Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan cepat

Cara menghilangkan jerawat dengan cepat sudah pasti diinginkan oleh setiap orang, terutama buat kaum hawa yang ingin tampil dengan wajah bersih.

Maka dari itu jangan heran jika di luar sana ada banyak sekali obat kimia beredar dan tak jarang seorang penderita tergiur dengan iming-iming bisa menyembuhkan wajah mereka dengan cepat.

Namun kami sendiri tidak menganjurkan penggunaan obat-obatan kimia yang tidak menutup kemungkinan akan berdampak buruk bagi wajah kedepannya.

Kami yakin bahwa semua orang ingin membasmi jerawat bandel yang ada di wajah mereka tanpa resiko, maka salah satu cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tidak berdampak buruk pada wajah ke depannya.

Disini kita tidak akan membahas mengenai apa itu jerawat? Apa penyebab jerawat? Dan lain-lain.

Tapi kita langsung pada inti pembahasan mengenai cara menghilangkan jerawat secara alami, karena kami menganggap bahwa anda semua sudah pasti tahu apa itu jerawat dan apa penyebabnya?

Namun ada yang kami anggap wajib anda ketahui sebelum melakukan pengobatan, anda harus memahami perbedaan jerawat aktif dan bekas jerawat, serta beberapa yang wajib anda lakukan jika benar-benar ingin sembuh.

Jerawat aktif terlihat memerah, menonjol dan menimbulkan rasa sakit sedangkan bekas jerawat terlihat mulai menghitam, kempes atau bahkan membentuk kawah dan tidak sakit.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan cepat

Kemudian ada beberapa hal yang wajib di lakukan selama pengobatan jerawat tentunya agar jerawat cepat hilang dan sembuh, diantaranya sebagai berikut:

  • Hindari terkena sinar matahari secara langsung yang berlebihan
  • Bersihkan wajah minimum 2 kali dalam sehari selain mandi.
  • Hindari memakan makanan berminyak misalnya daging dan kacang-kacangan
  • Dan yang terakhir jerawat jangan di pencet, karena dapat menjadi lebih ganas.

Ada beberapa cara yang akan kita bahas mengenai cara menghilangkan jerawat, diantaranya dengan menggunakan bahan-bahan alami dan dengan cara pola hidup sehat, tentu cara-cara ini tidak ada efek samping nya tapi justru menyehatkan.

Satu hal yang perlu di ketahui bahwa sebanyak apapun metode atau cara menghilangkan jerawat yang ada disini atau di luar sana, jika bukan dari diri anda sendiri itu sangat mustahil, bersungguh-sungguh dan konsisten jika anda benar-benar ingin sembuh.

Cara menghilangkan jerawat dengan Pola Hidup Sehat

Cara menghilangkan jerawat yang pertama akan kita bahas dengan cara pola hidup sehat, karena ini sangat mudah dan bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari kita.

Tapi kembali lagi dengan apa yang disebutkan di atas bahwa semudah apapun caranya jika buka kemauan anda sendiri itu sangat mustahil, semua kembali Kediri masing-masih dan tentunya diawali dengan niat yang tulus dan ikhlas.

Ingat hadits tentang niat yaitu:

    “Innama’l a’malu binniyat, wa innama likulli ‘mri‘in ma nawa”

    Artinya: Sesungguhnya perbuatan itu bergantung pada niat, dan sesungguhnya setiap orang mendapat apa yang diniatkannya.

Disana sangat jelas bahwa segala perbuatan tergantung pada niat, jadi sebelum mengerjakan cara menghilangkan jerawat dan apapun itu hendaknya diawali dengan niat.

Jika semua sudah siap dimulai dengan niat dan tekat yang bulat bahwa anda benar-benar ingin sembuh dari jerawat mari kita mulai.

1. Cuci muka minimum 2 kali sehari

Dengan produksi minyak yang berlebih,bakteri dan sel kulit mati pada wajah sebenarnya itu akan menjadi awal dari jerawat, maka dengan mencuci muka minimum 2 kali sehari akan membersihkan wajah anda dari bakteri dan sel kulit mati.

2. Mandi

Mungkin selama ini anda mandi 2 kali dalam sehari, tidak ada salahnya untuk mandi 3 kali sehari karena mandi dapat membersihkan keseluruhan kulit dan membuat wajah lebih segar.

3. Hindari pemakaian kosmetik berlebihan

Jika jerawat terus membandel walaupun masa puberitas sudah lama berlalu, ada baiknya anda perhatikan apakah sering menggunakan kosmetik atau tidak.

Nah jika anda sering menggunakan kosmetik ada baiknya mengurangi atau menghentikan penggunaannya, apa lagi menggunakan kosmetik yang tidak jelas asal usulnya.

Ada banyak kosmetik yang mengandung bahan kimia justru akan memperbanyak jerawat pada wajah anda. Jadi hati-hati dalam penggunaan kosmetik

4. Jangan menyentuh wajah atau jerawat

Ini terkesan sangat sederhana dan mudah akan tetapi hal tersebut tidak disadari oleh sebagian orang. Sesungguhnya tangan mengandung banyak kotoran dan bakteri dari berbagai kegiatan dalam sehari-hari.

Cara ini sangat mudah tapi bisa berdampak baik bagi wajah yang berjerawat, jadi sebisa mungkin anda hindari menyentuh wajah, jika anda tidak yakin kalau tangan anda benar-benar bersih.

5. Olahraga teratur

Jika sedang berolahraga pasti akan berkeringat, dengan mengeluarkan keringat bertujuan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh kita. Dengan berkeringat dapat membantu membasmi jerawat bandel yang ada pada wajah anda.

6.Hindari Stres

Tahukah anda bahwa ketika anda stress dapat memicu peningkatan produksi hormon yang dapat menimbulkan jerawat pada wajah anda, jadi hindari lah stress.

7. Tidur yang cukup

Dengan tidur yang cukup dan teratur dapat menghilangkan jerawat dengan cepat dan mudah, selain untuk menghilangkan jerawat ini juga sangat baik untuk kesehatan, jadi tidak ada salahnya untuk menjaga tidur anda tetap teratur.

8. Minum air putih yang banyak

Air putih sebenarnya dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh yang bisa saja menjadi penyebab timbulnya jerawat pada wajah anda.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alamiah

Berikut ini merupakan beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami tanpa mengandung bahan kimia dan tanpa efek samping.

1. Menggunakan Es Batu

Tidak hanya menyegarkan, es batu juga dapat kita manfaatkan sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami.

Lalu bagaimana cara kerjanya?

Es batu dapat meningkatkan sirkulasi darah dan memperlancar peredaran darah, karena lancarnya peredaran darah dapat membantu untuk menghilangkan jerawat bandel pada wajah anda.

Bukan hanya itu es batu bisa membasmi bakteri, wajah berminyak serta dapat membersihkan kotoran pada kulit wajah.

Ini sangat membantu untuk membasmi jerawat bandel pada wajah dan tentunya alami dan tanpa efek samping.

Terus bagaimana cara penggunaannya?

  • Siapkan Es Batu secukupnya
  • Lalu bungkus dengan kain bersih
  • Tempelkan es batu yang telah dibungkus tadi pada bagian jerawat
  • Diamkan beberapa menit dan ulangi 15 kali sampai 20 kali
  • Yang terakhir lakukan langkah tersebut diatas secara teratur dan rutin sampai jerawat benar-benar kempes.

2. Menghilangkan jerawat dengan air seni

Mungkin ini terdengar sedikit ekstrim dan menjijikan tapi sebuah penelitian telah membuktikan bahwa urin mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit, termasuk jerawat.

Hal tersebut dinamai dengan Urotherapy, Urotherapy ini telah beberapa kali di perkenalkan kepada dunia, salah satunya melalui komunitas shrine.

Komunitas tersebut telah menjelaskan bahwa urotherapy atau terapi urin salah satu pengobatan secara alamiah yang dapat anda pertimbangkan untuk menghilangkan jerawat bahkan penyakit kulit yang lain.

Lalu bagaimana cara penggunaannya? Apakah di minum?

Yah, ada yang menganjurkan untuk meminum air seni kita sendiri, tentu saja ini hal yang sangat ekstrim dan saya yakin jarang yang ingin mencobanya, tapi ahli mengatakan bah hal tersebut sangatlah efektif untuk menghilangkan jerawat.

Mungkin cara yang kedua ini menjadi pilihan anda karena tidak perlu meminum urin, cukup dengan membasahi kain atau handuk kecil dengan air seni/air kencing lalu menempelkan ke wajah yang berjerawat.

Anda juga bisa mencampur urin dengan pelembab dan menggunakannya.

3. Cara Menghilangkan Jerawat dengan Madu

Madu merupakan salah satu herbal yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit salah satu manfaat madu yaitu dapat menghilangkan jerawat.

Apa fungsi madu untuk jerawat?

Madu memiliki zat antibiotik yang sangat tinggi dan dapat membantu mencegah infeksi dan proses penyembuhan pada kulit. Tapi harus diingat bahwa madu tidak cocok buat kulit sensitive.

Terus, bagaimana cara menggunakannya?

  • Oleskan madu pada wajah yang berjerawat
  • Gunakan kapas yang bersih
  • Lalu diamkan sekurang-kurangnya 30 menit
  • Kemudian bilas dengan air bersih

4. Menggunakan Uap

Uap bisa membantu anda menghilangkan minyak dan bakteri yang berlebih pada wajah.

Cara penggunaannya sebagai berikut:

  • Isi mangkuk atau sejenis dengan air panas
  • Arahkan wajah anda tepat diatasnya
  • Diamkan selama beberapa menit
  • Ulangi hingga beberapa kali
  • Kemudian bilas wajah dengan air hangat

5. Menggunakan jeruk nipis

Manfaat jeruk nipis untuk kecantikan telah diketahui sejak dahulu kala karena diyakini dapat memberikan manfaat bagus untuk perawatan wajah khususnya menghilangkan jerawat.

Berikut cara menggunakannya:

  • Siapkan buah jeruk nipis
  • Potong-potong dan peras jeruk nipis hingga 2 sendok
  • Campur dengan madu 2 sendok
  • Lalu oleskan pada wajah yang berjerawat
  • Cukup dengan mendiamkannya selama 10 hingga 20 menit
  • Kemudian bilas dengan air
  • Jika ingin mendapat hasil yang maksimal, lakukan secara rutin cara tersebut.

5. Menggunakan pasta gigi

Tahukah anda jika pasta gigi yang sering anda gunakan setiap hari bisa membantu menghilangkan jerawat.

Adapun cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi sebagai berikut:

  • Pastikan terlebih dahulu permukaan jerawat telah bersih
  • Lalu oles lokasi jerawat dengan pasta gigi
  • Gunakan sebelum tidur
  • Ketika bangun di pagi hari, bilas dengan air hangat

Pastikan pasta gigi putih yang anda gunakan bukan yang berwarna dan pastikan kulit anda tidak iritasi.

6. Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya

Selama ini kita tahu bahwa lidah buaya sering di gunakan untuk rambut tapi siapa sangka lidah buaya ini juga bisa di gunakan untuk menghilangkan jerawat.

Manfaat lidah buaya dapat mengurangi peradangan yang diakibatkan jerawat dan kemerahan terhadap jerawat.

Lidah buaya juga dapat mengurangi minyak pada kulit wajah, seperti yang sudah berapa kali disebutkan diatas bahwa minyak ini penyebab utama jerawat.

Lalu bagaimana cara menggunakannya :

  • Ambil dagingnya saja
  • Buat menjadi gel kemudian oleskan pada bagian wajah yang berjerawat.
  • Diamkan kurang lebih 30-40 menit
  • Lakukan secara teratur sampai jerat benar-benar hilang.

7. Gunakan Daun Pepaya

Manfaat daun pepaya sangat banyak diantaranya kandungan nutrisi serta anti oksidan yang bisa digunakan untuk kulit dan dapat digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan jerawat.

Berikut cara menggunakan daun pepaya sebagai bahan utama untuk menghilangkan jerawat.

  • Ambil 5 lembar daun pepaya
  • Jemur hingga keringkan
  • Tumbuk dan campur sedikit air
  • Setelah menjadi pasta oleskan pada bagian wajah yang berjerawat
  • Diamkan 10 sampai 30 menit
  • Kemudian bilas dengan air hangat
  • Ini dilakukan pada malam hari

8. Cara menghilangkan jerawat dengan mentimun

Mentimun juga dapat anda gunakan untuk membasmih jerawat membandel dengan menggunakannya sebagai masker wajah, mentimun itu sendiri berfungsi sebagai antiinflamasi yang cocok untuk mengobati jerawat.

Berikut caranya:

  • Tumbuk mentimun hingga halus
  • Kemudian jadikan masker
  • Diamkan selama 30 menit atau lebih
  • Bersihkan wajah dengan air hangat
  • Lakukan langkah-langkah ini secara teratur dan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami diharapkan jerawat bandel di wajah Anda hilang.

Dengan cara alamiah dan pola hidup sehat tentunya akan lebih baik ketimbang menggunakan bahan-bahan kimia yang tidak baik untuk kedepannya.

Sekali lagi semua harus dimulai dengan niat, pola hidup sehat dan dengan cara-cara alamiah, jika segala cara baik yang ada pada artikel ini atau yang anda dapat di luar sana namun jerawat belum kunjung pergi meninggalkan wajah anda, saran dari kami ada baiknya anda mendatangi dokter atau ahlinya.

Sekian dari kami semoga cara menghilangkan jerawat ini dapat bermanfaat, namun kami sadar bahwa kami hanyalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan, karena sesungguhnya kebenaran hanya milik Allah.

Jika ada kekeliruan atau ada yang ingin ditambahkan silahkan menghubungi kami melalui halaman contact us atau melalui kolom komentar. Terima Kasih

Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan cepat"