Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

Daftar Isi
Taukah anda bahwa air kelapa bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil? air kelapa tidak hanya berguna untuk menghilangkan rasa haus ataupun saat kekurangan cairan tubuh namun juga bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil, sehingga banyak yang menyarankan bagi ibu yang sedang hamil untuk mengkonsumsi air kelapa. pastikan bagi anda yang ingin mengkonsumsi air kelapa meminum air kelapa asli, bukan air yang memiliki rasa kelapa agar supaya manfaat yang didapat dapat membantu untuk kesehatan janin. ada baiknya anda mengkonsumsi air kelapa langsung pada buahnya sehingga anda tidak ragu dari air kelapa yang anda minum. Baca juga Manfaat Buah Mangga Untuk Ibu Hamil. manfaat yang di dapat dari mengkonsumsi air kelapa saat hamil yakni :

Manfaat Air Kelapa Kesehatan Ibu Hamil


Memperkuat Sistem Kekebalan pada Tubuh

Pada saat sedang hamil banyak sekali ibu hamil yang mudah terserang berbagai penyakit baik itu yang disebabkan oleh kelelahan, kurang berolahraga dan lain – lain, sehingga kekebalan tubuh menurun. dengan anda meminum air kelapa secara rutin dapat membantu mengatasi masalah kekebalan tubuh sebab air kelapa mengandung asam laurat yang merupakan antiviral, antibakteri dan antijamur. dimana asam laurat dapat membantu sistem pertahanan tubuh contohnya melawan virus penyebab herpes dan flu. selain itu juga asam laurat juga berguna untuk ketersediaan asi pada saat menyusui. zat tersebut juga bermanfaat untuk kekebalan tubuh bayi yang baru lahir sehingga tidak mudah terinfeksi dan tahan terhadap serangan penyakit sehingga untuk meningkatkan kekebalan tubuh tidak hanya ibu hamil saja yang mendapat manfaat namun juga bayi yang dilahirkannya.

Membantu dalam mengurangi kelelahan

Pada saat hamil kebanyakan ibu hamil sering merasakan kelelahan meskipun tidak dalam keadaan bekerja, pada saat kehamilan ibu hamil akan lebih mudah merasakan kelelahan dibandingkan pada saat normal (tidak hamil) sebab energi, vitamin dan kalsium pada tubuh ibu akan diserap oleh janin sehingga ibu hamil akan lebih sering kehilangan energi dan sering merasakan lelah. untuk mengatasi masalah tersebut anda dapat memanfaatkan air kelapa untuk mengurangi kelelahan pada saat kehamilan, dimana pada kandungan air kelapa terdapat elektrolit yang sangat baik untuk menganti cairan tubuh  yang hilang sehingga ibu hamil terhindar dari dehindrasi. garam alami pada tubuh dapat digantikan dengan air kelapa sebab air kelapa mengandung garam alami seperti sodium, potasium dan klorida. sehingga dengan memanfaatkan air kelapa tersebut anda dapat mencegah terjadinya kelelahan pada saat kehamilan.

Melancarkan sirkulasi darah

Air kelapa sangat bermanfaat bagi ibu hamil dimana dapat membantu untuk mengurangi pegal dan nyeri pada saat kehamilan yang diakibatkan oleh kurang optimalnya sistem sirkulasi pada tubuh. apabila sirkulasi tidak berjalan maksimal maka dapat mengancam pertumbuhan janin sebab tidak dapat mensuplai oksigen dan terganggunya sirkulasi darah. kandungan potasium dan magnesium yang terdapat pada air kelapa berperan penting dalam memompa darah keseluruh tubuh dari jantung. potasium yang terdapat pada air kelapa membantu untuk kemudahan otot untuk bergerak, syaraf untuk bekerja dan membantu ginjal untuk menyaring darah.

Mencegah infeksi pada saluran kencing

Banyak di keluhkan oleh para ibu yang sedang hamil yakni infeksi saluran kencing, pada ibu hamil sering mengeluhkan penyakit tersebut dikarenakan adanya perubahan hormon dan perkembangan rahim yang menekan kantung kemih. manfaat air kelapa untuk kesehatan yakni diuretik alami yang dapat membantu ibu hamil untuk mengatasi masalah infeksi saluran kencing. dengan rutin mengkonsumsi air kelapa dapat mencegah infeksi saluran kemih.

Mengatasi konstipasi

Manfaat air kelapa untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh juga mencegah seseorang mengalami susah buang air besar atau konstipasi. air kelapa untuk ibu hamil selain mencegah dehidrasi juga dapat mencegah konstipasi.

Waspadai mengkonsumsi air kelapa secara berlebihan

Banyak manfaat air kelapa yang dapat diperoleh untuk kesehatan tubuh namun apabila di konsumsi secara berlebihan kurang baik terhadap tubuh, jangan sampai air kelapa mengantikan posisi air putih harus diingat bahwa air putih adalah minuman utama untuk tubuh. selain itu sebaiknya air kelapa yang anda minum berasal langsung dari buah kelapa yang muda dan segar, usahakan, pastikan pemotongan kelapa dilakukan didepan anda.

Ada baiknya untuk mengkonsumsi air kelapa segera setelah dipotong agar lebih segar dan nutrisi pada air kelapa tetap utuh. namun apabila bagi anda yang mengkonsumsi air kelapa malah membuat rasa mual atau tidak nyaman pada masa kehamilan maka hentikanlah. 

Posting Komentar