Skip to main content

Obat Asam Urat Terbaik dan Solusi Menyembuhkannya

Obat Asam Urat Terbaik dan Solusi Menyembuhkannya - Asam urat atau gout merupakan salah satu penyakit yang cukup serius. Pada umumnya, penderita asam urat akan mengalami nyeri pada persendian-persendian tubuh seperti tumit, pergelangan kaki dan tangan, jari-jari tangan dan kaki, dengkul hingga siku. Rasa nyeri tersebut sangat mengerikan sehingga bagian persendian yang terserang oleh penyakit asam urat akan terlihat bengkak serta meradang.

Obat Asam Urat Terbaik dan Solusi Menyembuhkannya

Penyakit ini digejalai dengan timbulnya rasa nyeri pada persendian yang dilengkapi dengan bengkak dan akan berwarna kemerahan seperti radang. Biasanya, nyeri atau ngilu tersebut menyerang saat pagi dan malam hari, terutama saat Anda baru bangun dari tidur. Rasa nyeri tersebut akan datang secara berulang-ulang pada berbagai letak persendian tubuh Anda.

Penyebab Asam Urat

Sebelum mengenal obat asam urat, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab dari penyakit ini. Penyebab utamanya adalah kadar konsumsi dari zat purin yang terlalu berlebihan. Di dalam tubuh manusia pasti terdapat kandungan zat purin yang nantinya akan diolah oleh tubuh sebagai bentuk asam urat yang dibutuhkan tubuh. Namun, apabila kadar asam urat berlebihan, maka ginjal akan kewalahan dalam mengendalikan zat purin, terlebih mengeluarkannya. Akibatnya, asam urat akan mengkristal dan menumpuk di bagian-bagian persendian tubuh. Tumpukan tersebut lah yang menyebabkan rasa ngilu hingga bengkak sekaligus meradang.

Banyak obat yang dapat mengatasi penyakit ini, namun kebanyakan obat biasanya memiliki harga yang relatif tinggi. Sebenarnya tak masalah untuk mengeluarkan uang demi kesehatan yang sangat mahal harganya. Namun, bagi Anda yang memiliki masalah keuangan namun tetap ingin sembuh dari asam urat, jangan khawatir, Anda bisa mulai kebiasaan-kebiasaan sehat berikut:

Kurangi kadar konsumsi zat purin

Penyebab dari penyakit mengerikan asam urat adalah berlebih nya zat purin di dalam tubuh sehingga asam urat yang dihasilkan tubuh menjadi berlebih pula. Atas dasar ini lah, Anda harus mulai mengurangi kadar konsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi seperti makanan-makanan yang berprotein hewani. Bila tetap membutuhkan makanan berprotein hewani, pilihlah makanan berprotein hewani yang murni seperti putih telur. Hindari aneka jeroan seperti limpa, babat, ampela, dan sebagainya. Hindari pula seafood, ekstrak daging, makanan kalengan, unggas kecuali ayam kampung, kacang-kacangan, hingga makanan yang mengandung lemak dan santan.

Jaga berat badan dan perbanyak minum air putih

Diet sehat yang diimbangi olahraga akan melarutkan kandungan asam urat berlebih sehingga mampu terbuang bersama hasil metabolisme tubuh. Olahraga tak harus olahraga yang berat. Anda bisa mencoba olahraga ringan seperti berjalan kaki hingga yoga. Begitu pula dengan memperbanyak meminum air putih, minimal 8 hingga 10 gelas per hari. Air putih akan membantu mencegah pengkristalan asam urat sehingga dapat membantu mencairkan dan melarutkannya ke dalam urin yang merupakan sisa metabolisme yang dihasilkan oleh ginjal. Dengan demikian, air putih juga ikut serta dalam membantu ginjal dalam mengeluarkan zat purin berlebih yang ada di dalam tubuh.

Membuat sendiri obat tradisional penyembuh asam urat

Banyak bahan-bahan alami yang bisa dikonsumsi maupun diolah menjadi obat tradisional dalam melawan asam urat.Anda dapat membuat jus dari berbagai buah-buahan sehat. Begitu pula lemon yang mampu merangsang produksi kalsium karbonat dalam tubuh yang berperan dalam menetralkan asam urat. Bahan yang paling ampuh adalah buah naga yang mengandung kadar air yang dapat melarutkan kelebihan zat purin kemudian membuangnya bersama dengan cairan hasil metabolisme tubuh. Buah naga juga mengandung kadar vitamin C dan B3 yang tinggi yang juga berguna untuk menurunkan kadar penyakit mengerikan lainnya, yaitu kolesterol.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar