Berbagai Cara untuk Meningkatkan Mutu Layanan Perpustakaan

Berbagai Cara untuk Meningkatkan Mutu Layanan Perpustakaan - Satu hal yang perlu diperhatikan ialah cara untuk meningkatkan mutu layanan perpustakaan. Dengan mutu pelayanan perpustakaan yang tinggi, perpustakaan akan memperoleh banyak pembaca dan selanjutnya akan mendapatkan pengakuan dan penghargaan dari masyarakat. Kalau pustakawan masih belum mendapatkan pengakuan dan penghargaan dari masyarakat berarti ia masih harus bekerja keras, berupaya agar apa yang ia kerjakan itu berguna bagi masyarakat.

Berbagai Cara untuk Meningkatkan Mutu Layanan Perpustakaan 
Upaya untuk meningkatkan mutu layanan perpustakaan tidak boleh dipisahkan dari kegiatan pustakawan sehari-hari. Banyak upaya yang dapat dikerjakan, diantaranya:
  1. sikap ramah dan penampilan yang baik para pustakawan dalam memberikan layanan mereka,
  2. menyediakan brosur tentang kegiatan yang ada di perpustakaan,
  3. mengadakan berbagai perlombaan di perpustakaan: lomba membaca, lomba menggambar, lomba membaca puisi, dan sebagainya,
  4. mengadakan study tour bersama di perpustakaan,
  5. mengundang tokoh masyarakat atau seorang pakar untuk mengadakan ceramah, menceritakan pengalaman mereka, dan sebagainya,
  6. membuat jadwal kegiatan yang teratur, memetik dari bahan yang dimiliki perpustakaan,
  7. berbagai kegiatan lainnya yang tidak termasuk di atas.
Demikianlah berbagai kegiatan yang dapat dikerjakan oleh pustakawan untuk meningkatkan mutu layanan di perpustakaan. Marilah kita lihat lebih jauh apa yang dapat dikerjakan dari kegiatan tersebut.
  1. Sikap ramah dan penampilan pustakawan yang baik dalam memberikan layanan kepada pembaca menentukan berhasil atau tidaknya pekerjaan.
  2. Menyediakan brosur tentang kegiatan yang ada di perpustakaan. Brosur memiliki keampuhan yang luar biasa dalam meningkatkan mutu layanan perpustakaan.
  3. Mengadakan berbagai perlombaan di perpustakaan: lomba membaca, lomba menggambar, lomba membaca puisi, dan sebagainya. Berbagai perlombaan ini dimaksudkan untuk mengundang para peminat supaya datang ke perpustakaan.
  4. Mengadakan study tour bersama di perpustakaan. Kegiatan ini dapat dilakukan secara terjadwal pada perpustakaan umum. Misalnya hari senin perpustakaan mengundang sekolah tertentu datang ke perpustakaan untuk mendengarkan lomba dongeng. Hari berikutnya, sekolah yang lain, atau kelompok yang lain.
  5. Mengundang tokoh masyarakat atau seorang pakar untuk mengadakan ceramah, menceritakan pengalaman mereka, dan sebagainya. Tokoh masyarakat yang berpengalaman sangat potensial untuk diminta bantuannya meningkatkan mutu layanan perpustakaan.
  6. Membuat jadwal kegiatan yang teratur, memetik dari bahan yang dimiliki perpustakaan. Kalau pustakawan rajin, mereka dapat menggali potensi yang ada di perpustakaan. Misalnya, buku-buku mengenai perjuangan Sultan Hasanuddin. Dari situ bisa dibuatkan daftar bilbiografinya, disiapkan gambar-gambar yang berhubungan dengan Sultan Hasanuddin, kemudian disiapkan makalahnya Selanjutnya, diumumkan kepada masyarakat  bahwa dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, akan ditampilkan seminar mengenai "Sultan Hasanuddin".
  7. Berbagai kegiatan lainnya yang tidak termasuk di atas. Kalau kita mau menggalinya, berdasarkan pengalaman lapangan, tentu banyak sekali bahan lain yang dapat membantu menaikkan mutu layanan perpustakaan.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel