Tips Lowongan Pekerjaan Part Time

Mencari dan mendapatkan pekerjaan sekarang bukan lagi perkara gampang, ini dikarenakan pencari kerja yang terus bertambah sementara itu lowongan yang tersedia terbatas. Kemudian yang sudah bekerja pun terkadang mengalami kekurangan secara ekonomi sehingga harus menambah pekerjaan lagi. Untuk menyiasati hal tersebut baik karena belum punya pekerjaan atau yang sudah maka lowongan pekerjaan part time mungkin bisa menjadi jawabannya.

Tips Lowongan Pekerjaan Part Time

Lowongan pekerjaan part time menjadi pekerjaan yang bisa dilakoni demi memperoleh pengalaman kerja. Tujuan lainnya tentu untuk memperoleh penghasilan tambahan. Bahkan sekarang kerja part time menjadi tren tersendiri bagi mereka yang berstatus mahasiswa.

Keuntungan Lowongan Pekerjaan Part Time

Kerja part time sesuai dengan namanya berarti bekerja dengan jam kerja yang lebih pendek atau setengah dari jam kerja pada umumnya. Jenis pekerjaannya sendiri bisa berbagai macam mulai dari penjaga toko, delivery order, ghost writer sampai dengan fotografer freelance, bergantung pada keahlian kita masing-masing. Namun yang pasti jadwalnya jauh lebih fleksibel karena bisa disesuaikan dengan jam kuliah atau mungkin pelajar.

Apa keuntungan dari kerja part time? Yang pertama mari kita bahasa keuntungan bagi perusahaan. Tahukah Anda bahwa perusahaan pun membutuhkan mereka yang bekerja secara part time. Ini dikarenakan mereka punya cadangan calon karyawan tetap. Perusahaan pun bisa fokus dengan rencana utama dengan mendelegasikan pekerjaan ringan pada mereka yang part time. Gajinya pun lebih rendah tentunya. Nah, untuk Anda yang berstatus sebagai mahasiswa atau pelajar sendiri tentunya menguntungkan karena bisa mengisi waktu di luar dari kewajiban dengan menambah pengalaman kerja dan tentunya penghasilan tambahan.

Tips Lowongan Pekerjaan Part Time

Bagaimana cara memperoleh lowongan pekerjaan parti time, berikut beberapa tips bagi Anda yang ingin melamar sebagai pekerja part time:

  • Waktu lebih fleksibel, karena Anda bisa mengatur jadwal kerja dengan jadwal kuliah. Beberapa perusahaan memang mengerti dengan kondisi latar belakang sebagai mahasiswa, namun mereka senang untuk merekrut calon pegawai kelak yang potensial.
  • Sesuai dengan latar belakang pendidikan masing-masing. Tentu Anda bisa bekerja sesuai dengan latar belakang pendidikan Anda. Sebagai contoh, jika Anda adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi maka tidak ada salahnya mencoba sebagai penyiar radio, atau jika Anda berlatar belakang desain grafis maka bekerja di perusahaan periklanan bisa menjadi opsi baik.
  • Upah kerja yang masuk akal, upah kerja tentunya harus sesuai dengan upah minimal daerah di mana Anda tinggal.
  • Lokasi kerja. Sebaiknya lokasi pekerjaan Anda tidak jauh dari tempat tinggal atau kuliah sehingga memudahkan Anda untuk akses ke sana tanpa harus terbebani oleh ongkos lagi.

Ada beragam lowongan pekerjaan part time pula yang bisa Anda coba di sela-sela pekerjaan utama maupun kewajiban Anda semisalnya menjadi mahasiswa, yakni sebagai berikut:

  • Penulis artikel lepas untuk surat kabar atau majalah, atau menjadi seorang penulis artikel online yang menyediakan konten bagi website. Yang dibutuhkan adalah kemahiran untuk merangkai diksi.
  • Penjaga konter. Biasanya ada sistem shift dalam pekerjaan sebagai penjaga konter. Anda tidak perlu bekerja seharian, bukan?
  • Asisten dosen, bahkan Anda yang masih berstatus mahasiswa bisa menjadi asisten dosen.
  • Bekerja online di internet dengan ragam peluangnya yang bisa Anda coba.

Ada nilai plus pula bagi Anda yang berhasil mendapatkan lowongan pekerjaan part time khususnya Anda yang masih berstatus mahasiswa. Sebelum Anda lulus, Anda sudah mempunyai pengalaman bekerja dan ini bisa menjadi bekal yang baik untuk Anda menghadapi berbagai tantangan kerja dan karir.

0 Komentar