Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

3 Masjid Terunik di Indonesia


masjid terunik di Jogja

 

Masjid merupakan tempat ternyaman di dunia. Bahkan jika masih berada di berandanya saja, suasana nyaman tersebut sudah sangat terasa, dan ini sudah dibuktikan oleh banyak orang. Nah, di balik kenyamanan yang diturunkan Allah ke dalamnya, kini masjid sudah didesain sedemikian rupa, bahkan di Indonesia sendiri kamu bisa menemukan beragam bentuk masjid, dari yang memiliki kubah hingga yang masih menyerupai tempat ibadah lain. Hal ini karena memang sudah semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga berbagai desain masjid sudah mulai bermunculan. 

Dan kini, masjid yang didesain juga biasanya akan dibangun dengan kapasitas jamaah yang sangta banyak, agar jika hari-hari besar Muslim, semua orang bisa beribadah di masjid dengan nyaman,
Oleh karena itu, yuk simak beberapa masjid terunik yang ada di Indonesia, yang selain artsitekturnya super indah, megah, unik, masjid-masjid ini juga dibangun dengan ukuran yang besar. Sehingga, kamu bisa menyambangi masjid-masjid tersebut, dan merasakan sensasi beribadah di dalamnya.

Masjid Cheng Ho di Surabaya


Pernah ke Surabaya? Jika sudah, wisata kemana saja? Apakah kamu pernah mendengar bahwa di Surabaya ada sebua masjid dengan bentuknya yang super unik? Nah, apabila kamu menyaksikan masjid satu ini, maka kamu akan mengira, bahwa Masjid Cheng Ho ini adalah klenteng, atau tempat ibadah agama lain, padahal sebenarnya, itu masjid, dan dijadikan sebagai tempat ibadah semua umat Muslim. Lokasi Masjid Cheng Ho ini ada di Ketabang Genteng, Surabaya, dan merupakan satu-satunya masjid yang mempunyai arsitektur unik, yakni perpaduan budaya Arab dengan China yang ada di Surabaya. Dan masjid satu ini dibangun sebagai lambang, bahwa umat Muslim menghormati segala perbedaan yang ada, asal tidak menyangkut masalah akidah mereka.

Masjid Al-Nurumi di Jogjakarta

Masjid terunik yang kedua adalah Masjid al-Nurumi yang ada d Jogja. Masjid al-Nurumi ini hadir dengan bangunan yang super unik. Ketika pertama kali melihat bangunan masjid ini, kamu akan mengira bahwa Masjid al-Nurumi adalah toko kue ataupun tempat bermain anak-anak. Hal ini karena memang bentuknya sangat-sangat indah. Kamu akan menemukan warna bangunan masjid yang warna-warni. Bentuknya seperti ikon Moskow. 

Bahkan, kubah masjid ini sama seperti lollipop, gaya bangunannya adalah daya Tarik tersendiri, yakni seperti bangunan yang ada di Rusia. Meski seperti bangunan di Rusia, namun msetiap elemen di masjid ini mempunyai makna yang dalam, salah satunya adalah kubahnya yang berjumlah tujuh buah. Dan menurut kisah yang beredar, masjid al-Nurumi dibangun oleh seorang wanita yang ketika umrah, melakukan rihlah ke Rusia, dan dia berniat ingin membangun masjid dengan arsitektur Rusia sekembalinya dari mumrah.

Masjid Raya Sumatera Barat, Padang

Masjid terunik yang ketiga adalah Masjid Raya Sumatera Barat, Padang. Masjid Raya Sumbar ini dibangun pada tahun 2007, dan rampung tujuh tahun setelahnya. Lamanya proses pembangunan masjid ini diakibatkan adanya bencana alam yang tak terduga. Desainnya super keren dan merupakan hasil dari sayembara arsitektur yang telah diikuti oleh banyak sekali arsitektur handal dari banyak Negara. Lokasinya ada di Jalan Khatib Sulaiman, Alai Parak Kopi, Padang Utara. Tahukah kamu, bahwa masjid ini bisa menampung jamaah sebanyak 5.000 orang. Tak hanya itu saja, ia bahkan tak mempunyai kubah sebagaimana masjid pada umumnya. Bentuk masjid satu ini dibuat seperti layaknya rumah adat minang.


Itulah dia beberapa masjid terunik di Indonesia. Jika kamu memiliki rezeki untuk berkunjung ke beberapa daerah tersebut, tak ada salahnya untuk singgah ya. Semoga bermanfaat.



Ilmu Hadis
Ilmu Hadis Ilmu hadis merupakan salah satu jurusan yang mulai diminati oleh banyak calon Mahasiswa.

Posting Komentar untuk "3 Masjid Terunik di Indonesia"