Pengertian dan Jenis Bibliografi

Daftar Isi

Pengertian dan Jenis Bibliografi - Bibliografi adalah buku yang memuat daftar terbitan baik dalam bentuk buku maupun artikel majalah, atau sumber kepustakaan lain yang berhubungan dengan suatu subjek atau hasil karya seseorang. Bibliografi biasanya disusun menurut abjad pengarang, sistem klasifikasi tertentu atau menurut subjek verbal (berupa kata).

Pengertian dan Jenis Bibliografi

Perbedaan Bibliografi dengan katalog

  1. Katalog biasanya memberikan tanda/kode lokasi penempatan suatu dokumen di rak, yang disebut 'nomor penempatan' atau 'nomor panggil'. Disebut nomor panggil karena kalau buku itu diperlukan maka bisa dipanggil atau dicari berdasarkan nomor panggil tersebut.
  2. Katalog biasa pula dilengkapi dengan kode perpustakaan. Maksud kode ini adalah untuk memberitahu kepada pengguna tempat menyimpan koleksi buku perpustakaan yang ada dalam daftar.
  3. Aran pada bibliografi tidak mencamtunkan kode-kode di atas. Informasi yang perlu dicantumkan hanyalah data bibliografi saja, antara lain nama pengarang, nama penyunting, judul buku atau majalah, kota terbit, penerbit, tahun terbit, volume, nomor dan halaman kalau majalah.

Jenis-Jenis Bibliografi

  1. Bibliografi Umum
  2. Bibliografi Khusus atau Bibliografi Subjek
  3. Bibliografi Beranotasi
  4. Bibliografi Nasional
  5. Bibliografi Universal
  6. Bibliografi Retrospektif


EDY SYAM
EDY SYAM Seorang yang Suka Online, Kuliner dan Travelling.

Posting Komentar