Cara Ampuh Mengatasi Rambut Bercabang

Cara Ampuh Mengatasi Rambut Bercabang - Bila anda memiliki rambut yang tidak sehat atau rusak seperti kusam dan kering dan bahkan bercabang anda perlu melakukan perawatan rambut yang tepat, untuk mengatasi masalah tersebut, namun terlebih dahulu kita membahas apa yang terjadi pada rambut rusak dan cara mengatasi rambut bercabang.

Pada dasarnya rambut terdiri dari tiga lapisan yakni lapisan dalam atau medulla lalu cortex atau lapisan yang mengelilingi medulla dan lapisan paling luar yakni kutikula yang berfungsi melindungi lapisan dalam rambut. lapisan kutikula yang datar melindungi lapisan dalam rambut dari sinar matahari, panas, zat klorin dan semua bahan berbahaya lainnya. pada bagian kutikula rambut memiliki sensitif paling tinggi sehingga harus dilakukan perawatan khusus untuk mencegah kerontokan, dan juga apabila pada bagian kutikula mengalami kerusakan maka bagian dalam tidak terlindungi.

Cara Ampuh Mengatasi Rambut Bercabang

Mengatasi rambut bercabang

Namun bila rambut anda mengalami patah kemungkinan besar akibat ada bagian tertentu pada rambut yang menebal atau melemah sehingga rambut dapat dengan mudah untuk patah. umumnya rambut yang patah terjadi dekat dengan kulit kepala sehingga rambut tersebut tidak bisa tumbuh panjang. namun rambut juga dapat patah diujung rambut yang biasa disebut dengan rambut bercabang, adapun beberapa cara untuk mengatasi rambut bercabang.

Memotong ujung rambut 

Bila anda memiliki rambut yang sensitif dan rambut yang rentan terhadap rambut bercabang ada baiknya anda memotong ujung rambut secara rutin setiap 6-8 minggu, sebab apabila rambut anda yang tidak dilakukan pemotongan, rambut bercabang anda dapat merambat lebih jauh dan menimbulkan kerusakan yang lebih buruk.

Hindari Penggunaan bahan kimia

Pada dasarnya kerusakan pada rambut adalah penggunaan bahan kimia yang diberikan tidak sesuai dengan kharakteristik rambut sehingga menyebabkan kerusakan pada rambut seperti patah, kusam dan rambut bercabang. selain itu hindari penggunaan shampo yang mengandung minyak mineral dan petrolatum sebab dapat mencegah kelembapan menyeap ke lapisan rambut.

Jangan terlau sering menyikat atau menyisir rambut

Bila anda terlau sering menyekat rambut anda atau menyisir dapat merusak rambut anda akibat gesekan pada sisir anda, sehingga rambut anda rawan terhadap kerontokan, untuk menjaga agar tidak mengalami kerontokan anda dapat membaca artikel Cara Mengatasi Rambut Rontok

Hindari untuk memanjangkan rambut yang berlebihan

Bila anda jarang atau tidak pernah melakukan perawatan rambut, ada baiknya anda memiliki rambut yang sedang saja, sebab bila anda tidak rutin atau rajin melakukan perawatan rambut akan merusak rambut dan kulit kepala anda bahkan juga dapat memicu terhadap kerontokan rambut dan ketombe pada rambut anda.

Gunakan serum atau spray pelindung panas 

Ada baiknya anda menggunakan serum atau spray sebelum menggunakan alat pengering rambut atau ketika anda ingin menata rambut untuk mencegah kerusakan rambut anda, terutama pada rambut bercabang yang sangat mudah bila pada cuaca yang panas dan kurangnya lembab pada rambut.

Jangan Terlalu sering untuk melakukan bleaching

Bila anda terlalu sering melakukan bleaching dapat merusak rambut anda sebab teknik yang digunakan untuk mewarnai rambut dengan memutihkan rambut terlebih dahulu yang selanjutnya diwarnai yang dapat meningkatkan kerusakan pada rambut anda dan juga merusak kekuatan rambut anda, bahan kimia yang digunakan pada teknik bleaching itu sendiri tidak baik untuk kesehatan anda, dan juga zat kimia yang digunakan dapat masuk ke kutikula dan menyingkirkan pigmen alami rambut. akan lebih parah pada kerusakan pada rambut anda bila anda melakukan blow drying pada rambut yang sudah dilakukan bleaching.

Gunakan pelembab rambut 

Bila rambut anda mengalami kering atau kusam dan bahkan mudah rontok ada baiknya anda menggunakan pelembab rambut secara rutin, untuk penggunaannya dapat digunakan sebelum tidur dengan cara membungkus rambut anda yang sudah diberi pelembab dengan penutup rambut dan untuk mencegah mengotori tempat tidur ada baiknya anda melapisinya dengan kain, tujuan untuk memberikan pelembab pada rambut untuk menjaga agar rambut tidak kering, tidak kusam dan berkilau, dan tentu saja untuk menjaga kekuatan pada rambut anda.

Gunakan conditioner

Penggunaan contioner sangat berguna untuk menjaga rambut anda tetap halus dan berkilau, untuk menggunakannya dengan handuk secara lembut dan tunggu hingga kering

Gunakan produk yang alami

Penggunaan bahan – bahan alami untuk perawatan rambut dipercaya banyak memiliki manfaat untuk kesehatan rambut, bahan – bahan alami yang dapat anda manfaatkan seperti minyak kemiri, minyak zaitun, gliserin, shea butter atau sorbitol yang sangat bermanfaat untuk mengatasi rambut bercabang

Memberikan nutrisi yang pas bagi kesehatan rambut

Anda akan memiliki rambut sehat dan kuat bila anda juga memberikan nutrisi yang tepat untuk kesehatan rambut dimana mengkonsumsi bayam dan wortel untuk mendapatkan vitamin A, salmon untuk mendapatkan omega 3, kerang dan kacang mete untuk mendapatkan zinc. untuk kesehatan kulit kepala anda dapat mengkonsumsi biji-bijian utuh produk rendah lemak dan sayuran. kerusakan rambut yakni masalah rambut bercabang dapat menjadi pertanda masalah kesehatan, misalnya hipertiroidisme atau gangguan makan seperti anorexia.

0 Response to "Cara Ampuh Mengatasi Rambut Bercabang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel