Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Demam dan Flu dengan Konsumsi Makanan Ini!

Kalau sudah cuaca dingin maka tak pelak demam dan flu kemudian menyerang. Kondisi stamina tubuh pun menurun karena suhu yang rendah sehingga membuat virus gampang menjangkiti tubuh. Namun bagaimana jika Anda sudah lebih dulu terserang penyakit demam atau flu? Anda bisa mengatasi demam dan flu dengan makanan-makanan ini.

Cara Mengatasi Demam dan Flu dengan Konsumsi Makanan

Jadi, jangan hanya diatasi dengan obat-obatan saja tetapi maksimalkan penyembuhan dengan beragam makanan enak tetapi punya nutrisi yang tinggi. Nutrisi ini tidak hanya menyembuhkan tetapi juga mempercepat dan kondisi tubuh menjadi lebih fit ketimbang hanya sekadar sembuh dengan mengonsumsi obat-obatan.

Berikut daftar makanan yang bisa Anda konsumsi sebagai cara mengatasi demam dan flu:

1. Sup Ayam

Sup ayam ternyata mampu memulihkan kondisi tubuh, terutama saat Anda merasa menggigil akibat demam. Anda dapat segera mengkonsumsi semangkok sup ayam. Rasanya hangat, lembut, gurih yang mampu membuat seseorang tetap terhidrasi, ini dikarenakan kandungan air yang tinggi pada sup. Sup ayam juga memiliki kandungan senyawa anti inflamasi yang berfungsi untuk mencegah demam dan flu untuk tidak semakin parah. Selain itu, sup ayam bisa melindungi tubuh Anda dari virus atau pun bakteri.

2. Teh

Beberapa jenis teh mengandung anti-oksida polyphenol, sebagai contoh teh hijau, teh hitam, dan teh oolong. Oleh karena kandungan tersebut, teh dapat membantu Anda untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan sekaligus menjadikan perut tetap terasa hangat dan tidak kembung. Menghirup aroma teh tersebut pun dapat membantu pernapasan Anda terasa lebih lega. Tak lupa pula untuk menambahkan madu atau air perasan jeruk lemon untuk menghindari sakit tenggorokan.

3. Buah pisang

Pisang adalah makanan lembut yang mudah untuk dicerna, apakah dalam bentuk padat, diiris atau bisa juga dihaluskan. Menurut Wellness Watchers MD dikatakan bahwa buah pisang kaya akan kandungan potassium dan vitamin C yang membantu Anda untuk pulih dari demam dan flu, bahkan yang dibarengi dengan mual, muntah serta diare. Anda sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pisang.

4. Buah jeruk

Buah jeruk apakah dimakan langsung atau pun dijus sangat baik untuk meredakan pilek yang Anda derita. Ini dikarenakan kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah ini. Vitamin C sendiri berfungsi sebagai nutrisi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga membantu Anda untuk cepat pulih dari demam dan flu.

5. Seafood / makanan laut

Tak kalah pentingnya sebagai makanan utama adalah seafood atau hasil laut seperti ikan salmon, lobster, dan udang. Hasil laut ini memiliki kandungan zinc dan selenium yang tinggi. Kedua kandungan ini berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Begitu juga dengan kandungan asam lemak omega-3 yang dapat membantu Anda dari serangan virus atau pun yang sudah masuk ke dalam tubuh serta mencegah inflamasi. Kemampuan tubuh pun menjadi lebih maksimal untuk melawan infeksi serta mengatasi demam secara lebih cepat lagi.

Obat-obatan memang berguna untuk menyembuhkan dan sebagai utamanya dalam hal cara mengatasi demam dan flu. Namun, untuk melengkapi fungsi tersebut Anda harus mengkonsumsi nutrisi yang tepat dan cukup. Dengan begitu, kesembuhan Anda pun lebih maksimal karena punya tenaga untuk memulai aktivitas sehari-hari lagi setelah diterpa serangan demam dan flu.

Meski sakit, dan perlu diakui kadang tidak selera makan – cobalah daftar makanan dan minuman yang telah disebutkan untuk dikonsumsi. Lagi pula, rasanya pun nikmat dan bisa menghilangkan rasa obat yang melekat pada lidah Anda.