Ternyata Ini Alasan Mengapa Orang Memilih Jadi PNS

Pada umumnya menjelang akhir tahun adalah hari yang dinanti-nanti bagi banyak pengangguran, pekerja swasta dengan gaji minim atau pun fresh graduate untuk berlomba-lomba memasukkan lamaran jadi PNS.

Bekerja di bagian pemerintahan merupakan solusi ampuh bagi mereka yang ingin mendapatkan gaji tetap dan sesuai dengan UMR. Oleh karena itu, banyak yang berlomba-lomba dengan berbagai cara yakni salah satunya ikut tes CPNS untuk bisa menjadi seorang PNS atau Pegawai Negeri Sipil.

Alasan Mengapa Orang Memilih Jadi PNS

Maka dari itu wajar memang mengapa orang memilih jadi PNS, sampai-sampai rela meninggalkan pekerjaan untuk tiket PNS. Mereka bahkan berlomba-lomba merebutnya padahal persentase masuknya jauh lebih sulit daripada masuk ke perguruan tinggi. Jika di perguruan tinggi, kita hanya perlu menyisihkan sekitar 300-1000 orang maka di lowongan PNS, kita harus menyisihkan ribuan hingga puluhan ribu orang.

Formasi PNS pun begitu terbatas. Sebagai contoh, hanya dibutuhkan 2 orang penyuluh pertanian di daerah tertentu namun yang memperebutkan 2 orang tersebut bisa mencapai 15000 orang sarjana pertanian.

Begitupun tetap saja ada alasan mengapa orang memilih jadi PNS, setidaknya beberapa poin berikut akan menjelaskannya:

Jaminan punya gaji besar

Salah satu alasan mengapa orang memilih jadi PNS adalah karena jaminan akan memiliki gaji besar. Gaji PNS sendiri berada di atas 2 juta sehingga cukuplah untuk kebutuhan hidup sudah terpenuhi. Selain itu, biasanya menjadi seorang PNS juga berarti memberikan jaminan untuk pinjaman utang atau kredit dan mendapatkan uang pensiun. Surat pengangkatan menjadi PNS sendiri bisa menjadi jaminan bagi bank. Khususnya untuk dana pensiun, tidak hanya terbatas bagi diri sendiri tetapi juga bisa membantu anak-anak di masa depan.

Jaminan untuk mertua

Kadang keberhasilan untuk menarik perhatian mertua adalah menjadi seorang PNS. Calon mertua biasanya akan memilih calon menantu lelaki yang adalah PNS karena merasa aman bahwa akan ada masa depan bagi anak perempuannya. Tidak jarang calon mertua yang menganggap bahwa calon menantu yang serius adalah memang yang sudah mapan, salah satu syarat tersebut adalah lolos PNS. Ya, bisa dibilang status PNS ibarat dewa yang bisa mengangkat beban berat di hari-hari mendatang.

Jaminan hidup nyaman

Mengapa orang memilih jadi PNS ini dikarenakan ada jaminan hidup nyaman. Kehidupan santai dengan duduk di kursi depan komputer, mengerjakan semuanya dengan tenggang waktu ditentukan dengan jam kerja8 sampai dengan jam 9 pagi. Bahkan bisa kembali ke rumah jam 2 siang dan sore harinya bisa berkumpul dengan keluarga. PNS bisa dibilang salah satu pekerjaan yang paling santai dan tidak stres seperti misalnya bekerja swasta yang penuh tekanan. Menjadi PNS bisa memberikan kebahagiaan keluarga.

Ketiga alasan mengapa orang memilih jadi PNS di atas merupakan gambaran pada umumnya. Tidak dipungkiri memang, namun begitupun masih ada orang yang memang benar-benar mencintai tanah air Indonesia dan ingin mengabdi pada negara. Maka dari itu, mereka mencoba menjadi seorang PNS. Akan tetapi tidak pelak secara umum sering kali terdapat ketidakseimbangan yakni lebih banyak yang memilih uang dan gaya hidup sehingga memilih jadi PNS.

Banyak orang yang tidak ingin menghadapi berbagai tantangan besar, ingin duduk santai tapi punya uang – inilah yang menjadikan seseorang ‘melarikan diri’ dengan cara menjadi seorang PNS. Maka dari itu pula, banyak orang pula yang berpikiran bahwa mereka yang melamar menjadi seorang PNS biasanya adalah orang-orang yang menyerah.

0 Komentar