Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Special Ramadhan: Mengajarkan Anak untuk Berpuasa

Special Ramadhan: Mengajarkan Anak untuk Berpuasa, Bulan Ramadhan telah tiba, bulan yang suci dan hanya datang sekali dalam setahun tentu menjadi moment memperbanyak amal baik bagi umat islam. Di bulan ini seluruh umat islam yang sudah baligh tentu diwajibkan untuk berpuasa terkecuali bagi wanita yang berhalangan karena kodratnya.

Nah, bagi para orang tua yang memiliki anak-anak yang belum baligh (dewasa) juga diwajibkan untuk mengajarkan kepada mereka untuk berpuasa. Tujuannya untuk membiasakan sang anak menahan nafsunya, kelak mereka akan terbiasa tanpa mengeluh.

Special Ramadhan: Mengajarkan Anak untuk Berpuasa

Terkadang para orang tua merasa kesulitan dalam mengajarkan anaknya untuk berpuasa, namun jangan khawatir karena kewajiban mereka (anak yang belum baligh) belum sepenuhnya mereka tanggung.

Bagi para orang tua yang ingin mengajarkan anaknya berpuasa tetapi kesulitan, simak tips berikut ini agar dapat membantu menyemangati anak untuk menjalankan ibadah puasa.

  • Menyampaikan makna bulan Ramadhan, sebelum mengajari anak untuk langsung berpuasa, ada baiknya para orang tua menyampaikan makna dari bulan Ramadhan tersebut hingga anak paham mengapa mereka harus berpuasa. Tak lupa berikan mereka kisah menarik tentang berpuasa untuk menyemangati mereka.
  • Mulai dengan puasa bertahap, bagi anak yang belum baligh memang belum diwajibkan untuk berpuasa, maka mulailah dengan mengajarkannya untuk berpuasa tahap demi tahap agar anak terbiasa dan tidak bosan.
  • Mengajak anak sholat tarawih, hal ini tentu akan membuat anak mengenal lebih jelas tentang bulan Ramadhan. Untuk itu para orang tua perlu mengajak anak-anaknya untuk terjun langsung melakukan sholat tarawih selain disamping mengajarkan untuk berpuasa.
  • Berikan menu kesukaannya, anak-anak selalu punya menu kesukaannya sendiri. Untuk menambah semangatnya berpuasa, berilah mereka menu sahur dengan kesukaannya dan menu buka puasa yang mereka gemari. Tetapi bukan berarti hal ini perlu di biasakan, lakukannlah sesekali ketika anak mulai merasa bosan.
  • Berikan motivasi, hal ini wajib bagi para orang tua dalam mengajarkan anaknya untuk berpuasa. Terlebih anak-anak memang agak sulit untuk terbiasa melakukannya, untuk itu berikan ia motivasi menarik agar semakin bersemangat untuk berpuasa.

Nah, itu beberapa tips yang bisa saya bagikan untuk para orang tua.

Semoga dapat membantu para orang tua yang kesulitan mengajarkan berpuasa kepada anak-anaknya.

Posting Komentar untuk "Special Ramadhan: Mengajarkan Anak untuk Berpuasa"