Breaking News

Tips Sukses Merencanakan Masa Depan Anak

Tips Sukses Merencanakan Masa Depan Anak - Apakah Anda masih ingat dengan cita-cita masa kecil Anda? Mungkin ada dari kita yang dulunya ingin jadi dokter, tentara, pilot, guru atau polisi ketika ditanya. Namun coba Anda lihat apakah cita-cita masa kecil Anda tersebut masih dipertahankan dan terwujud sekarang? Dulu ketika pertanyaan itu ditanya, salah satu motif-nya tidak lain tidak bukan ingin menunjukkan hebatnya pilihan kita masing-masing dan membandingkannya dengan teman-teman.

Tips Sukses Merencanakan Masa Depan Anak
Tips Sukses Merencanakan Masa Depan Anak

Ya, supaya cita-cita kita dianggap hebat oleh teman-teman. Tidak jarang juga cita-cita tersebut terpancar dari pernak-pernik yang dimiliki. Sebagai contoh jika bercita-cita menjadi dokter maka biasanya kita akan mengoleksi jarum suntik mainan, senter kecil, stetoskop plastik, jas putih dan lain sebagainya.

Pertanyaannya sekarang, apakah cita-cita Anda tersebut tercapai? Jika iya, apakah Anda bersyukur atas pencapaian tersebut? Atau malah Anda tertekan terlebih karena apa yang Anda capai sekarang tidak sesuai dengan keinginan Anda. Oke, sebenarnya apapun yang tercapai sekarang ini, syukurilah! Saatnya Anda sukses merencanakan masa depan anak Anda, agar mereka bahagia kelak di masa depan.

Tips Merencanakan Masa Depan Anak

Anda tidak perlu membalas dendam pada anak dengan memaksakan kehendak Anda atas nama masa depan baik (dalam definisi Anda). Memang sebagai orang tua pastinya menginginkan yang terbaik dan sering kali orang tua (merasa) tahu mana yang terbaik mana tidak.

Anda sendiri diwajibkan untuk menanamkan sifat-sifat baik pada anak untuk masa depan mereka. Antara lain sifat tersebut adalah kejujuran, keberanian, kesatria dan sifat-sifat baik lainnya guna membangun dan merencanakan masa depan mereka.

Jika Anda punya anak-anak yang bisa memberikan kontribusi positif pada lingkungannya, tentu Anda patut berbangga. Namun jika tidak, jangan langsung memvonis mereka tidak akan berhasil. Namun beri mereka pengarahan untuk bisa membedakan mana yang benar dan salah sendiri, bukan Anda yang menentukan.

Terlebih lagi jika anak Anda sudah remaja yang notabene sudah mengetahui kehidupan luar dan punya teman-teman yang bisa saja mempengaruhi mereka.

Beberapa tips sukses merencanakan masa depan anak bisa Anda lakukan dengan beberapa poin berikut:

  1. Mengenali bakat dan minat yang dimiliki oleh anak Anda. Ini penting untuk mengarahkan anak-anak Anda sesuai dengan bakat dan minatnya tersebut. Anda bisa mengetahui bakat dan minat mereka dengan cara mengamati ataupun meminta bantuan para ahli guna mengenali bakat mereka.
  2. Jangan halangi apa yang menjadi bakat dan minat Anda -hanya karena Anda bukan berlatar belakang dari sana. Sebagai contoh, anak Anda tertarik pada musik tetapi Anda bukan seorang musisi. Maka tidak ada salahnya Anda mendukung bakat yang dia punya dengan membiarkannya mengeksplor bakat yang dia punya.
  3. Tanamkan nilai agama dan moral pada anak. Dengan punya nilai-nilai agama dan moral dalam diri mereka tentu apapun profesi mereka kelak akan baik. Yang penting Anda meyakinkan kepada mereka agar mereka menjalani profesi tersebut sebaik-baiknya.
  4. Dukung bakat dan minat anak-anak. Anda bisa mendukung dengan membekali mereka dengan ilmu pengetahuan yang mendukung bakat dan minat mereka. Tidak hanya itu, Anda tidak salah untuk menyemangati anak-anak dengan berbagai kompetisi yang mereka ikuti agar percaya diri. Tahukah Anda bahwa 70% kepercayaan diri yang mereka punya berasal dari dukungan orang tua.

Dengan tips sukses merencanakan masa depan anak, setidaknya Anda sudah berusaha dan anak-anak juga tidak terbebani. Malah siapa yang tahu mereka akan sukses karena mengikuti apa yang mereka minati sehingga menjadi lebih mudah menjalaninya -ketimbang dipaksakan.

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close