--> Skip to main content

Cara Menurunkan Berat Badan Diet Sehat Alami

Ingin memiliki berat badan yang ideal dan langsing, bukan berarti anda harus diet ketat dan berusaha melupakan dan meninggalkan makan secara langsung. Ketika tubuh anda tidak mendapatkan asupan gizi yang baik maka organ tubuh justru akan bekerja lebih keras untuk menyediakan tenaga agar lebih kuat untuk tetap bekerja secara maksimal. Jadi gak heran bila kebanyakan orang malah jatuh sakit setelah menjalani diet ketat. Untuk cara menurunkan berat badan banyak variasi yang dapat anda pilih. Tetapi sayangnya kebanyakan cara yang dihadirkan mewajibkan seseorang untuk merasa lapar. Pola tidur yang tidak baik juga dapat menaikkan hormon ghrelin dalam tubuh. Ghrelin merupakan hormon yang dapat membuat rasa lapar.

Cara Menurunkan Berat Badan Diet Sehat Alami

Kurangi konsumsi gula dan karbohidrat berlebih

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk menurunkan berat badan dengan aman yaitu mengurangi asupan gula dan karbohidrat. Segala makanan yang mengandung banyak 2 item tersebut akan merangsang produksi insulin sehingga memicu terjadinya penyimpanan lemak di dalam tubuh. Keuntungan yang anda dapat dengan mengurangi konsumsi 2 kandungan tersebut yaitu menurunkan resiko mengalami penyakit yang berkaitan dengan ginjal. Setiap orang memiliki peluang untuk menurunkan berat badannya sampai 5 kilo dalam seminggu, dengan mengurangi konsumsi gula dan karbohidrat. Apa saja contoh makanan mengandung gula dan karbohidrat ?

Makanan bergula adalah semua makanan dan minuman yang mengandung pemanis gula, seperti teh, donat, martabak manis, cokelat, kue tart, dll

Makanan karbohidrat adalah padi-padian atau beras, seperti nasi goreng, nasi putih.

Perbanyak asupan protein dan sayuran

Dalam satu hari anda seharusnya mengkonsumsi protein sebanyak 20 gram hingga 50 gram. Makanan yang dapat anda pilih dengan kandungan protein baik yaitu ayam, daging, salmon, udang, lobster, ikan, dan telur. Beberapa makanan tersebut dapat membantu melancarkan proses metabolisme dalam tubuh anda. Sedangkan untuk sayuran anda dapat memilih bunga kol, kubis, mentimun, brokoli, bayam, seledri dan lain-lain. Ketika anda mengkonsumsi sayuran dengan jumlah banyak tidak akan membuat anda gemuk, sebabnya karena sayuran itu digunakan untuk mencukupi kebutuhan lemak sehat.

Terdapat banyak metode dalam cara menurunkan berat badan:


  • Mengatur jadwal makan sendiri dengan teratur dan jumlah yang secukupnya saja.
  • Menghentikan konsumsi makanan cepat saji.
  • Berhenti untuk merokok.
  • Kurangi asupan daging dan lemak.
  • Waktu tidur yang cukup agar memulihkan tenaga dengan sempurna.
  • Hindari untuk membeli makan di luar agar meminimalisir adanya kandungan zat berbahaya.
  • Melakukan olahraga dipagi hari atau sore hari dengan teratur.
  • Kurangi minum dengan tambahan gula.
  • Perbanyak asupan buah-buah segar dan sayuran.
  • Perbanyak mengkonsumsi makanan pembakar lemak yaitu protein.
  • Perbanyak konsumsi makanan berkalori negatif yakni sayuran, buah dan kacang-kacangan.
  • Perbanyak mengkonsumsi makanan ber GI rendah seperti roti gandum, beras merah, pasta gandum, ubi, jamur, brokoli,apel, pri, jeruk, pisang, madu, selai dan susu kedelai.
  • Perbanyak asupan lemak tak jenuh tunggal seperti minyak zaitun, minyak omega-3 lemak tak jenuh ganda pada ikan, makanan laut, sayuran berdaun hijau dan minyak walnut. Selain menurunkan lemak tidak sehat dalam tubuh, juga membantu mengurangi dan mencegah penyakit jantung.
Buatlah menu sehat untuk diri anda, walaupun tidak bisa memasak tetapi jangan khawatir karena di internet sudah banyak tips untuk memasak menu sehat. Selain membantu dalam menurunkan berat badan juga dapat membantu dalam menghemat uang. Jangan lupa untuk menyeleksi bahan makanan sebelum di masak agar asupan gizi tetap seimbang. 

Aturlah jadwal makan dengan bertahap agar target berat badan dapat dicapai. Tidak hanya itu saja, minuman juga berkontribusi dalam menurunkan atau menaikkan berat badan, misalnya saja alkohol dan soda yang dapat membuatmu lebih gendut. Minuman alkohol memang tidak mengandung lemak, namun bisa menambah 7 kalori dalam setiap gramnya.

Dalam melakukan olahraga juga tidak perlu menggunakan beban berat dan usaha besar. Hal yang wajib untuk dilakukan yaitu melakukan gerakan sederhana di rumah selama minimal 15 menit seharinya. Variasi gerakan olahraga mudah anda dapatkan di internet. Olahraga dan diet sehat merupakan satu paket jika anda ingin menurunkan berat badan dengan aman. Iringi juga dengan konsumsi buah untuk mengganti cemilan. Makan buah dapat mengobati rasa lapar karena mengandung gula alami.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar