Yuk Kenali Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Benar

Banyak orang yang merasa kepercayaan dirinya berkurang akibat bekas jerawat di wajahnya, sehingga membuatnya merasa terganggu dalam menjalani aktifitas sehari – hari, tak sedikit yang mengeluhkan sulitnya menghilangkan bekasnya, berbagai macam cara sudah di coba namun belum juga terlihat hasilnya. Namun anda jangan khawatir, anda dapat meningkatkan kepercayaan diri anda dengan menghilangkan bekas jerawat, yang membuat anda tidak percaya diri, berikut beberapa teknik yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan bekas jerawat :
Terlebih dahulu anda harus mengenali jenis – jenis jerawat sebelum jauh membahas cara menghilangkan bekas jerawat di wajah anda. Terdapat 3 jenis bekas jerawat yang paling umum terjadi yakni rolling, ice pick dan boxcar, untuk rolling sendiri yang membuat kulit wajah anda nampak bergelombang dan tidak rata, sedangkan bekas jerawat ice pick yang membuat kulit tampak berlobang, seolah – olah nampak seperti tertusuk benda tajam, sedangkan untuk bekas jerawat boxcar yakni akan membentuk cekungan besar dalam membentuk lingkaran atau oval. 

Baca Juga Cara menghilangkan jerawat secara alami
Yuk Kenali Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Benar

Jenis Perawatan untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Dalam mengatasi bekas jerawat, anda tidak perlu khawatir sebab saat ini telah beragam cara untuk mengatasinya sehingga anda dapat kembali tampil dengan maksimal tanpa rasa malu. berikut yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan bekas jerawat anda :

  • Penggunaan Krim Wajah 

Bila anda memiliki bekas jerawat yeng meninggalkan noda dan bengkak di wajah, sebaiknya anda menggunakan krim kartison atau steroid. Krim ini akan diserap oleh sel kulit dan dapat mengurangi pembengkakan, sedangkan untuk memudarkan bekas jerawat menghitam, krim dengan bahan kojic, arbutin dan vitamin C dapat menjadi alternatif untuk menghilangkan noda jerawat.  Baca Juga Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah Berjerawat

  • Perawatan laser dan filler injection

Dermatolog dapat membantu anda dalam mengatasi masalah bekas jerawat yang membekas di wajah anda, sebab dengan menggunakan teknologi laser fractional dapat merangsang pembentukan kolagen kulit sehingga permukaan kulit yang membekas nampak lebih merata, dalam penggunaan laser terdapat dua cara yang dapat dilakukan yakni ablatif dan non ablatif. Untuk perawatan dengan menggunakan laser ablatif yakni dengan cara menembakkan laser pada bekas jerawat sehingga permukaan kulit lebih halus, sedangkan untuk laser non ablatif yakni dengan membantu mengaktifkan produksi kolagen tanpa mengganggu permukaan kulit. Sementara filler injection dapat membantu dalam mengatasi bekas jerawat yang berlubang, namun dalam perawatan mengatasi masalah kulit yang berlubang tersebut di lakukan dengan beberapa kali pengulangan.

  • Dermabrasion 

Dalam proses tersebut harus di lakukan oleh dokter kulit, yang mana dilakukan prosedur tersebut bertujuan untuk mengangkat lapisan paling atas dari kulit dengan menggunakan sikat kawat khusus atau laser. Dalam perawatan tersebut umumnya wajah akan nampak memerah dan mengalami pembengkakan dalam beberapa waktu saja, namun jangan khawatir sebab hal tersebut wajar dan terjadi hanya beberapa waktu saja, dan nantinya akan membaik, tindakan tersebut bertujuan untuk menyamarkan bekas jerawat pada wajah anda.

  • Subcision

Teknik seperni ini sangat cocok untuk anda yang memiliki bekas jerawat jenis rolling. lapisan kulit teratas di angkat dari jaringan bawah bekas jerawat, sehingga akan menimbulkan luka dan membuat darah memenuhi area tersebut. Gumpalan darah tersebut akan membuat sebuah jaringan ikat dan mendorong bekas luka. hal tersebut yang akan membuat kulit menjadi rata, untuk subscision sendiri umumnya akan di ikuti dengan perawatan lainnya seperti dermabrasi dan perawatan laser.

  • Punch Techniques

Teknik yang paling tepat untuk mengatasi bekas jerawat berjenis ice pack ringan anda dapat menggunakan teknik punch excision yang dapat membantu dalam mengangkat bekas jerawat dan menutup lukanya, yang dapat merangsang tumbuhnya kulit baru yang lenih halus dan merata, sementara untuk jenis jerawat ice pick yang dalam, dapat di atasi dengan dengan teknik punch grafiting yakni mengangkat bekas jerawat, setelah itu di lakukan dengan pengisian cekungan dengan potongan kulit yang lainnya, yang diambil dari bagian tubuh lainnya, teknik yang lainnya dengan punch elevation, teknik ini dirasa paling tepat dalam mengatasi bekas jerawat boxcar dengan pembedahan dasar bekas jerawat dan menyisakan bagian sisi – sisinya saja, setelah itu bagian dasar disatukan dengan di sisi namun lebih di angkat sehingga sejajar dengan kulit wajah secara keseluruhan , yang tujuannya tentu untuk meratakan kulit wajah.

Tindakan Pendukung Untuk Penyembuhan Bekas Jerawat 

Berikut ini beberapa cara yang dapat di lakukan untuk mencegah ataupun penyembuhan terhadap bekas jerawat

  • Membatasi terhadap paparan sinar matahari

Kita tau bahwa paparan sinar mataharai secara berlebihan sangat tidak baik untuk kesehatan kulit, sebab sinar ultraviolet dapat memperlambat proses penyembuhan sekaligus membuat kulit disekitar bekas jerawat menjadi terlihat menghitam lantaran menstimulasi pigmen pada kulit, jika memang terpaksa harus keluar di siang hari, lebih baik anda menggunakan krim tabir surya untuk membantu mengatasi masalah tersebut, dan dianjurkan bagi anda untuk menggunakan aksesoris ataupun baju yang tertutup dan menggunakan masker ataupun topi pelindung.

  • Jangan Memencet Jerawat

Dampak buruk yang dilakukan apabila anda memencet jerawat anda adalah timbulnya bekas jerawat, dan tentunya membuat kulit wajah anda menjadi tidak rata, pada dasarnya bekas jerawat merupakan tindakan tubuh untuk memperbaiki diri dengan produksi kolagen, akibat kehilangan kolagen dari peradangan. Memencet jerawat hanya akan menambah kadar kerusakan kolagen, oleh karena hindari memencet jerawat anda, dan jangat terlalu sering memegang jerawat dengan telapak tangan anda, bisa jadi telapak tangan anda akan memicu timbulnya jerawat yang lainnya, sehingga anda perlu untuk menjaga kebersihan kulit wajah anda.
Kebanyakan seseorang yang bermasalah dengan kulit wajah dalam hal ini jerawat, penyembuhannya memerlukan waktu yang lama, bahkan hingga bertahun – tahun, oleh karenanya anda perlu merawat kebersihan kulit wajah anda, menjaga pola makan anda, hindari mengkonsumsi makanan yang dapat memicu timbulnya jerawat, sehingga penyembuhannya akan lebih cepat bila anda teratur dalam perawatannya. Selalu konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

0 Response to "Yuk Kenali Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel