Breaking News

Peluang Karir Dalam Dunia Pendidikan

Peluang Karir – Pendidikan yang kita pilih sangat menentukan peluang karir yang akan kita peroleh. Tidak heran jika banyak orang menempuh pendidikan setinggi-tingginya demi memperluas peluang karir dalam dunia kerja. Ya, semakin tinggi jenjang pendidikan, maka semakin besar peluang kesuksesan dalam memperoleh pekerjaan yang diimpikan.

Begitulah anggapan kebanyakan orang. Padahal, kenyataannya, cukup banyak orang yang sudah menempuh pendidikan tinggi, namun malah menjadi pengangguran. Mengapa demikian? Tidak lain adalah karena persaingan yang semakin ketat sehingga dibutuhkan upaya yang lebih keras dan sungguh-sungguh.

Dari fakta di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa peluang karir tidak hanya berkaitan dengan pendidikan tinggi. Tetapi juga, pilihan pendidikan yang dibarengi dengan pengenalan diri sendiri. Jika Anda mampu memahami potensi dalam diri, Anda dapat memilih pendidikan dengan tepat dan nantinya juga lebih mudah dalam meniti karir.

Sebaliknya, setinggi apapun pendidikan yang Anda tempuh dan sebagus apapun, jika Anda tidak berminat dan berbakat di dalamnya, maka Anda tidak akan dapat meraih peluang karir yang ada. Jadi, lapangan pekerjaan bukannya langka, tetapi tidak menyadari peluang karir yang sesuai dengan kemampuan dan minat diri sendiri. Pertimbangkanlah dengan matang pilihan pendidikan berikut ini dan peluang karir di dalamnya.

Peluang Karir Dalam Dunia Pendidikan
Peluang Karir Dalam Dunia Pendidikan

Pilihan Pendidikan dan Peluang Karir di Dalamnya

SMA

Ketika memilih untuk melanjutkan pendidikan di SMA, maka persiapkan juga diri Anda untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Di SMA tersedia tiga pilihan jurusan yang masing-masing dapat dilanjutkan pada perguruan tinggi. Sebenarnya, peluang karir untuk lulusan SMA masih ada, namun seringkali direbut oleh para lulusan SMK.

Sehingga, para lulusan SMA harus menempuh pendidikan yang lebih tinggi untuk memperoleh peluang yang lebih besar baik dalam hal pilihan pekerjaan maupun pendapatan.

Apa saja pilihan jurusan di SMA dan peluang karir yang terdapat di dalamnya?

IPA

Jurusan IPA di SMA dapat dilanjutkan ke perguruan tinggi, misalnya mengambil program studi MIPA, peternakan, pendidikan, dokter, pertanian, ataupun teknik. Jurusan IPA dapat juga mengambil program studi lainnya yang berkaitan dengan keterampilan berhitung. Nah, peluang karir apa saja yang bisa Anda temukan di sini?

Program studi pertanian berpeluang untuk menjadi PNS di departemen pertanian atau bekerja di perusahaan yang berkaitan dengan pertanian.

Begitu pula dengan program peternakan, Anda bisa berkesempatan untuk meraih PNS di departemen peternakan atau bekerja di perusahaan yang memiliki bidang yang sama. Sedangkan, untuk jurusan teknik, peluangnya hampir sama dengan peluang yang dimiliki oleh para lulusan SMK.

Misalnya, teknik arsitek memiliki peluang karir yang sama dengan lulusan SMK grafika, jurusan teknik mesin peluangnya juga mirip dengan lulusan SMK mesin, juga teknik listrik yang berpeluang setara dengan pendidikan SMK listrik. Program studi kedokteran memiliki peluang yang cukup besar untuk bekerja di puskesmas atau rumah sakit. Selain bekerja di sarana kesehatan, peluang juga terbuka untuk membuka praktek sendiri di tempat yang Anda inginkan.

Kemudian, pilihan jurusan MIPA membuka peluang yang lebih banyak lagi karena mencakup bidang pertanian, kehutanan, kesehatan, peternakan, bahkan kelautan. Peluang yang paling umum terbuka untuk jurusan IPA yang dilanjutkan ke perguruan tinggi adalah bekerja sebagai guru, baik untuk SD, SMP, dan SMA. Anda juga masih dapat diterima bekerja di berbagai perusahaan yang bergerak di bidang listrik, kimia, atau makanan.

IPS

Peluang karir sesuai program studi yang tersedia bermacam-macam. Jurusan hukum dapat berpeluang menjadi pengacara, PNS di berbagai departemen, bekerja di lembaga keuangan seperti bank, menjadi jaksa, notaris, dll. Hubungan internasional berpeluang memasuki perusahaan bertaraf internasional. Jurusan akuntansi memungkinkan Anda diterima di berbagai perusahaan, baik itu lembaga keuangan, auditor, akuntan, bahkan menjadi guru.

Jika Anda memilih jurusan ekonomi, kemungkinan Anda dapat diterima sebagai PNS di bidang kewilayahan atau perusahaan lain di bidang yang sama. Program studi ilmu sosial mengarah pada peluang sebagai wartawan, guru, atau meneliti sejarah. Terakhir adalah manajemen dan peluangnya mencakup semua departemen atau menjadi guru.

Bahasa

Jurusan bahasa menghadirkan peluang karir yang sangat luas. Misalnya, peluang sebagai penerjemah, penyiar, guru bahasa, wartawan, penulis, kedutaan besar, atau memandu wisata. Pendidikan yang lebih tinggi, peluangnya juga lebih besar dibandingkan para lulusan SMK.


SMK

Memilih pendidikan SMK bisa jadi mempercepat waktu dalam melihat dan meraih peluang pekerjaan. Dan memang, para lulusan SMK sudah dipersiapkan untuk menghadapi tantangan dan dunia kerja.

Berikut ini pilihan jurusan di SMK dan peluang karir yang bisa Anda pertimbangkan sesuai minat dan bakat Anda.

  • Farmasi bagi Anda yang ingin bekerja di perusahaan obat-obatan atau apotek.
  • Teknik pengelasan merupakan pilihan yang tepat untuk Anda yang berminat bekerja di bengkel las, menjadi masinis kereta api, mengelas listrik, atau mengoperasikan berbagai alat berat.
  • Fotografi berpeluang bekerja atau membuka jasa periklanan, buku, atau menjadi fotografer di banyak acara.
  • Jurusan tata boga bagi Anda yang senang memasak dan ingin bekerja di bidang makanan.
  • Perhotelan berkaitan dengan hotel baik menjadi karyawan atau membuka hotel sendiri.
  • Grafika berpeluang di bidang arsitek dan multimedia.
  • Jurusan akuntansi dapat dipekerjakan di perusahaan kecil maupun besar dan di berbagai bidang.
  • Jurusan tata busana nantinya dapat menjadi penjahit baik untuk perusahaan maupun usaha sendiri.

Pilihan jurusan lainnya adalah tata rias, elektronika, manajemen bisnis, perawat, desainer web, kimia industri, otomotif, atau teknik mesin. Jadi, peluang karir di SMK cukup luas dan wajib dipertimbangkan secara matang. Untuk meraih peluang yang tepat sesuai dengan minat dan bakat Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda camkan.

Pertama, tentukan tujuan hidup dengan jelas dan bersemangat. Buat rencana hidup yang terarah dan sesuai dengan kenyataan yang ada sehingga Anda tidak sia-sia menempuh pendidikan tinggi.

Kedua, tumbuhkan minat pada tujuan hidup tersebut sehingga peluang karir juga lebih mudah dilihat dan disadari. Yang terutama, sesuai saran di awal pembahasan adalah memahami diri sendiri agar pilihan yang kita putuskan sesuai dengan kemampuan dan minat.

Setelah itu, penting bekerja keras dan tidak kenal putus asa dalam memanfaatkan setiap peluang yang ada. Peluang karir bukan hanya impian semata, Andalah penentunya!

1 Komentar

  1. Artikelnya sangat inspiratif kakak ditambah lagi gambar artikelnya yang sangat keren ��

    BalasHapus

Type and hit Enter to search

Close