Memulai Usaha Studio Foto Profesional, Untung Besar

PustakawanBarru.com - Studio foto merupakan salah satu tempat yang seringkali dikunjungi oleh keluarga atau sahabat ketika ingin menyimpan momen kebersamaan melalui foto bersama, hal ini paling sering dilakukan ketika ada moment khusus tertentu. Sebenarnya foto untuk kenang-kenangan ataupun penyimpanan untuk moment penting dapat dilakukan dengan kamera biasa, namun tentunya kualitas yang dihasilkan akan sangat jauh berbeda dengan hasil dari studio foto.

memulai-usaha-jasa-studio-foto


Hasil foto dari studio foto memang sangat tinggi, tentu saja kita tidak akan kecewa dengan hasil akhir yang akan di dapatkan. Bila Anda memiliki kemampuan dan modal yang cukup untuk memulai Usaha Studio Foto Profesional ini dan memang Anda fashion dalam jenis usaha ini, Anda dapat memulai jenis usaha studio foto dengan cara berikut ini:

Siapkan niat

Niat wajib dimiliki oleh setiap pengusaha, mulailah usaha studio foto dengan niat yang baik dan kuat agar dalam menjalankan usahanya nanti dapat berhasil dan berjalan lancar.

Siapkan lokasi Usaha Studio Foto Profesional

Selain niat, tentunya memiliki lokasi yang tepat untuk tempat studio foto sangatlah penting, karena studio foto ini merupakan jenis usaha yang memerlukan tempat usaha yang pasti. Tempat usaha harus berada di tempat yang strategis, artinya mudah ditemukan, dijangkau, dan jalan menuju tempat studio foto lancar tanpa hambatan. Jika tidak memiliki lokasi sendiri, Anda dapat menyewa lokasi usaha di tempat orang lain yang terlihat strategis.

Siapkan modal Usaha Studio Foto Profesional

Niat sangat penting, lokasi usaha juga penting, selain itu modal secara materi dan kemampuan juga wajib ada. Modal sangat diperlukan untuk memulai usaha studio foto, modal ini terdiri dari modal secara materi dan juga modal kemampuan dalam segi potret memotret/fotografer, desain ruangan, edit mengedit, keuangan, dan juga hal lain yang diperlukan.

Jika tidak memiliki kemampuan yang disebutkan di atas, Anda dapat belajar kepada orang yang ahli sebelumnya atau dapat pula melakukan kegiatan kerjasama untuk memulai usaha studio foto ini dengan orang yang lebih faham.

Buat perencanaan Usaha Studio Foto Profesional

Memiliki perencanaan yang matang tentunya sangat penting dibuat oleh setiap pengusaha, kegiatan perencanaan dapat dilakukan sedari awal sebelum Anda memulai usaha. Perencanaan yang dimaksud mulai dari perencanaan konsep, strategi, pemasaran, keuangan, dan perencanaan lainnya agar usaha yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar seperti yang diinginkan. Sebaiknya perencanaan ini dirumuskan sedemikian rupa dengan detail sedetail-detailnya.

Alat dan kelengkapan Usaha Studio Foto Profesional

Peralatan yang dibutuhkan ketika akan memulai usaha studio foto adalah kamera profesional dengan kualitas yang tinggi, Anda dapat membeli kamera dengan brand/merk yang paling populer digunakan oleh fotografer atau sebuah studio foto. Selain kamera, pencahayaan dengan menggunakan lampu khusus juga wajib dimiliki. Pada dasarnya memang modal yang dikeluarkan untuk memulai usaha studio foto ini sangat besar, hal ini terlihat dari peralatan dan kelengkapan yang dibutuhkan. Masukan berbagai alat dan kelengkapan dalam list barang yang akan dibeli, agar tidak ada barang yang lupa untuk dibeli.

Siapkan karyawan/staf Usaha Studio Foto Profesional

Untuk membantu pekerjaan Anda dalam mengelola usaha, tentunya Anda memerlukan karyawan atau staf tambahan. Karyawan yang harus dimiliki setidaknya 2 orang, bagian pemotretan dan bagian kasir.

Promosi Usaha Studio Foto Profesional

Lakukan kegiatan promosi kepada masyarakat sekitar atau dapat pula promosi ke sekolah, kantor, atau tempat umum dengan penyebaran brosur. Promosi juga dapat dilakukan dengan melalui media sosial, baik itu fb, line, bbm, dan lainnya. Lakukan kegiatan promosi dengan sebaik dan semenarik mungkin, agar masyarakat tertarik untuk menggunakan jasa Anda.

0 Response to "Memulai Usaha Studio Foto Profesional, Untung Besar"

Post a Comment