Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Belajar Bahasa Inggris Mandiri

 

cara belajar bahasa inggris

Menguasai berbagai macam bahasa asing merupakan sebuah jendela atau jalan menuju dunia yang lain, karena dengan bahasa asing, kamu bisa ke negara manapun yang kamu inginkan, terutama jika kamu bisa berbahasa Inggris secara aktif. Tak heran jika saat ini ada banyak sekali beasiswa-beasiswa yang menawarkan kuliah di luar negeri, mulai dari jenjang S1, S2, hingga S3. Seiring dengan hal tersebut,  kemudian mulai banyak sekali bermunculan tempat-tempat belajar bahasa Inggris yang siap untuk membawa kamu mendapatkan beasiswa ke luar negeri. 


Nah, sebelum kamu memutuskan untuk belajar bahasa Inggris ke sebuah lembaga kursus, ada baiknya kamu mencoba untuk belajar bahasa Inggris tersendiri dulu, dan cara ini terbilang sangat maksimal untuk membuat kamu bisa berbahasa Inggris secara aktif. Apalagi, cara belajar bahasa Inggris mandiri ini sudah dibuktikan oleh banyak orang.

Nonton Film


Cara belajar bahasa Inggris mandiri yang pertama adalah dengan menonton film berbahasa Inggris. Siapa sangka jika ternyata menonton film juga bisa kamu jadikan sebagai ajang berbahasa Inggris? Dengan menonton film berbahasa Inggris, kamu bisa mulai mempelajari bahasa Inggris perlahan-lahan melalui setiap kata atau kalimat yang diucapkan. Jangan pakai subtitle ya.
Cobalah untuk menerka artinya terlebih dahulu, nah jika sudah, coba cari tahu maknanya di kamus. Kemudian, jika kamu bisa menghafalkan kalimat tersebut yang kemungkinan besarnya pasti akan diulangi lagi di kalimat percakapan yang berikutnya.


Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris
Cara belajar bahasa Inggris mandiri yang kedua adalah dari mendengarkan lagu. Masih dengan cara yang sangat menyenangkan. Cara belajar bahasa Inggris yang kedua Ini adalah cara yang paling sering digunakan oleh orang-orang dan terbukti sangat efektif dalam membantu kamu menemukan berbagai kosakata baru dalam bahasa Inggris. Langkah pertamanya sederhana carilah lagu bahasa Inggris yang cirinya ingin kamu coba hafalkan, ketika sudah bertemu dengan lagunya, kamu bisa menghafalkan lagu tersebut hingga benar-benar hafal.
Kemudian mencoba untuk mencari maknanya, dengan demikian perlahan-lahan kamu akan mengetahui kosakata yang ada pada lagu tersebut, itu artinya kamu sudah mengetahui dan mendapatkan kosakata baru lagi yang mungkin sebelumnya tidak pernah terpikirkan oleh kamu.

Menerjemahkan Buku atau Novel

Cara berikutnya adalah dengan menerjemahkan. Ya cobalah untuk mencari buku berbahasa Inggris, bisa novel, majalah, atau apapun yang berbahasa Inggris. Kemudian, cobalah untuk menerjemahkannya. Proses menerjemahkan ini bisa kamu lakukan per 

kalimatnya saja ya. Apabila sudah, cobalah untuk kemudian mengingat-ingat nya kembali.

Praktek

Hal yang lebih penting dari ketiga tips di atas adalah dengan terus praktik. Praktik merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam belajar berbahasa Inggris. Apabila kamu sudah menguasai berbagai macam kosakata namun jika tidak kamu praktekkan maka kosakata tersebut bisa saja hilang ataupun lupa. Maka, cobalah untuk mempraktekkannya di dalam kehidupan sehari-hari, dan jangan pernah malu untuk mempraktekkan bahasa Inggris yang sudah kamu ketahui. 


Itulah dia beberapa cara beajar bahasa Inggris mandiri yang bisa kamu lakukan. Namun, jika kamu memiliki kesibukan yang sangat padat, tentu cara tersebut tampaknya tidak cocok. Maka, alangkah baiknya jika kamu memilih kursus. Karena dengan kursus kamu memang dipaksa untuk menyisihkan waktu, apalagi saat ini, nyaris semua lembaga kursus bahasa mewajibkan asrama, yang artinya, mau tidak mau, kemampuan kamu dalam berbahasa akan dipress agar bisa menguasai bahasa Inggris sesuai dengan target yang sudah ditentukan.

Anita Aprilia
Anita Aprilia Sedang menunggu takdir Tuhan.

Posting Komentar untuk "Cara Belajar Bahasa Inggris Mandiri"