Kisah Rasulullah Saw Mengingatkan Sahabat yang Sedang Tertawa-tawa kepada Kubur

Daftar Isi
Kisah Rasulullah Saw Mengingatkan Sahabat yang Sedang Tertawa-tawa kepada Kubur - Suatu ketika, Rasulullah Saw datang untuk shalat. Lalu, beliau melihat sekumpulan Sahabat Ra sedang tertawa-tawa sampai gigi merek terlihat jelas. Rasulullah Saw kemudian bersabda, "Apabila kalian banyak mengingat maut, maka keadaan kalian tidak akan seperti yang aku lihat saat ini. Oleh karena itu, perbanyaklah mengingat maut. Tidak sehari pun yang terlewati, kecuali kubur akan berkata, 'Aku tempat bersendirian, aku tempat yang sunyi, aku tempat yang penuh dengan debu, dan aku tempat yang penuh dengan ulat-ulat.'

Kisah Rasulullah Saw Mengingatkan Sahabat yang Sedang Tertawa-tawa kepada Kubur


Apabila seorang mukmin diletakkan di dalam kubur, maka kubur akan berkata, 'Sungguh berkah kedatanganmu. Kamu baik sekali, kamu telah datang. Di antara orang yang berjalan di atas bumi ini, engkaulah yang paling kusukai. Sekarang engkau telah diserahkan kepadaku, maka engkau akan melihat perlakuan baikku kepadamu.' Lalu, kubur akan meluas sejauh pandangan mayit, dan akan dibukakan baginya salah satu pintu surga, sehingga berhembus angin dan keharuman surga kepadanya. Jika seorang yang jahat dimasukkan ke kubur, maka kubur akan berkata, 'Sungguh tidak berkah kedatanganmu. Engkau jahat sekali, engkau telah datang. Di antara orang yang berjalan di atas bumi ini, engkaulah yang paling kubenci. Kini engkau telah diserahkan kepadaku. Lihatlah bagaimana aku memperlakukan dirimu.' Kemudian kubur akan menghimpitnya, sehingga tulang rusuknya saling tikam-menikam. Selanjutnya datanglah tujuh puluh ekor ular yang akan menyiksanya. Jika satu saja ular itu menyemburkan bisanya ke bumi, tidak akan ada sehelai rumput pun yang dapat tumbuh di atasnya. Ular-ular itu terus mematuknya sampai Hari Kiamat." Kemudian Rasulullah Saw bersabda, "Kubur adalah taman dari taman-taman surga, atau jurang dari jurang-jurang neraka.

Faidah

Takwa kepada Allah SWT adalah suatu perkara yang sangat penting, sehingga Rasulullah Saw selalu memikirkan dan merenungkan. Mengingat maut saat bermanfaat untuk meningkatkan ketakwaan. Oleh karena itu, Rasulullah Saw memberikan resep ini kepada kita.

Semoga dari kisah di atas bisa membuat kita semakin dekat kepada-Nya... Aamiin !!!
EDY SYAM
EDY SYAM Seorang yang Suka Online, Kuliner dan Travelling.

Posting Komentar