Bahaya Memencet Jerawat Wajah Sembarangan

Daftar Isi

Hati-hati bagi Anda yang berjerawat dan suka memencet sembarangan, karena bisa jadi efek yang ditimbulkan akan berakibat lebih buruk. Kok bisa? Menurut  Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memencet jerawat dapat menimbulkan jaringan parut.  Demikian juga menurut  Livestrong memencet jerawat bisa mengakibatkan kejadian di wajah seperti ini :

Bahaya Memencet Jerawat Wajah Sembarangan

1. Iritasi

Menurut penelitian Georgetown University Health Education Services memencet dan meremas hanya akan memperparah jerawat. Bahkan, jika pun ada perbaikan maka sifatnya hanya sementara, biasanya meski sudah dipencet jerawat masih akan tetap muncul lagi hal ini disebabkan  terjadinya iritasi atau peradangan bekas luka yang terbuka akan mudah bagi kotoran dan bakteri untuk masuk kembali ke wajah Anda

2. Perdarahan

Bila memencet terlalu kuat atau dalam biasanya keluar darah.  Bila jerawat berdarah, pori-pori yang tersumbat akan terbuka dan rentan bakteri tinggal pada  kulit wajah.

Bila hal itu terjadi maka sel-sel darah putih akan berperang dengan bakteri tersebut, pori-pori akan kembali tersumbat dan meradang. Inilah yang menjadikan  jerawat muncul  lebih besar  dari sebelumnya.

3. Infeksi

Masuknya bakteri ada jerawat yang dipencet akan menyebabkan infeksi pada pori-pori yang tersumbat, membuat daerah sekitar jerawat lebih memerah dan akhirnya meradang.

4. Jaringan parut dan bekas luka

Jerawat yang dipencet menjadikan luka dan menutupnya menjadi  jaringan parut. Bila ini terjadi  pori-pori akan tersumbat dan bisa merusak kulit secara permanen sehingga dapat meninggalkan bekas luka. Biasanya terjadi pada lesi jerawat yang bermasalah, seperti papula, pustula, nodul dan kista, dan itu  sangat tidak mengenakkan.

Cara  menghindari jaringan parut pada wajah dan kerusakan kulit permanen, jangan pencet atau menekan jerawat.

EDY SYAM
EDY SYAM Seorang yang Suka Online, Kuliner dan Travelling.

Posting Komentar