Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Oleh-oleh Khas Solo Yang Murah Dan Rame Peminat

Solo merupakan kota dengan penduduknya yang lemah lembut dan sopan dalam bertutur kata. Meskipun begitu ternyata Solo memiliki Oleh-oleh Khas Solo yang bisa anda bawa pulang ke kampung halaman anda.


10 Oleh-oleh Khas Solo Yang Murah Dan Rame Peminat



Oleh-Oleh Khas Solo

Jika anda datang ke Solo anda bisa mendapatkan makanan khas Solo yang bisa anda bawa karena benar-benar khas. Berikut oleh-oleh tersebut antara lain:

1. Intip

Pembuatan Intip berawal dari nasi yang menempel pada panci baru setelah itu dijemur di terik matahari. Setelah kering baru digoreng dengan minyak panas. Rasa Intip gurih, asin dan renyah. Ada juga yang berasa manis karena diberi gula jawa.

2. Ampyang

Ampyang adalah sebutan lain dari Gula Kacang. Bahan dasar Ampyang adalah kacang, gula merah serta jahe. Manis dan legitnya rasa Ampyang menjadi ciri khas tersendiri dari Gula Kacang ini. Gula merah yang ada dilelehkan terlebih dahulu kemudian dicampur dengan kacang kemudian dicetak sesuai bentuk yang diinginkan.

3. Serabi Solo

Berbahan tepung beras dan santan. Penggorengannya dilakukan di atas arang seperti pannekoek. Serabi Solo juga memiliki rasa-rasa yang lebih variatif dengan topping yang menarik pula. Bentuknya juga lebih variatif pula. Umumnya bentuknya bulat sedikit agak cekung. Tepinya lebih tipis dan kering menyerupai kulit kayu. Harganya hanya Rp. 1800 hingga Rp. 2000.

4. Roti Kecik Ganep

Roti Kecik Ganep adalah roti yang komposisinya berasal dari tepung ketan. Ketahanan roti ini bisa lama jika disimpan dengan cara yang tepat. Anda bisa makan roti ditemani teh hangat. Untuk harga tergantung ukurannya, jika 45 gram maka harganya Rp. 5000. Sedangkan untuk yang lebih besar anda bisa mendapatkannya dengan mengeluarkan uang senilai Rp. 57.000.

5. Abon Mesran Solo

Abon ialah makanan khas Solo yang terbuat dari daging sapi. Rasanya ada yang manis dan juga ada yang pedas. Anda bisa menjadikan lauk pengganti jika bosan dengan lauk biasanya. Untuk harganya minimal Rp. 35.000 untuk sebungkus abon.

6. Rambak Petis

Olahan sapi lainnya adalah rambak yang berasal dari kulit sapi. Ada juga yang dibuat dari kulit kerbau. Lebih nikmat jika anda memakannya dengan petis. Untuk rambak tanpa betis per kilogramnya Rp. 128.000, sedangkan jika ada petisnya maka harganya Rp. 132.000. Namun anda jangan khawatir ada yang dijual ecer juga.

7. Brem Solo

Brem Solo rasanya dingin di lidah, masam dan lumer sekalipun terlihat padat bentuknya di awal. Berasal dari olahan peragian air tape brem Solo bisa anda temui di hampir setiap toko Oleh-oleh Khas Solo.

8. Klengkam

Kering kentang yang ditambah dengan rempah-rempah disajikan sebagai pelengkap makanan. Rasa Klengkam begitu nikmat apalagi ditambah nasi. Jika anda ke Solo anda harus membeli makanan ini.

9. Serbat Jahe

Salah satu minuman penghangat ini adalah minuman yang khas di Solo. Anda tidak perlu membelinya dalam keadaan siap minum. Melainkan bisa dibeli dalam bentuk tablet yang bisa diminum kapan saja dan lebih tahan lama.

10. Srundeng

Srundeng tidak saja terbuat dari kelapa tapi ada juga yang berasal dari daging sapi. Yang berasal dari daging sapi bentuknya seperti abon. Rasanya gurih dan nikmat sekali.

Sekalipun merupakan makanan tradisional baik pengemasan atau bentuknya sekarang lebih menarik. Jika anda datang ke Solo anda harus membeli Oleh-oleh Khas Solo di atas agar menambah lengkap liburan anda. Apalagi makanannya adalah makanan-makanan yang menyehatkan dan bergizi, harganya juga murah.

Posting Komentar untuk "10 Oleh-oleh Khas Solo Yang Murah Dan Rame Peminat"