Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dua Tips Public Speaking yang Ampuh

 

tips publik speaking

Public Speaking merupakan keahlian yang meski dimiliki oleh semua orang, terutama yang sedang menyandang gelar mahasiswa. Hal ini karena memang mahasiswa diminta untuk bisa mempresentasikan tugas, hasil penelitian, makalah atau apapun itu ke depan kelas. Terlebih lagi, ketika akan menghadapi kelulusan. Makasiswa akan menghadapi sidang kelulusan. Kebutuhan inilah yang kemudian membuat banyak mahasiswa mulai galau dan diliputi rasa tidak percaya diri ketika belum mempunyai kemampuan public speaking yang mumpuni di depan kelas ataupun di luar kelas. 


Bagi kamu yang merasa skill public speakingnya masih kurang, kamu bisa kok mengikuti beberapa tips public speaking berikut ini. Tips public speaking di bawah ini sangat simple, dan kamu pasti bisa mempraktekkannya.


Aktif Berorganisasi

Tips public speaking yang pertama adalah dengan aktif berorganisasi. Organisasi merupakan salah satu wadah yang paling cocok untuk kamu manfaatkan sebagai tempat belajar dan mengasah kemampuan public speaking kamu. Di sana kamu akan mendapatkan banyak sekali pelajaran dan kesempatan yang berharga untuk mengasah public speaking. Misalnya adalah dengan memanfaatkan rapat-rapat yang diadakan. Ketika rapat, jangan pernah malu untuk mengemukakan ide dan gagasan kamu, karena dari situlah kamu akan belajar untuk menyampaikan pendapat, ide, gagasan, dan lain sebagainya.


Pilihlah kalimat yang memang benar-benar kamu anggap pas, atau kalimat ala kadarnya juga tak mengapa, karena mereka juga pasti memahami proses belajar kamu. Kemudian ketika memang ada acara, dan kebetulan tengah membutuhkan MC atau moderator, jangan pernah ragu untuk mengambil kesempatan tersebut. Tunjuk diri kamu sebagai petugas MC atau moderatornya. Hal ini sangat membuktikan bahwa dengan hal-hal sederhana tersebut kamu bisa mengasah kemampuan public speaking kamu loh. 


Mulai sekarang cobalah untuk aktif di organisasi dan jangan hanya menjadi buih di lautan. Jadilah aktif di sana dan kemukakan semua ide kamu, beranilah untuk maju ke depan. Tak berapa lama setelah aktif di organisasi, kamu akan mempunyai public speaking yang bagus dan hasilnya sangat fantastis. percayalah. Kamu bahkan bisa saja tidak menyadarinya. 


Selalu Bertanya di Kelas atau Forum-forum

Tips public speaking yang kedua adalah dengan selalu bertanya. Nah, cara kedua ini bisa kamu lakukan di dalam kelas ketika dosen sedang menjelaskan dan ada sesi tanya jawab. Cobalah untuk bertanya, jangan pernah malu untuk bertanya. Tanyakan apapun yang memang kamu anggap belum kamu kuasai atau jika teman kamu ada yang sedang presentasi, cobalah juga untuk menanyakan. Kesempatan ini adalah kesempatan emas yang paling baik untuk melatih public speaking kamu.

Jangan pernah ragu atau takut salah ya, karena jika memang pertanyaan kamu kurang tepat itu akan menjadi sebuah koreksi dan sekaligus menjadi sebuah pembelajaran kepada kamu, paling tidak, kamu sudah mulai berani. Meski terbilang sangat sederhana, banyak orang yang menyepelekan kegiatan bertanya ini. Cobalah untuk benar-benar memanfaatkan kesempatan di kelas untuk bertanya ya.

Apapun momen yang tengah kamu jalani saat kuliah, cobalah mengambil peran, perlahan namun pasti, skill luar biasa ini akan mulai terlihat kok, ya asalkan kamu rajin dan memang gigih ya.
Itulah dia dua tips public speaking yang bisa kamu praktekkan sekarang juga. Intinya adalah mencoba berani dan tidak malu, sebab jika kamu mulai takut, di situlah kegagalan mengambil perannya untuk terus menakut-nakuti kamu. Semoga bermanfaat.


Ilmu Hadis
Ilmu Hadis Ilmu hadis merupakan salah satu jurusan yang mulai diminati oleh banyak calon Mahasiswa.

Posting Komentar untuk "Dua Tips Public Speaking yang Ampuh"