Layanan Ruang Baca Perpustakaan

PustakawanBarru.com - Layanan ruang baca perpustakaan sangat diperlukan oleh pembaca maupun pustakawan dalam menyemarakkan kegiatan layanan perpustakaan.

Kegiatan layanan ruang baca perpustakaan ini diperlukan terutama untuk menampung  mereka yang belum menjadi anggota perpustakaan. Sebelum menjadi anggota, mereka diperbolehkan membaca bahan perpustakaan di ruang baca saja.

Layanan Ruang Baca Perpustakaan

Kegiatan ruang baca ini juga menyangkut layanan buku-buku rujukan  karena umumnya buku-buku rujukan tidak dipinjamkan ke luar perpustakaan. Buku-buku tersebut hanya bisa dibaca di perpustakaan.

Pada perpustakaan besar, ruang baca dapat merupakan ruangan tersendiri. Pada perpustakaan tertentu, ruang baca biasanya terletak pada sepanjang sisi jendela, sehingga memperoleh sinar dan udara dari luar gedung. Sedangkan bagian tengah ruangan dipergunakan untuk menyimpan rak-rak serta bukunya. Pada perpustakaan kecil, ruang baca biasanya menjadi satu dengan ruang kerja pustakawan, ruang pelayanan sirkulasi, dan ruang untuk menyimpan koleksi.

Layanan Ruang Baca Perpustakaan dapat dibagi menurut jenis dan kondisinya.

1. Layanan ruang baca buku rujukan

Ruang ini khusus diperuntukkan layanan rujukan di perpustakaan. Bahan-bahan pustaka yang ada semuanya meliputi bahan rujukan.

2. Layanan ruang baca study carrel biasanya berupa meja

Sebuah meja ditutupi bagian depan, samping kanan dan kiri dengan papan, supaya membantu pembaca untuk mendapatkan konsentrasi.

3. Layanan ruang baca berupa meja baca kelompok

Ruang baca jenis ini terdapat di berbagai perpustakaan Maksudnya, untuk menampung banyak pembaca dalam satu tempat.

4. Fasilitas ruang baca yang baik

Ruang baca hendaknya dilengkapi berbagai fasilitas, sehingga memberikan kesan nyaman. Kenyamanan ini dapat diperoleh jika ruangan diberikan AC atau jendela yang luas sehingga sirkulasi udara berlangsung baik.


5. Perluasan dari ruang baca berupa ruang untuk diskusi

Di Perpustakaan Nasional Singapura terdapat ruang diskusi, sebagai perluasan dari ruang baca.

6. Ruang baca yang berupa ruang kerja bagi pembaca perpustakaan 

Lain lagi dengan perpustakaan umum di Brunai Darussalam. Di sana ada satu ruang untuk para pembaca remaja dan anak-anak tempat mereka berkarya.


7. RuAng santai

Bila mungkin perpustakaan membuat ruang santai. Ruang ini banyak manfaatnya, antara lain memberi kesempatan kepada pembaca yang telah lelah belajar/membaca untuk menyegarkan diri.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel