Bagaimana Sih Bisnis Untuk Pemula? Yuk Simak Tips Jalani Aja Dulu

Daftar Isi

Halo sobat PustakawanBarru.com, disini Admin akan berbagi apa yang saya ketahui apa yang saya telah baca dan apa yang saya pahami seputar tips tips berbisnis baik itu bisnis offline ataupun online. Melalui artikel ini saya akan berbagi sedikit tips bagaimana sih memulai bisnis di rumah buat temen-temen semua misal seperti yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga atau mahasiswa. Temen-temen yang sedang mencari-cari Peluang Bisnis Online Terbaik Tanpa Modal dan Dimulai Di Rumah, semoga tips yang akan saya bagikan ini mungkin akan sedikit membantu teman-teman dalam memulai bisnis di rumah dan mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi temen-temen semua.

Baca Juga : Cara Beli Token Listrik Bayar Belakangan


Bagaimana Sih Bisnis Untuk Pemula? Yuk Simak Tips Jalani Aja Dulu

Nah, langsung saja ada lima poin yang dapat dipelajari tentang memulai bisnis di rumah berikut ini. 

#1. Jenis Usaha

Pertama yaitu tentukan jenis usahanya dulu dong. Banyak sekali usaha di sekitar kita, nah untuk memulai suatu usaha tentunya kita harus menentukan dulu jenis usaha seperti apa yang akan kita jalankan. Pilih salah satu dulu, jangan main jalan gitu aja. Terus usaha seperti apa yang cocok dikerjakan di rumah? Misalnya saja jasa catering atau bisnis camilan rumahan yang menjanjikan, bisnis kue kering, bisnis jualan alat rumah tangga, bisnis laundry kiloan dan masih banyak lain lagi. Pilihlah jenis usaha yang bisa teman-teman kerjakan sesuai dengan kemampuan temen-temen. Saya akan carikan dan akan saya buatkan artikel tentang peluang-peluang bisnis apa saja yang memiliki potensi dan bisa dikerjakan di rumah. Karena itu temen-temen sering sering ya berkunjung ke web saya hehe.
Baca Juga : Bisnis Pulsa, Usaha Kecil Menjanjikan

#2. Hobi

Oke mari kita lanjutkan lagi, setelah tips yang pertama yaitu memilih ide usaha yang tepat dengan kemampuan teman-teman, tentunya tips yang kedua yaitu selaraskan dengan hobi atau kegemaran teman-teman segala sesuatu yang dilakukan dengan senang hati maka akan optimal hasilnya. Trust me it’s work. Jadi jika temen-temen di sini ingin menggeluti sebuah bisnis sampingan di rumah maka sebaiknya berbisnislah yang tidak jauh dari hobi atau kegemaran temen-temen. 

Misalnya jika temen-temen gemar memasak yang cocok adalah memulai usaha catering atau warung nasi sederhana, dengan modal yang relatif kecil gak terlalu besar tetapi jika ditekuni dengan sungguh-sungguh akan memberikan penghidupan yang layak bagi temen-temen itu hanya salah satu contoh saja dan nggak harus di bidang masak-masak, bisa juga misalnya memelihara ikan hias atau misalkan temen-temen punya komunitas bersepeda, teman-teman bisa mulai usaha jualan aksesoris dan spare part sepeda dan teman-teman bisa jadikan komunitas teman-teman itu, sebagai target pasarnya, menyenangkan tapi juga menghasilkan.
Baca Juga Dapatkan Penghasilan dengan Menjadi Agen Pulsa Murah 4500

#3. Trend

Lanjut ke poin berikutnya yaitu lihat trend yang sedang berkembang, memulai bisnis kecil di rumah juga bisa dilakukan dengan melihat trend yang sedang digemari banyak orang saat ini. Saya kasih contoh teman-teman pasti tahu dong sesuatu yang sedang ngetren di masyarakat saat ini

ya ini Bisnis Pulsa Elektrik. Usaha itu berpotensi banget loh teman-teman, bisa kita lihat di mana-mana orang menggunakan handphone. Nah, tentunya para pengguna handphone tersebut pasti membutuhkan pulsa dan kuota untuk berkomunikasi baik melalui via SMS, Telepon, WA, dan masih banyak lagi. Itulah salah satu contohnya sesuatu yang sedang ngetren ternyata bisa dijadikan usaha sampingan yang menggiurkan bukan. 

#4. Perencanaan

Lanjut ke point berikutnya yaitu buat perencanaan secara matang. Jika teman-teman sudah menentukan jenis usaha apa yang akan dijalankan apakah kira-kira sudah sesuai kemampuan temen-temen, hobi ataupun yang sedang ngetren, langkah selanjutnya yang harus teman-teman lakukan adalah buat perencanaan secara matang karena perencanaan itu sangat penting teman-teman.
Baca Juga : 6 Ide Bisnis Usaha Sampingan yang Sesuai dengan Wanita Karier
Tanpa Rencana yang matang sebuah usaha akan sulit untuk berkembang. Kata almarhum Om Bob Sadino jangan kebanyakan mikir, pakai perencanaan yang matang malah kebanyakan mikir. Kalo mikirin mulu, mulai usahanya kapan dong. Maksudnya, rencana yang matang nggak harus yang terlalu rumit dan bikin otak kepanasan, sewajarnya aja. Misalnya darimana produknya, bagaimana dapat rekan atau mitra usaha, misalnya supplier. Terus target pasarnya siapa, harganya berapa, cara memasarkannya bagaimana. Saya rasa segitu juga sudah cukup gak perlu yang terlalu mendetail yang akhirnya malah nggak ada action.

#5. Action

Poin berikutnya yaitu action, teman-teman segera aja action atau kerjakan, lakukan dan laksanakan. Kalau rencana usaha itu ditunda-tunda malah nggak jadi, kalau teman-teman nunggu buat ngumpulin modal dulu silakan, asalkan jangan kelamaan ya. Karena kalau kelamaan ditunda rancangan yang sudah tergambar jelas di pikiran temen-temen lama-lama memudar dan hilang hasrat untuk memulainya. Apa lagi kalau usaha yang akan kita pilih dan dijalankan yaitu yang lagi ngetrend saat ini, bila kelamaan trendnya malah semakin menurun, karena sesuatu yang ngetren lama-kelamaan akan digantikan dengan tren yang baru. Jadi, jangan terlalu memikirkan terlalu lama. Bagaimana nantinya jalani aja dulu, toh kita sudah punya rencana kan. Kalau misal belum berhasil ya tinggal cari letak kesalahannya di mana, terus perbaiki dan jalankan lagi.
Baca Juga Inilah Peluang Usaha Bisnis Pulsa Tanpa Modal untuk Ibu Rumah Tangga
Teman-teman bisa belajar tuh sama anak-anak yang suka main game, tanya sama mereka kalau misalnya saat mereka gagal dan muncul tulisan game over. Mereka bahkan semakin penasaran semakin termotivasi untuk menyelesaikan apa yang telah mereka mulai. Hanya dengan satu kegagalan saja kita sudah menyerah, orang-orang sukses itu, maka sudah akrab dengan yang namanya kegagalan, kata kegagalan dalam kamus mereka ganti dengan kata belum berhasil. Jadi jangan katakan, saya sudah gagal, tapi katakan saya belum berhasil. Jadi segeralah ambil tindakan  dengan mulai dari cari ide, buat rencana, dan jalankan. Kalau bingung gimana caranya, cari aja di mbah google atau cari di youtube.

Saya mau cerita sedikit tentang pengalaman saya sewaktu  masih kuliah, saya itu ingin cari uang tambahan buat membiayai kuliah. Supaya bisa membantu orang tua. Dan saya bingung apa yang bisa dijual, teman saya itu orangnya pendiam, nggak pandai nawar nawarin barang, suatu ketika saya nyasar pada artikel tentang Cara Memulai Bisnis Pulsa Tanpa Modal, saya pun penasaran dan langsung bergabung saja. Kemudian saya pun mencoba menjalankan triknya mulai dengan menawarkan ke teman-teman terdekat, keluarga dan teman-teman di sosial media seperti facebook.
Baca Juga : Berbisnis PPOB Tanpa Deposit, Mungkin atau Tidak, Ya?
Saya pun mencoba belajar membuat blog pulsa, dan Alhamdulillah dari usaha pulsa ini setidaknya saya bisa membiayai kuliah hingga selesai, dan sampai detik ini saya masih bisa menikmati penghasilan puluhan juta perbulan di bisnis pulsa ini. Ya itulah sedikit cerita yang mungkin bisa teman-teman ambil manfaatnya, jadi usaha itu bisa datang dari mana saja.

Masih bingung nih apa yang bisa temen-temen jadikan usaha sampingan? STOP CARI ALASAN! Ikut Gabung Agen pulsa aja bersama saya. Anda bisa memilih server pulsa yang Anda suka di website ini di daftar server pulsa terpercaya, kalau masih kurang bisa cari di google atau silahkan kontak kami melalui kolom komentar di bawah ini. 

Setelah ketemu server pulsa sesuai kriteria yang dicari, langsung daftar saja kemudian kerjakan dan yang paling penting yang tak boleh terlewatkan adalah doa. Meskipun tidak saya tulis di poin-poin tadi, tapi doa adalah faktor utama yang mempengaruhi usaha anda, terutama doa kedua orang tua, kalau orang tua sudah merestui dan mendoakan apa yang akan temen-temen kerjakan, tuhan akan meridhoi usaha temen temen kok.
Baca Juga : Bisnis Sampingan Dengan Modal Kecil Untung Berlimpah

Demikianlah pembahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi temen-temen semua. Share artikel ini agar kita bisa sukses bareng-bareng.
EDY SYAM
EDY SYAM Seorang yang Suka Online, Kuliner dan Travelling.

Posting Komentar