7 Khasiat Manfaat Kemiri Untuk Kesehatan Tubuh

Daftar Isi
7 Khasiat Manfaat Kemiri Untuk Kesehatan Tubuh – Tanaman kemiri adalah adalah merupakan tanaman rempah bumbu masak. Bagian yang dimanfaatkan adalah buah kemiri. Tanaman kemiri mempunyai nama latinnya adalah aleurites moluccana. Kemiri banyak digunakan sebagai rempah bumbu masakan.

Kemiri mempunyai batang kayu. Mempunyai buah yang bulat dengan kulit yang keras. Kemiri hampir sama dengan buah parah atau karet. Mempunyai daging buah yang berwarna putih. Mempunyai rasa yang enak dan gurih. Sehingga kemiri menjadi bumbu rempah yang banyak digunakan dalam setiap masakan.

Kemiri di luar negeri disebut dengan nama candlenut, indian walnut dan candleberry. Di Indonesia kemiri juga di sebut dengan berbagai nama. Seperti Gambiri, kembiri, hambiri, kemili, kaminting bih dan lainnya. Selain digunakan sebagai rempah bumbu masakan. Juga bermanfaat untuk kesehatan.

Kandungan Gizi dalam Kemiri

Kandungan yang terdapat dalam kemiri adalah seperti lemak, energi, protein, kalsium, kalium, fosfor, sodium, zat besi, seng, magnesium vitamin dan tembaga serta yang lainnya. Dari kandungan inilah kemiri bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Kemiri Untuk Kesehatan Tubuh


7 Khasiat Manfaat Kemiri Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat kemiri untuk kesehatan tubuh manusia adalah sebagai berikut:

1. Sebagai obat Gigi

Manfaat kemiri yang pertama adalah dapat dijadikan sebagai obat sakit gigi. Sakit gigi dapat diatasi dengan getah kemiri. Dalam getah kemiri terdapat zat yang bermanfaat untuk mengobati sakit gigi.. Caranya pengobatannya adalah sebagai berikut. Siapkan kapas, ambil getah dari pohon kemiri dengan kapas, lalu tempelkan pada gigi yang sakit. Diamkan selama 15 sampai 30 menit.

2. Mengobati Sariawan

Manfaat kemiri juga dapat mengobati sakit sariawan. Getah kemiri selain dapat mengobati sakit gigi. Getah kemiri juga dapat bermanfaat untuk mengobati sariawan. Caranya pun sama seperti mengobati sakit gigi. Kapas diolesi dengan getah kemiri. Kemudian kapas ditempelkan pada bagian yang yang terkena sakit sariawan.

3. Mencegah terjadinya Infeksi Jamur

Manfaat Kemiri juga dapat berfungsi untuk mencegah terjadinya infeksi akibat jamur. Penyakit infeksi jamur seperti panu. Penyakit panu ini dapat diobati dengan ramuan kemiri. Panu walau pun tidak berbahaya tetapi cukup mengganggu. Cara mengobatinya. Ambil kemiri secukupnya lalu haluskan, kemudian oleskan pada kulit yang terkena jamur.

4. Mengatasi Insomnia

Penyakit insomnia adalah penyakit gangguan susah tidur. Kemiri juga dapat bermanfaat untuk mengatasi gangguan insomnia. Insomnia ini terjadi disebabkan oleh berbagai faktor. Seperti gangguan psikologis. Juga akibat dari efek suatu penyakit. Caranya dapat diatasi dengan mengkonsumsi kemiri. Lakukan secara rutin dan teratur. Sampai gejala membaik atau insomnianya sembuh.

5. Mencegah terjadinya sembelit

Manfaat Kemiri juga dapat digunakan untuk mencegah terjadinya sembelit. Sembelit terjadinya karena sistem pembuangan tidak lancar. Buang air besar tidak lancar dan tidak tuntas. Atau tidak bisa buang air besar sama sekali. Caranya dengan mengkonsumsi kemiri, Sehingga dapat mencegah terjadinya sembelit. Juga dapat mengobati sembelit.

6. Sebagai obat Buang Air Besar Berdarah

Selain buah dan getah Kulit batang pohon kemiri juga bermanfaat sebagai obat. Manfaat kuli kemiri dapat bermanfaat sebagai obat buang air besar (BAB) berdarah. Cara pengobatannya adalah sebagai berikut. Ambil kulit batang kemiri sebanyak 20 gr. Cuci bersih. Lalu rebus dengan air sebanyak 400 cc sampai mendidih. Sisakan hingga separuhnya. Saring dinginkan dan minum selagi hangat kuku.

7. Menyehatkan Rambut

Manfaat kemiri selanjutnya dapat menyehatkan rambut. Dalam kemiri terdapat kandungan mineral dan protein. Manfaat mineral dan protein dalam kemiri ini dapat menyehatkan rambut. Juga dapat merangsang pertumbuhan rambut. Serta dapat menguatkan akar rambut. Sehingga dapat menyehatkan rambut.

Posting Komentar