Contoh Proposal Usaha Kios Pulsa

Apakah Anda pernah membuat proposal usaha kios pulsa? Biasanya proposal dibuat bertujuan agar rencana bisnis yang kita jalankan sesuai rencana dan berhasil. Dengan begitu, akan bisa meminimalisir resiko usaha dalam menjalankan bisnis tersebut. Selain itu, proposal yang kita buat juga bisa dijadikan sebagai pedoman atau acuan sehingga mendapatkan kesinambungan dalam berbisnis. 

Ada banyak cara untuk menyusun sebuah proposal supaya rapi dan sesuai dengan jenis usaha yang dijalankan. Jangan sampai antara proposal dan jenis usaha berbeda dalam pengaplikasiannya secara nyata. Lantas, seperti apa contoh proposal yang baik dalam usaha mendirikan kios pulsa? Berikut ulasan selengkapnya untuk Anda yang bisa dipelajari. 

Contoh Proposal Usaha Kios Pulsa

Proposal Usaha Kios Pulsa 

Menjalankan sebuah bisnis di bidang teknologi seperti usaha kios pulsa sangat tepat dilakukan di jaman sekarang. Apalagi kebutuhan pulsa yang semakin hari kian banyak konsumennya. Penting bagi Anda untuk sekedar menyusun proposal bisnis. Ada beberapa point yang bisa ditulis dalam rencana proposal usaha Anda, seperti ulasan di bawah ini. 

BAB I Pendahuluan 

1. Latar Belakang

Belakangan ini smartphone berkembang sangat pesat untuk berkomunikasi sehingga membutuhkan pulsa. Maka dari itu, membuka usaha pulsa elektrik dan token akan bisa memudahkan konsumen dalam membeli pulsa. Bisnis pulsa elektrik dan token merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan dan menguntungkan. 

2. Tujuan, Visi, Misi, dan Deskripsi Usaha

• Tujuan

  1. Memperbaiki ekonomi masyarakat 
  2. Menambah pengalaman dan pengetahuan dengan berwirausaha 
  3. Menjadikan sebagai pekerjaan sampingan yang menjanjikan 

• Visi
Menjadikan usaha pulsa elektrik dan pulsa token yang mampu bersaing dengan bisnis usaha pulsa elektrik lainnya.

• Misi

  1. Melakukan transaksi cepat dan tepat 
  2. Memberikan pelayanan yang terbaik 
  3. Memberikan kepuasan kepada pelanggan 

• Deskripsi Usaha

Modal yang digunakan adaah modal sendiri, dengan tidak meminjam kepada pihak lain. Bisnis ini termasuk peluang usaha menjanjikan karena pengguna smartphone semakin banyak, maka kebutuhkan akan pulsa semakin meningkat. 

BAB II PEMBAHASAN

1. Target Pemasaran 

Target pemasaran merupakan masyarakat luas yang memiliki telepon genggam di lingkungan sekitar tempat tinggal dan lingkungan luar. 

2. Nama dan Lokasi

Nama usaha pulsa elektrik dan token adalah ‘KIOS Pulsa” yang berlokasi di Desa Nguntoronadi RT26 RW04 Kec. Nguntoronadi Kab. Magetan Prov. Jawa Timur.

3. Aspek Produk

• Rencana Produk
Produk pulsa yang akan dijual dalam usaha ini adalah pulsa elektrik dengan nominal mulai dari 50.000 hingga 100.000 lebih dari berbagai operator seuler  di Indonesia. Menerima pembayaran token listrik dan layanan PPOB.

• Waktu Pelaksanaan
Pelayanan kepada konsumen dilakukan setiap hari mulai selama 24 jam nonstop. 

• Peralatan Usaha
Peralatan usaha pulsa elektrik dan token yang dibutuhkan adalah smartphone, buku dan alat tulis. 

4. Aspek Permodalan

Proses usaha ini membutuhkan modal awal untuk usaha sebesar Rp. 1.000.000,-. 

5. Perhitungan Laba

Laba dari tiap-tiap produk yang ditawarkan berbeda, pada awal bulan kemungkinan adalah Rp. 10.000,00 – Rp.50.000,00 atau tergantung dari banyaknya konsumen yang membeli pulsa.

6. Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran yang digunakan adalah secara langsung dan pesanan pelanggan. Pembeli akan datang langsung kepada gerai toko, sedangkan pesanan dilakukan dengan cara pembeli memesan pulsa melalui media online, seperti chat, WA, atau telepon. 

7. Promosi 

Promosi yang dilakukan dengan cara mempromosikan dari mulut ke mulut dan promosi melalui media sosial. 

8. Masalah dan Hambatan


  • Stok pulsa habis 
  • Keterlambatan pembayaran 
  • Munculnya pesaing baru 
  • Munculnya pesaing-pesaing baru

BAB III PENUTUP

1. Kesimpulan 

Menjalankan usaha kios pulsa adalah modal usaha, niat, kerja keras, dan kedisiplinan. Usaha jenis ini bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan yang menjanjikan. 

2. Saran 

Penyusunan proposal ini masih membutuhkan perbaikan, kritik dan saran yang sifatnya membangun, sehingga dalam penyusunan di masa mendatang akan lebih baik lagi. 
Bagian Tambahan Proposal Usaha 

Jika bisnis usaha kios pulsa Anda mencakup segmen yang luas dan besar, maka perlu ditambahkan beberapa lampiran dokumen sebagai pendukung. Lampiran tersebut, seperti biodata pemilik usaha, surat izin usaha, sertifikat usaha, surat perjanjian usaha, dan lainnya. Selain itu, ada sistematik penulisan yang bisa Anda ketahui  seperti berikut ini:

Sistem Penulisan Proposal 



Proposal usaha yang Anda buat sebaiknya diketik pada kertas ukuran A4 atau F4, dengan margin atas 3cm, kanan 3 cm, bawah 3 cm, kiri 4 cm, dan spasi 1,5. Pastikan menggunakan jenis huruf Times New Roman ukuran 12. Nah, mungkin Anda tertarik mengajukan proposal usaha dengan bergabung menjadi mitra usaha di KIOS Pulsa yang merupakan server distributor pulsa murah elektrik all operator.

Anda tentu tak usah ragu karena di server KIOS Pulsa, akan melayani konsumen selama 24 jam nonstop setiap hari, dan untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website https://kiospulsamurah.com/. Semoga contoh proposal usaha kios pulsa di atas bisa menjadi referensi dan dapat diaplikasikan secara nyata dalam bisnis Anda. 

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel