Wajib Tahu! Hebatnya FB Ads Dalam Internet Marketing

Daftar Isi
Di era millenial saat ini, penggunaan media sosial oleh masyarakat bisa dibilang sudah melekat dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan dari sejumlah survey sebelumnya membuktikan bahwa Indonesia menduduki peringkat keempat sebagai pengguna Facebook teraktif di antara negara berkembang dan maju lainnya.

Nah, melihat eksistensi serta pertumbuhan pesat para pengguna media sosial, banyak para perintis usaha dan berbagai perusahaan besar di Indonesia memanfaatkan Facebook sebagai media pemasaran atau marketing guna menjangkau konsumen lebih banyak dan tentu saja meningkatkan pendapatan mereka.  Kok bisa, ya? Yaps, mula-mula para pengusaha itu melakukan riset di dunia maya, kemudian menemukan kesempatan, dan menciptakan peluang.

FB Ads Dalam Internet Marketing

Sebagai contohnya, kamu bisa melihat beberapa produk lokal seperti brand hijab dan pakaian seperti Aisha, Alila, Afra, Hijup, dan lain-lain itu berkembang pesat karena sebagian besar produknya dikenal melalui Facebook. Memang terkadang sulit dipercaya sih, tapi kalau kamu bisa menerapkannya dengan teliti dan konsisten, kesempatan besar jadi orang sukses seperti pemilik brand tersebut juga bakal terbuka lebar untukmu.

Pengen mengikuti jejak usaha mereka? Simpelnya. hal pertama kali yang harus kamu sadari ketika membangun usaha atau meningkatkan kekuatan brand adalah menyediakan produk lalu pandai-pandai memanfaatkan jasa iklan yang disediakan oleh Facebook. Yah, bahasa gaulnya Fb Ads gitu.

Pada tahap awal, buatlah fanspage khusus untuk berjualan. Kenapa harus bikin fanspage bukan akun pribadi? For your information aja nih, pihak Facebook sudah pernah mengumumkan bahwa akun pribadi tidak digunakan untuk kegiatan komersil. Sebaliknya, para pengguna disarankan supaya membuat fanspage khusus untuk usaha, baik di bidang perdagangan atau jual beli maupun jasa.

Wajib Tahu! Hebatnya FB Ads Dalam Internet Marketing

Selanjutnya, pada tahap kedua, cobalah menarik perhatian konsumen dengan foto-foto produk yang kece badai dan terlihat menggoda sejak pandangan pertama. Setelah itu, beri keterangan atau caption menarik pada gambar yang diunggah. Inget ya, jangan pernah membohongi calon konsumen! Jadi, sebisa mungkin usahakan antara gambar dan keterangan di foto adalah sama, sehingga nggak ada customer yang ngerasa kalau dirinya ditipu atau pun kecewa.

Ketiga, buka fanspage, kemudian masuk ke bagian pengaturan dan isi form yang telah disediakan. Kamu juga bisa langsung masuk ke profil fanspage dan klik bagian boost post atau promote your page.  Di sesi ini, kamu nggak perlu bingung, cukup ikuti arahan dari Facebook. Kamu berhak mengubah metode pembayarannya yang ada, misalnya nggak punya kartu kredit, kamu bisa bayar tagihan via rekening ATM.

Jika pembayaran telah sah diterima dan berhasil, maka hak promosi produk sudah kamu dapatkan dan bisa diatur sendiri deh!

Sudah selesai? Ternyata belum. Rahasia FB Ads itu bukan hanya terletak pada mendapat pengunjung page atau mendapatkan pelanggan. Namun lebih ke ‘cara mempertahankan dan memikat pelanggan’.

Caranya? Gampang banget! Kamu bisa buat postingan tentang kuis atau tebak-tebakan berhadiah dengan syarat like page, share, dan tag minimal tiga orang teman bagi followers page. Kemudian boost post dalam rentang waktu tiga hingga lima hari. Nah, otomatis postingan ini bakalan muncul di timeline para pengguna media sosial. Dengan begitu, pengikut pagemu akan naik, pelanggan didapatkan, dan omset penjualan bernilai puluhan juta di depan mata. Nggak percaya? Coba tengok Bandung Makuta cake, Malang Strudel, Dumet School, mereka sukses meraih dan mempertahankan pelanggan melalui metode ini. Rata-rata, dalam beberapa bulan saja mereka semua bisa menggaet lebih dari 10 ribu pengikut.

Masih mau anteng dan sekedar nyampah  di media sosial tanpa mau memaksimalkan fiturnya? Mulai sekarang, yuk manfaatin media sosial sebaik mungkin!

Posting Komentar