Contoh Proposal Usaha Kios Pulsa dan Kuota

Daftar Isi
Contoh Proposal Usaha Kios Pulsa


Apakah Anda pernah membuat proposal usaha kios pulsa? Biasanya proposal dibuat bertujuan agar rencana bisnis yang kita jalankan sesuai rencana dan berhasil. Dengan begitu, akan bisa meminimalisir risiko usaha dalam menjalankan bisnis tersebut. Selain itu, proposal yang kita buat juga bisa dijadikan sebagai pedoman atau acuan sehingga mendapatkan kesinambungan dalam berbisnis. 


Ada banyak cara untuk menyusun sebuah proposal supaya rapi dan sesuai dengan jenis usaha yang dijalankan. Jangan sampai antara proposal dan jenis usaha berbeda dalam pengaplikasiannya secara nyata. Lantas, seperti apa contoh proposal yang baik dalam usaha mendirikan kios pulsa? Berikut ulasan selengkapnya untuk Anda yang bisa dipelajari. 



Proposal Usaha Kios Pulsa 


Menjalankan sebuah bisnis di bidang teknologi seperti usaha kios pulsa sangat tepat dilakukan di jaman sekarang. Apalagi kebutuhan pulsa yang semakin hari kian banyak konsumennya. Penting bagi Anda untuk sekedar menyusun proposal bisnis. Ada beberapa point yang bisa ditulis dalam rencana proposal usaha Anda, seperti ulasan di bawah ini. 


BAB I Pendahuluan 


1. Latar Belakang


Belakangan ini smartphone berkembang sangat pesat untuk berkomunikasi sehingga membutuhkan pulsa. Maka dari itu, membuka usaha pulsa elektrik dan token akan bisa memudahkan konsumen dalam membeli pulsa. Bisnis pulsa elektrik dan token merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan dan menguntungkan. 

2. Tujuan, Visi, Misi, dan Deskripsi Usaha


• Tujuan

  1. Memperbaiki ekonomi masyarakat 
  2. Menambah pengalaman dan pengetahuan dengan berwirausaha 
  3. Menjadikan sebagai pekerjaan sampingan yang menjanjikan 

• Visi

Menjadikan usaha pulsa elektrik dan pulsa token yang mampu bersaing dengan bisnis usaha pulsa elektrik lainnya.

• Misi

  1. Melakukan transaksi cepat dan tepat 
  2. Memberikan pelayanan yang terbaik 
  3. Memberikan kepuasan kepada pelanggan 

• Deskripsi Usaha


Modal yang digunakan adalah modal sendiri, dengan tidak meminjam kepada pihak lain. Bisnis ini termasuk peluang usaha menjanjikan karena pengguna smartphone semakin banyak, maka kebutuhan akan pulsa semakin meningkat. 

BAB II PEMBAHASAN


1. Target Pemasaran 


Target pemasaran merupakan masyarakat luas yang memiliki telepon genggam di lingkungan sekitar tempat tinggal dan lingkungan luar. 


2. Nama dan Lokasi


Nama usaha pulsa elektrik dan token adalah ‘KIOS Pulsa” yang berlokasi di Desa Nguntoronadi RT26 RW04 Kec. Nguntoronadi Kab. Magetan Prov. Jawa Timur.

3. Aspek Produk


• Rencana Produk


Produk pulsa yang akan dijual dalam usaha ini adalah pulsa elektrik dengan nominal mulai dari 50.000 hingga 100.000 lebih dari berbagai operator seluler  di Indonesia. Menerima pembayaran token listrik dan layanan PPOB.

• Waktu Pelaksanaan


Pelayanan kepada konsumen dilakukan setiap hari mulai selama 24 jam nonstop. 


• Peralatan Usaha


Peralatan usaha pulsa elektrik dan token yang dibutuhkan adalah smartphone, buku dan alat tulis. 


4. Aspek Permodalan


Proses usaha ini membutuhkan modal awal untuk usaha sebesar Rp. 1.000.000,-. 


5. Perhitungan Laba


Laba dari tiap-tiap produk yang ditawarkan berbeda, pada awal bulan kemungkinan adalah Rp. 10.000,00 – Rp.50.000,00 atau tergantung dari banyaknya konsumen yang membeli pulsa.


6. Strategi Pemasaran


Strategi pemasaran yang digunakan adalah secara langsung dan pesanan pelanggan. Pembeli akan datang langsung kepada gerai toko, sedangkan pesanan dilakukan dengan cara pembeli memesan pulsa melalui media online, seperti chat, WA, atau telepon. 


7. Promosi 


Promosi yang dilakukan dengan cara mempromosikan dari mulut ke mulut dan promosi melalui media sosial. 


8. Masalah dan Hambatan

  • Stok pulsa habis 
  • Keterlambatan pembayaran 
  • Munculnya pesaing baru 
  • Munculnya pesaing-pesaing baru

BAB III PENUTUP


1. Kesimpulan 


Menjalankan usaha kios pulsa adalah modal usaha, niat, kerja keras, dan kedisiplinan. Usaha jenis ini bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan yang menjanjikan. 

2. Saran 


Penyusunan proposal ini masih membutuhkan perbaikan, kritik dan saran yang sifatnya membangun, sehingga dalam penyusunan di masa mendatang akan lebih baik lagi. 
Bagian Tambahan Proposal Usaha 


Jika bisnis usaha kios pulsa Anda mencakup segmen yang luas dan besar, maka perlu ditambahkan beberapa lampiran dokumen sebagai pendukung. Lampiran tersebut, seperti biodata pemilik usaha, surat izin usaha, sertifikat usaha, surat perjanjian usaha, dan lainnya. Selain itu, ada sistematik penulisan yang bisa Anda ketahui  seperti berikut ini:


Sistem Penulisan Proposal 


Proposal usaha yang Anda buat sebaiknya diketik pada kertas ukuran A4 atau F4, dengan margin atas 3cm, kanan 3 cm, bawah 3 cm, kiri 4 cm, dan spasi 1,5. Pastikan menggunakan jenis huruf Times New Roman ukuran 12. Nah, mungkin Anda tertarik mengajukan proposal usaha dengan bergabung menjadi mitra usaha di KIOS Pulsa yang merupakan server distributor pulsa murah elektrik all operator.


Anda tentu tak usah ragu karena di server KIOS Pulsa, akan melayani konsumen selama 24 jam nonstop setiap hari, dan untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi website www.kiospulsamurah.com. Semoga contoh proposal usaha kios pulsa di atas bisa menjadi referensi dan dapat diaplikasikan secara nyata dalam bisnis Anda. 

Posting Komentar