Inilah Peranan Pustakawan Dalam Masyarakat Informasi

Pustakawan Barru - Sebelum kita membahas tentang peranan pustakawan dalam masyarakat informasi, terlebih dahulu perlu kita mengetahui apa itu masyarakat informasi?

Yang dimaksud dengan masyarakat informasi adalah suatu masyarakat di mana kualitas hidup , prospek perubahan sosial dan perkembangan  ekonomi semakin lama semakin tergantung pada informasi serta penjelajahan informasi. Terus bagaimana peranan pustakawan dalam masyarakat informasi ini? Dalam masyarakat informasi, pustakawan memiliki peran sebagai berikut.
  • Pustakawan sebagai pencipta informasi.
  • Pustakawan sebagai kolektor informasi.
  • Pustakawan sebagai Komunikator.
  • Pustakawan sebagai Konsolidator.
Pustakawan memiliki keahlian mengenali berbagai sumber informasi, oleh karena itu pustakawan menjadi pialang atau perantara antara pemakai yang memerlukan informasi dengan sumber daya informasi. Jika digambarkan akan nampak sebai berikut.

Inilah Peranan Pustakawan Dalam Masyarakat Informasi

Oleh karena pekerjaan dan keahliannya, pustakawan bisa mengenal berbagai sumber informasi baik tercetak maupun elektronik yang diperlukan oleh pemakai. Sementara pemakai sendiri tidak selalu bisa mengetahui sumber informasi yang diperlukannya.  Berkat pengalaman dan pengetahuannya ini, maka pustakawan bisa menjadi analisis informasi dan dapat menyebarkan  serta menelusuri informasi sesuai dengan kebutuhan pemakai.

0 Response to "Inilah Peranan Pustakawan Dalam Masyarakat Informasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel