Kerja Sama Pelayanan Informasi Perpustakaan Melalui Silang Layan

Pustakawan Barru - Majunya suatu negara salah satunya ditentukan oleh kualitas pendidikan yang ada. Kualitas pendidikan akan dapat dicapai apabila didukung oleh informasi koleksi perpustakaan yang memadai. Pengalaman menunjukkan bahwa tidak ada satu pun perpustakaan yang ada di dunia ini yang dapat memenuhi semua permintaan informasi yang dibutuhkan oleh penggunanya. Oleh karena itu, diperlukan silang layan antar perpustakaan untuk mengatasi masalah tersebut.

Kerja Sama Pelayanan Informasi Perpustakaan Melalui Silang Layan

Silang layan memiliki arti pemberian jasa perpustakaan dan informasi yang diberikan oleh sebuah perpustakaan kepada perpustakaan lain. Silang layan mencakup pemberian jasa antara dua perpustakaan atau lebih; jasa ini dapat berupa membantu penelusuran, pencarian materi perpustakaan, menyediakan fasilitas untuk anggota perpustakaan lain, elektronik maupun digital.  Untuk merencanakan kongsi sumber daya antara berbagai lembaga, perlu mempertimbangkan kesediaan masing-masing peserta, ketersediaan anggaran, kebutuhan dominan pemakai, infrastruktur penunjang dan kemampuan politik khususnya pada tingkat rektor untuk perguruan tinggi, agar kerja sama dapat berjalan dengan baik.

Tujuan Silang Layan Antar Perpustakaan

Secara umum silang layang antar perpustakaan bertujuan:
  • Memenuhi permintaan informasi yang dibutuhkan pengguna perpustakaan, utamanya bila informasi yang dicari tidak tersedia di perpustakaan di mana ia berada.
  • Meningkatkan nilai informasi.
  • Meningkatkan nilai pendapatan.

Terbentuknya Silang Layan Antar Perpustakaan

Terbentuknya jaringan silang layan antar perpustakaan dilatarbelakangi oleh adanya keterbatasan koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan dalam memenuhi kebutuhan informasi penggunanya.Untuk itu asosiasi kerja sama perpustakaan satu dengan yang lain menyediakan suatu Katalog Induk (Union Catalog) memuat semua informasi koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan yang tergabung dalam jaringan silang layan.

0 Response to "Kerja Sama Pelayanan Informasi Perpustakaan Melalui Silang Layan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel