Pemasaran dan Promosi Perpustakaan

Pustakawan Barru - Kegiatan promosi layanan perpustakaan sangat perlu dilakukan. Karena kenyataan menunjukkan bahwa begitu rendah apresiasi nyata masyarakat terhadap perpustakaan. Ini dapat dilihat dari rendahnya minat masyarakat terhadap perpustakaan.

Pemasaran dan Promosi Perpustakaan


Pengertian Pemasaran


Dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam dunia usaha, kata pemasaran, promosi iklan, hubungan masyarakat, dan publikasi sering diartikan secara tidak jelas. Pemasaran adalah kegiatan manajerial yang dilakukan oleh suatu organisasi untuk menciptakan tukar-menukar antara pembeli dan organisasi dengan cara yang efektif demi tujuan organisasi tersebut.


Konsep Pemasaran

Banyak orang yang mengartikan konsep pemasaran secara salah atau kurang tepat. Menurut Kotler, konsep pemasaran adalah kegiatan yang mencakup analisis perencanaan, penerapan dan pengendalian program-program yang dirumuskan secara cermat.

Dalam konteks perpustakaan dapat disimpulkan bahwa organisasi yang dimaksud adalah perpustakaan sedangkan penjual adalah pustakawan dan pembeli adalah pemakai perpustakaan. Sedangkan produk yang dimaksud adalah semua jenis atau semua jenis layanan yang diberikan perpustakaan.


Strategi Pemasaran


Terdapat 3 strategi pokok yang harus dilakukan dalam konsep dinamis, yaitu:
  1. meraih posisi peroduk.
  2. meraih posisi pasar, dan
  3. meraih posisi organisasi. 

0 Response to "Pemasaran dan Promosi Perpustakaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel