Tips dan Trik Mengikuti Ujian CPNS

Tips dan trik mengikuti ujian CPNS merupakan salah satu panduan yang paling dicari oleh masyarakat. Ini dikarenakan tingginya minat masyarakat untuk ikut ujian CPNS dan tentunya lolos menjadi seorang pegawai negeri sipil.

Walaupun kerap santer berita mengenai jual-beli kursi kelulusan tetap saja masyarakat masih antusias untuk menjadi seorang PNS. Salah satu yang diharapkan oleh mereka adalah punya penghasilan tetap dan jaminan pensiun. Bahkan tahukah Anda bahwa guru yang bersertifikasi bahkan bisa memperoleh gaji hingga 5 juta rupiah setiap bulan.

Tips dan Trik Mengikuti Ujian CPNS

Tidak heran jika informasi ujian CPNS menjadi sesuatu yang mendebarkan. Mulai dari pengumuman penerimaan CPNS, proses ujian dan masih banyak lagi. Berbagai cara pun dilakukan agar lulus ujian CPNS, bahkan jika harus membayar. Padahal belum tentu sebenarnya karena uang tersebut Anda bisa lulus. Justru hal tersebut bisa hanya akal-akalan saja. Anda memang diterima karena memang dari diri sendiri, bukan bantuan dari orang lain. Namun sering kali rasa tidak percaya diri yang menguasai seseorang.

Bulan November sendiri merupakan waktu yang paling umum digunakan oleh pemerintah untuk merekrut pegawai baru. Ini dimaksudkan agar pegawai baru yang diterima bisa dimasukkan dalam tahun anggaran baru.

Persiapan Mengikuti Ujian CPNS

Oke, mari kita mengetahui tips dan trik mengikuti ujian CPNS yang semoga bisa menyiapkan diri Anda untuk lebih percaya diri lagi.

  • Hal pertama yang harus dimiliki tentu adalah persiapan yang matang untuk mengikuti ujian CPNS. Jangan menganggap ujian tersebut sepele karena Anda harus menghadapi puluhan ribu atau ribuan orang untuk memperebutkan satu kursi.
  • Perbanyak relasi dalam instansi pemerintah agar kita bisa punya akses informasi yang lebih cepat.
  • Mempersiapkan dokumen pendukung dengan cermat. Siapkan dokumen yang butuh pengesahan ulang dari lembaga tertentu. Tidak terburu-buru untuk mencari dokumen penting seperti misalnya surat keterangan dokter dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian.
  • Pilih formasi yang hanya butuh sedikit personil karena biasanya peminatnya juga sedikit sehingga meminimalkan persaingan kita.

Namun, tahukah pula bahwa sebenarnya masih banyak orang yang tidak ingin menjadi seorang pegawai negeri sipil meski di sekelilingnya orang berbondong-bondong mendaftar. Mengapa?

  • Terlalu banyak tantangan keimanan pada saat menjadi seorang pegawai negeri.
  • Pekerjaan yang sama sekali tidak menantang. Beberapa orang lebih senang menghadapi pekerjaan yang menantang meski tidak bergaji sebanyak pegawai negeri sipil. Mereka ingin merasa ‘lebih hidup’ jika melakukan banyak hal terhadap orang lain.
  • Dunia bisnis punya sisi yang sangat menarik. Terdapat peluang-peluang besar yang menghasilkan rezeki besar.
  • Antipati dan tidak bertekad menjadi seorang PNS meski apapun yang terjadi.

Ya, Anda yang apakah ingin menjadi seorang pegawai negeri sipil atau tidak – yang harus dipikirkan adalah setiap makhluk bernyawa pasti diberikan rezeki oleh Sang Pencipta. Intinya terletak pada diri sendiri yang memang mau berusaha untuk mengais rezeki. Doa harus diikuti oleh usaha.

Jika Anda lulus ujian CPNS dan diangkat menjadi seorang PNS maka rasakanlah kebahagiaan yang semestinya. Semakin kaya seseorang tentu semakin mendekat bukannya menjauh dari Tuhan yang Maha Esa. Istilahnya tidak lupa daratan. Rasa syukur harus senantiasa diucapkan dan menjalankan tugas dengan keimanan.

Sementara itu, bagi yang tidak lulus mengikuti ujian CPNS harus berpikir bahwa PNS bukan satu-satunya cara dan bukan penentu hidup-mati seseorang. Masih banyak peluang dimana-mana asal kita mau menjemput peluang tersebut. Ibaratnya tidak menunggu bola datang tetapi harus menjemput dan menggiringnya. Faktanya ada banyak pula orang yang punya harta melimpah meski bukan seorang pegawai negeri. Yuk, Pilih Peluang Usaha Sampingan Untuk PNS

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak