasa tidak nyaman yang terjadi di lidah maupun area mulut lainnya yang tidak nyaman dan terkena sariawan.

EDY SYAM
EDY SYAM Seorang yang Suka Online, Kuliner dan Travelling.

Posting Komentar