Panduan Koleksi Perpustakaan IQRA SDN 08 Siawung

Panduan Koleksi Perpustakaan IQRA SDN 08 Siawung

JENIS KOLEKSI
Jenis koleksi yang ada dalam suatu perpustakaan umumnya disesuaikan dengan jenis perpustakaannya dan siapa penggunanya. Pengembangan koleksi juga disesuaikan dengan tujuan atau visi suatu lembaga dimana perpustakaan tersebut bernaung. Perpustakaan sekolah, sebagaimana halnya Perpustakaan IQRA, umumnya menetapkan kebijakan pengembangan koleksi yang bertujuan untuk menunjang, mendukung, dan melengkapi semua kegiatan baik kurikuler, ko-kurikuler dan ekstra kurikuler, Selain hal tersebut dimaksudkan pula dapat membantu menumbuhkan minat dan mengembangkan bakat siswa serta memantapkan strategi belajar mengajar Murid SDN 08 Siawung, yaitu untuk mendukung pendidikan, pengajaran dan penelitian.


Koleksi tercetak yang dimiliki oleh perpustakaan IQRA SDN 08 Siawung terdiri atas:
Buku Teks
Koleksi ini meliputi semua subyek ilmu pengetahuan (dari golongan 000=umum sampai dengan golongan 900=Geografi/Sejarah), yaitu:
000 : Umum500 : Ilmu Alam dan Matematika
100 : Filsafat dan Psikologi600 : Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan
200 : Agama700 : Kesenian, Hiburan dan Olahraga
300 : Sosial800 : Kesusastraan
400 : Bahasa900 : Geografi dan Sejarah
Buku teks merupakan koleksi yang dipinjamkan kepada anggota Perpustakaan atau biasa disebut dengan koleksi Sirkulasi. Di Perpustakaan IQRA SDN 08 Siawung, koleksi buku teks berada di Ruang Layanan Sirkulasi, mulai dari Rak 1 s.d 4.
Buku Referensi
Koleksi Referensi berupa koleksi rujukan, baik berupa koleksi rujukan umum maupun khusus, seperti kamus, ensiklopedia, direktori, abstraks, atlas, indeks, manual, laporan tahunan, standard, paten, terbitan pemerintah seperti UU, dan lain sebagainya. Koleksi referensi dilayankan untuk dibaca ditempat atau difotokopi. Di Perpustakaan IQRA SDN 08 Siawung, Koleksi Referensi ditempatkan pada Layanan Referensi  yang berada di Rak 3 dan 4.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel