Tips Sukses Melamar Kerja dan Lolos Wawancara

Punya pekerjaan yang nyaman dan berpenghasilan tinggi merupakan impian hampir semua orang. Namun sayang seribu sayang, untuk memperoleh impian tersebut tidaklah mudah. Mengingat lagi ada banyak lulusan baik dari sekolah dan pendidikan tinggi setiap tahunnya, namun daya serap tenaga kerja sendiri sedikit yakni tidak sebanding.

Inilah yang membuat banyak orang merasa kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan. Bahkan ada yang berkali-kali melamar kerja ke berbagai perusahaan namun belum juga diterima. Hal ini tentu bisa Anda jadikan pengalaman dan pelajaran untuk ke depannya.

Tips Sukses Melamar Kerja dan Lolos Wawancara

Tips sukses melamar kerja dan lolos wawancara – sering kali dibahas di berbagai media apakah media cetak seperti koran, majalah ataupun media online. Tidak hanya sampai di situ, ada berbagai seminar tentang tips sukses melamar kerja.

Umumnya yang dibahas pastinya adalah standarisasi umum yang wajib Anda penuhi ketika melamar kerja ke satu perusahaan. Nah, untuk itu tidak perlu jauh-jauh sebenarnya. Melamar kerja memang harus memenuhi standarisasi tersebut, apa saja yang tercakup?

Mari kita bahasa apa-apa saja tips sukses melamar kerja dan lolos wawancara, sebagai berikut:

Persiapkan CV (Curriculum vitae)

Hal pertama yang harus disiapkan ketika melamar kerja adalah Curriculum vitae atau daftar riwayat hidup. CV ini mencakup data pribadi, latar belakang, pengalaman organisasi dan pengalaman kerja baik magang, pengalaman kerja part-time atau sebelum akan masuk perusahaan yang sedang Anda lamar.

Buatlah CV yang rapi, mudah dibaca dan mengesankan. Pemilihan huruf yang mudah dibaca serta spasi yang cukup turut mempermudah pembacaan. Urutan yang dibuat adalah dari yang terkini sampai ke yang terdahulu.

Oleh karenanya calon atasan yang akan membaca pastinya sibuk maka buatlah CV hanya 1 halaman saja, tidak perlu panjang-panjang. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah perkecil marhin dan tidak perlu mencantumkan pengalaman yang tidak relevan dengan posisi yang Anda lamar.

Surat lamaran dan dokumen pelengkap

CV pada umumnya akan disertakan degan surat lamaran (1 halaman) dan juga dokumen pelengkap. Ini sesuai dengan syarat yang diminta oleh perusahaan. Anda bisa memakai jenis huruf yang sama pula dengan CV. Periksa baik-baik surat lamaran dan kelengkapan dokumen yang akan Anda kirimkan. Ini menjadi satu faktor penilaian oleh pihak perusahaan apakah Anda orang yang teliti atau bukan.

Mempersiapkan diri

Tidak hanya mempersiapkan dokumen saja, persiapan diri sangat penting. Persiapan diri mencakup mengetahui tes apa saja yang akan diberikan nantinya oleh pihak perusahaan, berapa kira-kira gaji yang akan diberikan sesuai dengan posisi yang Anda lamar dan apa yang ditanyakan pada saat wawancara. Dengan persiapan ini, Anda pun akan lebih mampu percaya diri ketika dipanggil untuk tes wawancara dan siapa yang tahu Anda akan lolos wawancara dan diterima. Intinya terletak pada persiapan yang matang.

Update informasi lowongan pekerjaan

Untuk bisa memperoleh pekerjaan, jalan pertama tentunya adalah selalu mencari dan update mengenai informasi lowongan pekerjaan terbaru. Anda bisa melihatnya di surat kabar, menanyakan pada kerabat ataupun lewat Internet. Anda pun dapat mengikuti berbagai milis lowongan kerja atau bergabung di situs pencari lowongan pekerjaan. Cara lain lagi, adalah langsung akses halaman karir pada situs web yang akan Anda lamar.

Tips sukses melamar kerja dan lolos wawancara dimulai dari hal-hal yang dianggap kecil, namun ternyata membawa efek besar. Sudah paham dan melakukan persiapan-persiapan ini? Salam sukses!

0 Komentar