Cara Melaksanakan Program Pertukaran Bahan Pustaka

Pustakawan Barru - Pengelolaan pertukaran  buku di perpustakaan harus dimulai dari keperluan lembaga dari pada keinginan untuk mendukung distribusi bahan-bahan ilmiah. Untuk melakukan kegiatan pertukaran ini terlebih dahulu dibuatkan perjanjian antar perpustakaan untuk membicarakan  bahan pertukarannya.

Cara Melaksanakan Program Pertukaran Bahan Pustaka


Berikut ini ada beberapa cara dalam melaksanakan program pertukaran bahan pustaka.

  1. Perpustakaan yang memiliki koleksi bahan pustaka yang lebih atau memiliki koleksi buku yang banyak (duplikat) yang sudah tidak di perlukan lagi, disusun dalam bentuk datar untuk ditawarkan. 
  2. Perpustakaan mengirimkan penawaran kepada perpustakaan lain yang diperkirakan memiliki koleksi yang sesuai dengan buku yang ditawarkan, dan telah memiliki hubungan kerja sama.
  3. Perpustakaan menerima penawaran dan mempelajari tawaran yang diterima beserta persyaratannya, serta membandingkan dengan kebutuhan dan kebijakan pengembangan koleksi perpustakaaannya sendiri.
  4. Perpustakaan yang menerima tawaran pertukaran melakukan pemilihan buku yang sesuai dan memilih bahan penukar yang sesuai dengan bobotnya, serta menyusunnya dalam daftar buku-buku yang ditawarkan sebagai bahan pertukaran dan mengirimkannya.
  5. Perpustakaan yang menerima tanggapan atas penawarannya, melakukan penilaian keseimbangan buku tentang subjek  dan bobotnya.
  6. Setelah melakukan kesepakatan maka tukar-menukar dapat dilakukan.
  7. Kegiatan selanjutnya adalah masing-masing perpustakaan menerima bahan pertukaran dan mengolahnya sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan


0 Response to "Cara Melaksanakan Program Pertukaran Bahan Pustaka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel