Perpustakaan Sebagai Sarana Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Pustakawan barru - Arti perpustakaan pada saat ini bukan lagi sebagai tempat untuk menyimpan buku dengan tata urutan tertentu, namun sudah berubah menjadi sumber informasi. Koleksi perpustakaan sebagai sumber informasi adalah multimedia, yaitu bukan saja hanya karya cetak, melainkan sudah dari berbagai media. Hal ini sesuai dengan UU No. 2 tahun 1992 tentang Pendidikan Nasional bawa salah satu sarana untuk mencerdaskan bangsa adalah dibentuk suatu perpustakaan di tiap tingkat sekolah (dari TK sampai perguruan tinggi).

Perpustakaan Sebagai Sarana Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Pengertian dan Fungsi Perpustakaan

Pengertian Perpustakaan

Pengertian perpustakaan yang telah dibicarakan dalam berbagai sumber, namun secara umum perpustakaan dapat didefinisikan sebagai suatu institusi yang di dalamnya tercakup unsur koleksi (informasi), pengolahan, penyimpanan, dan pemakai. Pengertian perpustakaan pada saat ini bukan lagi merupakan sebuah gedung atau ruangan yang menyimpan berbagai macam bahan pustaka yang diatur menurut sistem tertentu, melainkan suatu sumber pengetahuan. Apabila hendak mengetahui suatu perpustakaan secara menyeluruh, sebaiknya dipahami lebih dulu apa arti, tujuan, dan fungsi perpustakaan tersebut didirikan.

Berikut pengertian kata-kata yang berhubungan dengan perpustakaan sehingga pustakawan maupun masyarakat umum akan lebih mudah untuk memahami sistem perpustakaan secara menyeluruh. 
  1. Pustaka atau buku atau kitab, yaitu kumpulan atau bahan yang berisi hasil tulisan atau cetakan, dijilid menjadi satu agar mudah dibaca dan sedikitnya berjumlah 48 halaman.
  2. Perpustakaan, secara umum, yaitu kumpulan buku atau bangunan fisik tempat buku dikumpulkan, disusun menurut sistem tertentu untuk kepentingan pemakai.
  3. Pustakawan, yaitu orang yang bekerja di perpustakaan atau lembaga sejenisnya dan memiliki pendidikan perpustakaan secara formal (di Indonesia kriteria pendidikan minimal D2 dalam bidang ilmu perpustakaan, dokumentasi, dan informasi).
  4. Kepustakaan, yaitu bahan bacaan cetak maupun rekam yang digunakan untuk menyusun karangan makalah, artikel, laporan ilmiah, dan sejenisnya.
  5. Ilmu Perpustakaan, yaitu ilmu yang mengkaji hal-hal yang berkaitan dengan perpustakaan.
  6. Kepustakawanan, yaitu hal-hal yang berkaitan dengan pustakawan, seperti profesi kepustakawanan dan penerapan ilmu, misalnya dalam hal pangeadaan koleksi, pengolahan, pendayagunaan, dan penyebaran informasi kepada pemakai.

Fungsi Perpustakaan

Ada berbagi Setiap perpustakaan diselenggarakan dengan maksud dan tujuan tertentu. Oleh karena itu, ada perbedaan fungsi yang sifatnya lebih spesifik pada setiap jenis perpustakaan. Menurut beberapa sumber bahwa pada umumnya perpustakaan mempunyai fungsi yang sama sebagai berikut.
  1. Penyimpanan
  2. Pendidikan
  3. Penelitian
  4. Informasi
  5. Rekreasi Kultural

Jenis Perpustakaan

Pada hakikatnya semua jenis perpustakaan merupakan bagian dari sistem pendidikan dan informasi masyarakat. Dengan demikian, perpustakaan bukan saja berperan sebagai penyedia informasi, tetapi juga terlibat aktif dalam upaya menyadarkan masyarakat akan kebutuhan informasi.

Faktor-faktor yang mempengaruhi timbulnya berbagai jenis perpustakaan

  1. Munculnya berbagai jenis media informasi
  2. Adanya keperluan informasi yang dibutuhkan berbagai jenis/kelompok pembaca.
  3. Adanya berbagai spesialis subjek, termasuk ruang lingkup subjek serta perincian subjek yang bersangkutan.
  4. Adanya ledakan informasi, yakni pertumbuhan literatur yang cepat dan sangat banyak sehingga tidak memungkinkan sebuah perpustakaan memiliki semua terbitan yang ada.
Selain dari faktor diatas, ada juga beberapa aspek yang mempengaruhi munculnya berbagai jenis perpustakaan. Diantaranya:
  • Tugas dan fungsi perpustakaan
  • Pemakai atau pengguna perpustakaan.
  • Koleksi perpustakaan.
Berikut adalah jenis perpustakaan yang muncul dari berbagai faktor dan aspek di atas.
  1. Perpustakaan Nasional
  2. Perpustakaan Umum
  3. Perpustakaan Sekolah
  4. Perpustakaan Perguruan Tinggi
  5. Perpustakaan Khusus



0 Response to "Perpustakaan Sebagai Sarana Mencerdaskan Kehidupan Bangsa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel