Menikmati Indahnya Wisata Pantai Bandengan Jepara

Daftar Isi
Pantai Bandengan – Selain dikenal dengan kerajinan kayunya, Kabupaten Jepara juga mempunyai obyek wisata Jepara yang sayang untuk dilewatkan yaitu Pantai Bandengan. Pantai yang berada di pesisir utara pulau jawa ini cukup ramai dikunjungi para wisatawan terutama pada saat musim liburan.

Keindahan pantai Jepara ini yang memukau sering kali dibandingkan dengan pantai di Bali yang sudah populer. Nah, bagi anda yang saat ini sedang merencanakan liburan atau sedang berada di Jepara, tidak ada salahnya untuk mengunjungi pantai yang berlokasi di Desa Bandengan, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara ini.

pantai bandengan jepara,wisata jepara,pantai bandengan
Wisata Pantai Bandengan

Asal Mula Nama Pantai Bandengan

Nama Bandengan sendiri sering kali dikaitkan dengan salah satu legenda mengenai asal mula pula Karimun Jawa. Di dalam legenda tersebut dikisahkan seorang putra Sunan Muria bernama Amir Hasan yang diperintahkan untuk menyebarkan ilmu agama ke kepulauan Karimun Jawa. Setelah tiba di sebuah pantai Jepara, beliau menemukan banyak sekali ikan bandeng sehingga pantai tersebut di namakan pantai Bandengan. Awalnya pantai ini bernama Pantai Tirta Samudera tapi lebih dikenal dengan nama Pantai Bandengan Jepara.

Pantai ini berjarak sekitar 7 km dari pusat kota Jepara dan dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 1 jam menggunakan kendaraan. Tiket masuk ke tempat wisata jepara ini cukup murah hanya Rp. 5.000/orang. Walaupun murah, tapi anda akan dimanjakan dengan pemandangan pantainya yang sangat eksotis dengan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih. Ditambah lagi dengan adanya pepophan yang rimbun dan hijau ditepi pantai membuat pemandangan semakin mempesona. 

Di wisata Jepara ini tersedia berbagai wahana menarik yang sangat cocok bagi anad yang sedang liburan berama keluarga maupun teman dekat. Beberapa wahana yang tersedia diantaranya banana boat, jetski, kano, wave house, taman bermanin anak dan sandal raksasa. Fasilitas wisata di Jepara ini pun sudah cukup lengkap mulai dari penginapan, musholla, warung makan dan toko-toko souvenir yang menjual cendramata unik khas Jepara. 

Di Pantai Bandengan anda bisa melakukan berbagai kegiatan menarik bersama keluarga seperti berenang, bermain pasir, bermain voli dan bersepeda di sekitar pantai. Di sekitar pantai Jepara juga terdapat sebuah gazebo yang bisa anda manfaatkan untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan pantai yang indah. Pantai Bandengan juga sering dijadikan tempat untuk event-event tertentu seperti festival layang-layang dan lainnya.

Posting Komentar