Cara Mencegah Kerusakan Bahan Pustaka yang Disebabkan oleh Jamur

Pustakawan Barru - Sebagaimana kita ketahui bahwa jamur tumbuh atau timbul di tempat-tempat yang mempunyai kelembaban yang cukup tinggi. Oleh karena itu seorang pustakawan perlu memikirkan cara mencegah kerusakan bahan pustaka yang disebabkan oleh jamurPembasmian jamur dapat dilakukan dengan modern maupun tradisional.

Cara Mencegah Kerusakan Bahan Pustaka yang Disebabkan oleh Jamur


Pembasmian Jamur Secara Tradisional

Berikut adalah cara tradisional yang bisa digunakan untuk membasmi jamur.

  1. Menjaga ruangan buku dari genangan air. Oleh karena itu saluran-saluran air perlu diatur sebaik-baiknya.
  2. Menempatkan kapur sirih yang dimasukkan ke dalam baskom pada setiap rak buku. Kapur sirih ini berguna untuk menyerap air yang berlebihan di dalam ruangan.
  3. Menempatkan arang pada setia arang. Agar tidak terlihat kotor, arang bisa dimasukkan ke dalam karung kecil dari kain kasa.
Sekarang, cara tradisional ini sudah banyak ditinggalkan setelah ditemukannya cara-cara modern. Dewasa ini cara-cara modern telah mulai diterapkan di perpustakaan di Indonesia. Cara modern yang paling tepat dan cepat dalam membasmi jamur yang telah tumbuh di buku ialah menggunakan sistem fumigasi. Gas racun yang digunakan untuk sistem ini ialah gas formaldehyde, trioxymethylene, methyl bromide, atau uap thymol.

Bahan kimia lain yang dapat digunakan untuk menyerap uap air ialah silica gel. Caranya cukup mudah, cukup tempatkan kantong berisi silica gel pada setiap rak buku. Jumlahnya bisa anda sesuaikan sesuai kebutuhan. Jika udara dalam ruangan ternyata lembab, gunakan alat yang bernama dehumidifer sebagai pengukur kelembaban. Uap air dikeringkan sampai pada ukuran yang diperlukan yakni antara 45% - 60% RH.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Mencegah Jamur

  1. Melakukan pemeriksaan kelembaban ruangan atau tempat penyimpanan  bahan pustaka.
  2. Pembubuhan obat anti jamur pada kulit buku.
  3. Jaga kebersihan buku dari minyak.
  4. Jaga bahan pustaka dari kehadiran debu.
Demikianlah informasi seputar Cara Mencegah Kerusakan Bahan Pustaka yang Disebabkan oleh Jamur, semoga bermanfaat!

0 Response to "Cara Mencegah Kerusakan Bahan Pustaka yang Disebabkan oleh Jamur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel