Peluang Usaha Cafe Modal Kecil Untung Besar

ADMIN
0
Peluang usaha cafe modal kecil untung besar bisa menjadi pilihan bagi anda yang ingin memiliki bisnis rumahan, ada banyak sekali keuntungan dari usaha cafe ini selain modal yang dikeluarkan tidaklah terlalu besar, juga pelanggan dari usaha cafe ini terbilang cukup banyak terutama bagi remaja-remaja yang sering menghabiskan waktu mereka di sore atau malam hari dengan nongkrong di cafe sambil meminum kopi dan juga cemilan, nah oleh sebab itu jika anda ingin membuka usaha sampingan modal kecil untung besar maka tidak ada salahnya jika anda mulai menekuni usaha cafe ini.

Cara memulai usaha cafe ini pada dasarnya sangatlah mudah, namun sebagai beginner busisness atau pengusaha pemula anda perlu belajar banyak mengenai tata cara memulai usaha cafe agar cepat sukses, termasuk dalam cara memilih lokasi usaha cafe, cara promosi usaha cafe ataupun dengan menyediakan fasilitas gratis di tempat cafe seperti wifi gratis, nah jika anda tertarik untuk menekuni usaha cafe ini, berikut cara memulai usaha kafe dan tips agar usaha cafe anda cepat sukses.

Analisa Modal Peluang Usaha Cafe Modal Kecil Untung Besar

Modal Tetap

Biaya Pembelian Kursi, meja, lemari   Rp. 4.000.000
Biaya Pembelian Kompor gas 2 unit    Rp. 1.200.000
Biaya Pembelian Peralatan memasak   Rp. 2.500.000

Grand Total                                         Rp. 7.700.000

*modal tetap adalah modal sekali beli dan biaya modal tetap bisa dipangkas seminimal mungkin jika anda sudah memiliki alat-alat tersebut.


Modal Bulanan

Biaya Sewa Tempat 1 bulan                 Rp. 500.000
Aneka Makanan / minuman per bulan  Rp. 3.500.000
Upah Karyawan 2 orang per bulan        Rp. 2.000.000
lain-lain                                                  Rp. 1.000.000
Grand Total                                          Rp  7.000.000


Pendapatan Atau Omset Usaha Cafe

Menurut beberapa survey yang saya lakukan usaha cafe ini memiliki omset tidak kurang dari Rp.400.000 / harinya, namun di hari-hari libur seperti hari sabtu dan minggu biasanya keuntungan dari usaha cafe ini akan berlipat ganda.

Keuntungan Atau Laba Usaha Cafe

Pendapatan per bulan – biaya modal per bulan
Rp. 500.000 x 30 = Rp. 15.000.000 - Rp. 7000.000 = Rp. 8.000.000
Dari total diatas maka keuntungan bersih yang anda peroleh dari usaha kafe ini ialah sebesar Rp. 8.000.000. cukup lumayan banyak bukan?
 

Peluang Usaha Cafe Modal Kecil Untung Besar

Tips Membuka Usaha Cafe Agar Cepat Sukses

1. Tentukan Lokasi Usaha Cafe Yang Strategis

Jika anda ingin membuka usaha cafe namun anda tidak memiliki lokasi yang strategis maka cara terbaik dalam mengatasi hal ini ialah dengan cara menyewanya, meskipun cukup mahal namun hal tersebut cukup sebanding dengan keuntungan yang nanti anda dapatkan dari usaha cafe ini, nah jika anda memutuskan untuk menyewa lokasi maka sangat penting sekali bagi anda untuk menentukan lokasi yang strategis, sebab lokasi yang strategis sangat berperan besar untuk menjaring pelanggan baru, adapun lokasi usaha yang strategis meliputi dekat dengan jalan raya, dekat dengan taman kota ataupun dengan pusat keramaian.

2. Sediakan Menu Makanan Yang Bervariasi

 Mungkin bukan menjadi hal yang asing lagi jika menu makanan yang bervariasi di  dalam sebuah usaha cafe akan ikut serta dalam meramaikan pembeli, hal ini disebabkan selera pembeli sangat berbeda antara satu dengan yang lainnya, semakin lengkap menu makanan yang anda sediakan maka semakin besar pula keuntungan yang akan anda dapatkan, nah oleh sebab itu jika anda ingin usaha cafe anda cepat sukses maka ada baiknya jika anda dapat menyediakan menu makanan yang bervariasi, di samping itu juga Anda juga dapat menambahkan beberapa menu tradisional yang di padukan dengan menu modern. Misalnya seperti pisang jamur crispy atau goreng ice cream.

3. Sediakan Fasilitas Gratis

Untuk menunjang kesuksesan anda dalam memulai usaha cafe modal kecil untung besar maka ada baiknya jika anda menyediakan fasilitas gratis agar pengunjung kafe anda betah berlama-lama untuk nongkrong di cafe anda, adapun fasilitas gratis yang bisa anda sediakan meliputi internet gratis, makanan ringan gratis, tempat duduk yang nyaman dan juga anda bisa menambahkan audio musik agar cafe anda tidak terkesan sepi, nah jika anda melakukan langkah-langkah ini dengan proporsional maka dijamin usaha kafe anda akan ramai dikunjungi oleh pembeli.

4. Marketing Mix Dan Promosi

Agar usaha kafe anda cepat dikenal luas oleh masyarakat terutama anak-anak muda maka ada baiknya jika anda menerapkan strategi marketing dan promosi, ada banyak sekali sarana promosi yang bisa anda lakukan agar usaha kafe anda ramai dikunjungi oleh para pembeli, baik itu melalui media elektronik seperti radio, media sosial seperti facebook, twitter dll ataupun dengan menyediakan fasilitas nonton bareng para saat piala dunia atau event sepak bola berlangsung, nah dengan cara ini maka usaha kafe anda akan cepat dikenal luas dan ramai dikunjungi oleh pembeli.

5. Tentukan Harga Yang Terjangkau

Tips terakhir dalam membuka usaha cafe modal kecil untung besar ialah dengan memberikan harga yang terjangkau, tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu hal yang membuat pelanggan puas dan betah berlama-lama di cafe umumnya dikarenakan cafe tersebut menyediakan menu makanan dengan harga yang murah dan terjangkau, nah oleh sebab itu saat anda membuka usaha cafe ada baiknya jika anda memberikan harga yang murah dan terjangkau, selain itu juga utamakan pelayanan yang memuaskan pelanggan anda dengan cara ramah dan murah senyum, jika anda melakukan tips-tips diatas dengan benar maka niscaya usaha cafe anda akan cepat sukses.

Mungkin hanya itu saja penjelasan saya mengenai peluang usaha cafe modal kecil untung besar, ketahuilah bahwa usaha cafe ini memiliki prospesk yang sangat cerah di masa mendatang, kreativitas dan inovasi anda dalam membuka usaha cafe ini berperan besar untuk menuju kesuksesan, terakhir jangan lupa berdoa semoga Tuhan yang maha esa agar usaha anda cepat sukses, selamat mencoba dan semoga sukses.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)