Tips Untuk Menghindari Penyakit Flu dan Batuk

Daftar Isi
Penyakit batuk dan pilek umumnya tersebar melalui bakteri atau virus lewat udara melalui batuk atau bersin yang dikeluarkan penderita. Ada sekitar 200 macam virus flu yang bisa menyerang kita.

Tips Untuk Menghindari Penyakit Flu dan Batuk

Bahkan miliaran dollar AS dihabiskan untuk mencegah dan mengobati penyakit ini. Orang dewasa bisa menderita sakit flu sekitar dua hingga lima kali sementara anak-anak mengalami sakit flu lima hingga sepuluh kali setiap tahunnya.

Agar kita dapat terhindar dari flu dan batuk ada baiknya Anda mengikuti beberapa tips yang kami sajikan berikut ini.

1. Cucilah tangan dengan baik

Kebanyakan virus flu dan demam disebarkan karena kontak langsung. Anda bisa mencegah penularan dengan mencuci tangan menggunakan sabun dengan air hangat atau dengan cairan antiseptik. Hindari menggosokan tangan ke mata atau hidung jika Anda belum mencuci tangan.

2. Perbanyak minum

Tubuh manusia menggunakan cairan untuk memfilter kotoran yang terakumulasi di dalamnya. Semakin baik kemampuan tubuh menyaring kotoran ini semakin baik pula kesehatan kita. Jika Anda tengah mengalami flu atau batuk cobalah meminum jus jeruk. Minuman itu kaya vitamin C yang akan memperkuat sistem imun.

3. Berhenti merokok

Merokok ataupun menjadi perokok pasif mengiritasi tenggorokan Anda sekaligus memperburuk kondisi tubuh. Data statistik juga menunjukkan kalau perokok berat lebih sering mengalami sakit flu yang lebih parah.

4. Sediakan tisu atau saputangan

Saat berada Anda berada di tempat umum, selalu sediakan tisu untuk mencegah penularan. Jagalah jarak dari mereka yang sudah menderita flu atau sudah menunjukkan gejalanya. Flu atau batuk amat menular di tiga hari pertama saat menyerang penderitanya.

5. Lakukan sauna

Ketika Anda melakukan sauna, Anda akan menghirup udara lebih panas dari 80 derajat dimana suhu ini terlalu panas bagi virus flu dan demam untuk bertahan hidup.

6. Makanlah makanan pedas

Mengonsumsi makanan pedas akan membantu mengeluarkan lendir sekaligus melonggarkan tenggorokan.

7. Banyak beristirahat
Kebanyakan penyakit di zaman modern seperti sekarang disebabkan karena stres. Karena tekanan ini, kita kehilangan kemampuan untuk mengusir flu dan demam. Amat mudah untuk menjaga kesehatan dengan mendapatkan cukup istirahat dengan tidur nyenyak selama 7-8 jam.

8. Mengonsumsi makanan tertentu

Cobalah mengonsumsi sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam serta buah seperti jeruk dan anggur. Makanan tersebut memberikan tubuh pasokan nutrisi serta vitamin yang dibutuhkan untuk melawan infeksi serta meningkatkan sistem imun tubuh. Beberapa makanan bahkan amat membantu melawan batuk.

Bawang putih mentah juga dapat menghilangkan dahak. Kunyit juga baik untuk menyembuhkan batuk kering. Secangkir jus anggur dengan satu sendok makan madu juga bisa meredakan batuk.

9. Hindari gula dan junk food

Dengan mengonsumsi junk food, Anda justru membuat tubuh menjadi lemah dan gampang terserang penyakit. Cobalah mengonsumsi buah-buahan serta sayuran segar sehingga sistem imun kita kuat dan siap menghadapi penyakit.

10. Tidur dengan nyenyak

Tidur dengan baik juga membantu memperbaiki fungsi sistem imun tubuh. Saat Anda tidur, otak juga beristirahat sementara tubuh kita menggunakan waktu tidur itu untuk menghimpun kekuatan melawan aneka infeksi yang menyerang.

11. Aromatherapy

Prinsip dari aromatherapy adalah kita menghisap aneka macam aroma. Penggunaan uap yang kita hirup dari aromatherapy itu amat efektif mengencerkan lendir dan mengurangi iritasi.

12. Olahraga

Berolahraga secara teratur juga meningkatkan sistem imun. Melakukan olahraga tingkat sedang seperti berjalan-jalan selama 30 menit akan membantu Anda memperoleh udara segar bagi tubuh.

Bahkan dengan melakukan aktivitas olahraga, risiko kita terserang flu, demam atau batuk dapat berkurang hingga 50 persen.

Posting Komentar