Contoh Surat Lamaran Kerja dan Tipsnya

Menjelang kelulusan, kebanyakan anak sekolah pasti mencari-cari contoh surat lamaran kerja. Tidak sedikit dari mereka yang merasa kesulitan dalam membuat surat lamaran pekerjaan. Ada yang mengatakan bahwa mereka tidak bisa membuat rangkaian kata yang bagus, ada pula yang beralasan takut membuat kesalahan.

Contoh Surat Lamaran Kerja dan Tipsnya

Padahal apapun yang ditulis dalam surat tersebut tidak perlu terlalu dikhawatirkan karena sifatnya pribadi. Rangkaian kata dan kalimat pada surat lamaran juga tidaklah seperti pidato sedemikian rupa.

Surat lamaran kerja dapat dibuat dengan kata-kata sederhana. Malahan pada umumnya contoh surat lamaran kerja mengandung kata yang itu-itu saja sehingga kebanyakan mirip antara satu sama lain. Meskipun demikian, cukup wajar jika setiap pelamar ingin membuat surat lamarannya sebaik mungkin mengingat hal tersebut juga berpengaruh terhadap peluang diterima atau tidak. Berikut ini dijelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuat surat lamaran pekerjaan.

Tips dan Contoh Surat Lamaran Kerja

Bahasa yang Sopan

Bahasa surat juga sebaiknya ditulis dengan kata-kata yang sopan, terlebih lagi jika surat tersebut ditujukan kepada perusahaan. Misalnya jika sebelumnya Anda pernah bekerja di perusahaan lain, Anda tetap tidak boleh menjelek-jelekkan perusahaan tersebut atau menggunakan kata-kata dengan maksud tidak baik lainnya. Selain itu, hindari kalimat yang terkesan sebagai ancaman.

Bahasa Formal

Seperti yang sudah disebutkan di awal, surat memang bersifat pribadi. Namun, untuk sebuah instansi atau perusahaan resmi, menggunakan bahasa formal merupakan kunci utama agar isi surat Anda dapat diterima dan dimengerti dengan baik. Lihatlah contoh surat lamaran kerja dan tirulah demikian, atau berdiskusilah dengan orang yang sudah berpengalaman mengenal surat-menyurat secara resmi.

Tidak Menyebutkan Gaji

Anda hendaknya tidak menyebutkan gaji yang Anda inginkan jika tidak diminta oleh perusahaan. Kata-kata demikian bisa dianggap tidak sopan dan lancang sehingga mengurangi penilaian yang diberikan perusahaan tersebut terhadap Anda.

Jelas dan Singkat

Jangan membuat kalimat surat yang bertele-tele sehingga membuat orang yang membacanya menjadi bosan atau malah tidak dapat mengerti apa maksud dari isi surat tersebut. Cukup cantumkan hal-hal yang penting secara jelas saja.

Hindari Penyingkatan

Surat yang menggunakan terlalu banyak singkatan bahkan bisa jadi tidak digubris sama sekali. Cukup menggunakan singkatan yang umum pada contoh surat lamaran kerja, seperti Yth atau Ybs.

Tidak Meninggikan Diri

Membanggakan harta atau status keluarga Anda kepada suatu perusahaan tidaklah profesional. Faktanya, Anda sedang membutuhkan pekerjaan. Jadi, jagalah kata-kata Anda agar tetap menyenangkan untuk dibaca.

Bersikap Profesional

Jika ada kerabat Anda yang bekerja di perusahaan, terlebih lagi memiliki posisi yang cukup penting, tetaplah bersikap profesional dengan tidak sok akrab atau sok kenal dengan beliau. Gunakan kata-kata yang bersifat formal dan wajar.

Agar lebih jelas, perhatikan secara langsung contoh surat lamaran kerja berikut ini.

Kepada Yth.

Bapak Kepala Sekolah

SMA Tunas Harapan

Di Tempat


Dengan Hormat,

Saya mengetahui adanya lowongan pekerjaan di Sekolah Bapak. Oleh sebab itu, saya sangat berminat untuk ikut bergabung di dalamnya dan bekerja pada instansi yang Anda pimpin. Saya menyertakan juga data diri sebagai berikut ini.


Nama                                            : Sulastri Widya

Tempat, Tanggal Lahir                  : Sidoarjo, 16 September 1986

Agama                                          : Islam

Pendidikan                                    : S1 Pendidikan Bahasa Inggris, IPK 3,80

Perguruan Tinggi                           : Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Alamat                                           : Jl. Sawunggaling No. 984 Jemundo, Taman, Sidoarjo, Jawa Timur

Handphone                                      : 083877700112


Pengalaman kerja :

- Staff Pengajar di SMP Negeri 1 Sidoarjo Tahun 2009

- Staff Administrasi di PT. Prima Jaya di Surabaya Tahun 2011


Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan beserta data diri, semoga dapat dipertimbangkan untuk diterima sebagai pengajar di sekolah yang Bapak/Ibu pimpin.

Saya haturkan banyak terima kasih atas kebijaksanaan dan perhatian Bapak/Ibu sekalian.


Hormat saya


Sulastri Widya

Tidak begitu sulit, bukan? Anda dapat meniru secara langsung contoh surat lamaran kerja tersebut dengan menggunakan data diri Anda sendiri. Selamat mencoba!

0 Komentar