Cara Mengatasi Masalah Rambut Berketombe Dengan Benar

Cara Mengatasi Masalah Rambut Berketombe Dengan Benar - Bagi anda yang bermasalah dengan ketombe tentunya sangat menganggu penampilan anda, dan tentu saja membuat anda tidak percaya diri apabila sedang melakukan aktifitas sehingga membuat anda menjadi was – was. Ketombe itu sendiri pada dasarnya bukanlah masalah pada rambut atau seberapa sering anda mencuci rambut, namun ketombe adalah masalah pada kulit kepala anda. Ketombe merupakan serpihan kulit kepala yang berwarna putih yang mengelupas dan menempel pada rambut ataupun bahu, gejala yang biasanya terjadi pada seseorang yang mengalami masalah rambut berketombe yakni adanya serpihan kulit mati yang berwarna putih dan dapat terlihat pada bahu ataupun menempel pada rambut dan umumnya ketombe diikuti dengan rasa gatal pada kulit kepala. 
Baca Juga Cara Mengatasi Rambut Rontok


Cara Mengatasi Masalah Rambut Berketombe Dengan Benar



Penyebab dari munculnya ketombe

Kulit Kepala kering, seseorang yang mengalami masalah rambut berketombe yakni kulit yang kering yang sangat umum terjadi dan juga anda dapat melihat gejala dan tanda-tanda kulit kering pada bagian lain seperti pada tangan dan juga kaki.

Iritasi dan kulit kepala yang berminyak, Kondisi tersebut juga memiliki potensi yang besar dalam kemunculan ketombe. umumnya gejala atau tanda – tanda dari kulit kepala yang berminyak yakni berwarna merah dengan serpihan kulit putih atau sisik berwarna kekuning – kuningan.

Kurang kramas, kurangnya perawatan dan jarang membersihkan rambut dengan mencuci rambut dengan sampo juga memiliki andil yang besar dalam masalah rambut berketombe sebab rambut yang tidak pernah dicuci akan berminyak dan lepek, minyak dan juga sel kulit kepala akan menumpuk yang menyebabkan ketombe.

Eksema, adalah peradangan kronis yang terjadi pada kulit kepala yang dapat membuat kulit kepala anda gatal dan juga munculnya serpihan serpihan ketombe pada rambut anda.

Psoriasis, pada kondisi dimana  sel kulit mati yang kering terjadi penumpukan sehingga menyababkan kulit kepala menjadi bersisik.

Infeksi jamur malassezia, umumnya dapat hidup dikulit kepala tanpa menyebabkan penyakit, namun apabila berkembang dengan cepat dan tidak segera ditangani dengan baik dapat menimbulkan iritasi pada kulit, sel kulit yang berlebihan akan mati dan menempel pada rambut dan jatuh ke pakaian yang biasa disebut dengan ketombe.

Mengatasi Masalah Rambut Berketombe 

Dalam Mengatasi masalah rambut berketombe anda dapat melakukan beberapa cara dalam mengatasi rambut berketombe di antaranya dengan menggunaan sampo anti ketombe akan tetapi pilihlah sampo yang mengandung Zinc Pyrithione yang berfungsi untuk membunuh jamur yang menyebabkan masalah rambut berketombe. Salicylic acid (Asam Salisilat) yang berfungsi untuk melembutkan dan membuang kulit mati yang menumpuk pada kulit kepala, apabila setelah penggunaan asam salisilat anda dapat mengatasinya dengan penggunaan pelembap rambut. Sampo berbahan Ter yang berfungsi untuk memperlambat produksi sel kulit mati sehingga dapat mencegah rambut berketombe, Selenium Sulfide yang berfungsi  untuk memperlambat produksi sel kulit dan membantu mengurangi pertumbuhan jamur akan tetapi penggunaan selenium sulfide tidak cocok bagi anda yang menjalani perawatan kimia seperti pewarnaan rambut.

Dalam penggunaan beberapa produk perawatan rambut kimia dapat memicu timbulnya rambut berketombe, untuk itu kurangi penggunaan bahan kimia untuk perawatan rambut, ada baiknya anda menggunakan bahan – bahan alami untuk perawatan rambut yang tentunya dalam mengatasi rambut berketombe, berikut bahan alami dalam mengatasi rambut berketombe :

Lidah Buaya, Kandungan pada lidah buaya sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut selain menguatkan akar rambut juga memiliki khasiat dalam mengatasi rambut berketombe, sehingga lidah buaya sangat aman untuk perawatan rambut anda dan juga lidah buaya dapat mencegah rambut bercabang. 
Baca juga Cara Ampuh Mengatasi Rambut Bercabang
Minyak Zaitun, Untuk perawatan rambut berketombe anda dapat memanfatkan minyak zaitun untuk menghilangkan ketombe, anda dapat menggunakan minyak zaitun dengan mengoleskan pada bagian kulit kepala yang bersisik atau yang berketombe kemudian sisir, lakukan dengan perlahan – lahan agar tidak merusak rambut. untuk menggunaan minyak zaitun ini jangan menggunakan terlalu sering sebab dapat menyebabkan rambut berminyak dan membuat rambut anda menjadi lepek.

Minyak Pohon Teh, anda dapat memanfaatkan minyak pohon teh untuk mengatasi rambut berketombe caranya anda cukup mengoleskan minyak tersebut pada bagian kulit kepala yang bersisik, gunakan minyak tersebut sedikit saja, namun dalam penggunaan minyak tersebut dapat menimbulkan alergi pada sebagian orang, dan penggunaan minyak tersebut hanya boleh digunakan dalam jangka waktu yang pendek.

0 Response to "Cara Mengatasi Masalah Rambut Berketombe Dengan Benar"

Post a Comment