Berbagi Tips Pengobatan Sakit Tenggorokan secara Alami

Daftar Isi

Pada kesempatan kali ini Pustakawan Barru akan berbagi tips pengobatan sakit tenggorokan secara alami. Ada banyak obat alami sakit tenggorokan yang bisa dengan mudah didapat di sekitar kita. Tidak banyak dari kita menggunakan bahan alami untuk mengobati tenggorokan yang sakit. Padahal da begitu banyak bahan alami yang mampu mengobati penyakit ini, salah satunya dengan menggunakan lemon. Mengobati sakit tenggorokan dengan bahan alami memiliki mujarab yang sama  dengan menggunakan obat modern, kecuali jika sakit tenggorokan yang diderita merupakan komplikasi berat. Obat alami ini akan mampu meredakan sakit tenggorokan Anda perlahan-lahan hingga sembuh total tanpa perlu khawatir efek sampingnya, baik jangka pendek atau pun jangka panjang.

Berbagi Tips Pengobatan Sakit Tenggorokan secara Alami

Pengobatan sakit tenggorokan akan lebih mudah dilakukan setelah mengetahui penyebab sakit tenggorokan. Penyebab sakit tenggorokan bermacam-macam. Pada umumnya sakit tenggorokan disebabkan oleh penyakit infeksi kuman atau pun alergi. Infeksi kuman pada tenggorokan yang paling sering terjadi adalah disebabkan oleh virus, sehingga tidak dibutuhkan antibiotik untuk melawan penyakit ini, melainkan cukup dengan obat alami sakit tenggorokan saja (antibiotik hanya untuk melawan bakteri).

Tips Pengobatan Sakit Tenggorokan secara Alami

Sakit tenggorokan rasanya memang sangat mengganggu, membuat aktivitas sehari-hari terasa tidak nyaman.

Berikut ini tips pengobatan sakit tenggorokan dengan bahan-bahan alami. Berbagai bahan alami di bawah ini dapat menghilangkan gejala sakit tenggorokan dan membantu tubuh melawan infeksi kuman.

1. Jeruk Lemon

Jeruk lemon sangat kaya manfaat, mulai sebagai antioksidan, mengobati gangguan asam lambung, mencegah sesak nafas, dan bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit tenggorokan secara alami. Kandungan astringen di dalam buah lemon dapat meredakan dan mengobati sakit tenggorokan. Cara menggunakan lemon  yaitu campurkan 1 sendok teh air perasan lemon ke dalam segelas air matang. Perasan air lemon dapat membantu meredakan inflamasi dan membantu membunuh kuman-kuman di tenggorokan. Dengan menggunakan cara ini tenggorokan akan segera  lega.

2. Cengkeh

Cengkeh cengkih juga dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal sakit tenggorokan. Cara menggunakannya yaitu Anda hanya membutuhkan 1-3 sendok teh cengkeh bubuk dan segelas air matang. Kemudian Anda Campurkan cengkeh ke dalam air, lalu gunakanlah untuk berkumur. Cengkeh mempunyai sifat antibakteri dan anti radang yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Cengkeh bubuk dapat dibeli di pasar tradisional ataupun toko obat tradisional. Jika tidak tersedia dalam bentuk bubuk maka yang masih utuh pun bisa dimanfaatkan. Namun, cengkeh  perlu ditumbuk dahulu agar kandungan  dapat larut ke dalam air.

3. Madu

Madu dipercaya dan diteliti mengandung sifat antibakteri, antivirus, dan anti jamur yang dapat membantu tubuh melawan infeksi kuman di tenggorokan. Oleh karena itu, madu sangat cocok untuk  jenis sakit tenggorokan lainnya. Cara penggunaan madu yaitu dengan  campurkan satu sendok makan madu dengan segelas air hangat (jangan air panas karena akan merusak nutrisi madu). Bila suka, Anda juga dapat coba mencampurnya dengan air teh atau perasan lemon. Anda dapat mengonsumsi secara teratur sehari 2-3 kali sampai tenggorokan Anda sembuh kembali.

4. Garam

Tips yang keempat yaitu menggunakan larutan garam. Larutan garam merupakan obat kumur alami sakit tenggorokan yang sudah lama populer di seluruh dunia. Bahan yang dibutuhkan adalah 1 gelas air putih hangat dan garam sebanyak 1/4 sendok teh. Selanjutnya gunakan air matang yang hangat untuk berkumur. Perlu Anda tahu bahwa penggunaan air dingin tidaklah efektif. Larutan ini dijamin dapat membantu meredakan sakit tenggorokan karena dapat menghilangkan dan menetralkan asam di tenggorokan, meredakan sensasi nyeri dan terbakar pada tenggorokan serta membantu penyembuhan saluran tenggorokan Anda. Larutan ini hanya untuk untuk berkumur tidak untuk ditelan.

Akhirnya itulah tips pengobatan sakit tenggorokan secara alami yang sangat mudah dilakukan di rumah. Pergantian cuaca pun bisa menyebabkan sakit tenggorokan bahkan radang tenggorokan, Apabila Anda mengalami sakit tenggorokan segera lakukan pengobatan. Tips yang telah dijelaskan di atas sangat rekomendasikan untuk melegakan tenggorokan yang sakit. Selamat mencoba.

EDY SYAM
EDY SYAM Seorang yang Suka Online, Kuliner dan Travelling.

Posting Komentar