Yuk, Mulai Bisnis Dropshipping

ADMIN
0
PustakawanBarru.com - Dropshipping adalah sebuah sistem bisnis di mana penjual tidak memiliki produk. Sistem ini mulai marak seiring dengan perkembangan bisnis online. Anda hanya perlu memilih salah satu supplier dan berbisnis ala dropshipping. Jika sudah sepakat, saat ada customer yang membeli di toko Anda, maka Anda tinggal menginfokan ke supplier agar mengirim barang pesanan customer atas nama Anda.

Dengan adanya sistem dropshipping ini, sangat membantu dari sisi stok di mana tidak akan ada pengendapan stok barang. Anda cukup menanyakan ketersediaan barang dari supplier sebelum meminta pembeli melakukan transfer. Jika supplier memiliki stok barang yang diinginkan customer, Anda bisa memintanya mengirimnya atas nama toko Anda setelah customer melakukan transfer pembayaran.
Bisnis Dropshipping

Keuntungan Bisnis Dropshipping

Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan berbisnis ala dropshipping:

  • Tidak harus mempunyai stok barang, mengurangi resiko barang tidak laku akibat perubahan trend pasar, dan bisa menjual banyak barang dari beberapa supplier. Tentu saja ini berdampak pada cashflow di mana tidak ada dana mengendap dalam bentuk stok.
  • Hemat biaya sewa toko fisik atau gudang.
  • Dapat melakukan mark up harga yang kompetitif karena kemudahan mendapatkan barang dari supplier dan tidak adanya biaya gudang/toko.
  • Praktis dan hemat waktu karena tidak perlu melakukan pengemasan barang

Keuntungan Supplier Menerima Sistem Dropshipping


  • Hemat biaya pemasaran, biasanya dropshipper punya banyak teknik marketing agar produk Anda bisa laku di pasaran.
  • Fokus pada pengembangan produk karena untuk pemasaran dilakukan sepenuhnya oleh
  • Perputaran produk lebih cepat dengan memiliki dropshipper.

Sistem Dropshipping

Langkah-Langkah Memulai Bisnis Dropshipping

Sepertinya mudah ya, tapi tidak ada salahnya jika Anda mengetahui langkah-langkah memulai bisnis dropshipping seperti di bawah ini:

Cari Produk

Langkah awal adalah mencari supplier dan produk yang cocok dengan bisnis dropshipping. Hal ini penting mengingat bisnis dropshipping memiliki perputaran yang sangat cepat karena menggunakan teknologi internet sebagai channel marketingnya. Jangan sampai Anda sudah maksimal dalam hal marketing namun supplier tidak sanggup menerima orderan dari Anda.

Usahakan fokus pada satu produk terlebih dahulu sampai Anda benar-benar menguasai secara keseluruhan tentang produk tersebut.

Memasarkan Produk

Langkah ini adalah inti dari bisnis dropshipping. Sebagai dropshipper, fokus Anda adalah memasarkan produk dengan teknik-teknik marketing. Dengan demikian Anda dapat memberikan order kepada supplier Anda sebanyak mungkin. Adanya perkembangan teknologi saat ini membuat seorang dropshipper mudah untuk memasarkan sebuah produk. Anda cukup memposting produk yang dijual ke media sosial Anda yang memiliki jangkauan yang lebih luas. Bahkan kini Anda bisa mengikuti workshop online untuk memaksimalkan teknik marketing via media sosia.

Melayani Calon Customer

Saat Anda sudah mendapatkan calon customer, langkah selanjutnya adalah melayani mereka sebaik mungkin sebagaimana halnya seorang penjual produk. Dengan pelayanan yang baik, bisa membuat customer melakukan repeat order dan dengan sukarela mempromosikan produk Anda ke networknya. Begitu juga halnya jika yang terjadi adalah ketidakpuasan. Customer akan memblow up sehingga bisa membuat produk/toko onlinemu menjadi bulan-bulanan di media sosial.

Komunikasi Dengan Supplier

Pastikan Anda menanyakan stok kepada supplier ketika berkomunikasi dengan customer. Dengan demikian, Anda bisa memberikan service cepat dan jelas mengenai produk yang diinginkan customer. Hal ini membantu customer menghemat waktu karena tidak perlu menunggu lama soal informasi ketersediaan produk. Ada baiknya Anda berkomunikasi secara intens dengan supplier. Atau Anda mencari produk yang selalu available sehingga akan memberikan kemudahan dalam menjualnya.

Proses Transfer

Saat customer sudah memutuskan untuk membeli produk, minta mereka segera melakukan transfer. Dengan begitu, Anda juga bisa segera mentransfer ke supplier. Dan minta kepada supplier untuk segera mengirim barang ke customer Anda. Proses yang cepat dalam tahap ini akan membuat satisfaction customer meningkat.

Nomor Resi

Jangan lupa minta nomer resi dari supplier agar bisa diteruskan kepada customer. Nomor resi ini berfungsi agar customer merasa aman dan bisa segera mengecek pengiriman produknya ke ekspedisi yang dipilih. Dengan sistem penjualan via online, kecepatan memberikan informasi menjadi kunci bisnis dropshipping yang berhasil.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)