Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia Umur Terpanjang di Dunia dengan Makan Sehat

Rahasia Umur Terpanjang di Dunia dengan Makan Sehat - Siapa yang tidak ingin punya umur panjang? Hingga umur 90-100 tahun. Hampir semua orang tidak suka dengan kata ‘meninggal’. Namun sayang memang untuk Negara Indonesia tidak banyak orang yang bisa mencapai usia lebih dari 90 tahunan. Namun begitu pun masih ada beberapa negara di dunia yang bisa masuk ke dalam kategori usia 100 tahun atau disebut juga sebagai Blue Zone.

Rahasia Umur Terpanjang di Dunia dengan Makan Sehat

Bahkan yang hebatnya lagi lansia-lansia di negara tersebut masih dalam keadaan bugar meski usianya sudah sangat tua. Anda pun bahkan akan menemukan orang-orang yang berusia sangat tua tersebut dengan lumayan mudah di negara-negara itu.

Informasi ini sendiri berdasarkan pada data empiris dan data observasi secara langsung. Nah, tidak ada salahnya juga kan bagi kita meniru berbagai rahasia hidup sehat yang mereka lakukan supaya bisa berumur panjang seperti itu. Berikut ke-4 negara dengan penduduk berumur terpanjang berdasarkan buku “Blue Zone” karya Dan Buettner:

1. Pulau Ikaria, Yunani

Ikaria merupakan pulau di Yunani yang berada di Laut Aegean yakni sekitar 56 km dari lepas pantai Turki. Tahukah Anda bahwa warga di Ikaria bisa tiga kali berpeluang mencapai usia 90 tahun bahkan dibandingkan dengan Negara Amerika Serikat. Jarang orang mengidap penyakit kronis di daerah ini. Resiko untuk terkena penyakit kanker pun lebih rendah dengan persentase 20%, risiko terkena penyakit kardiovaskular 50% lebih renda dan hampir tidak ada orang yang mengidap dementia. Apa rahasianya? Mereka sudah terbiasa untuk menyantap diet Mediterania yang mengandung banyak minyak zaitun, sayuran liar, buah, biji-bijian utuh, dan sedikit ikan. Minuman mereka adalah susu kambing dan menyesap wine serta teh herbal yang berguna sebagai diuretik ringan yang dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

2. Kota Loma Linda, California, Amerika Serikat.

Ternyata Amerika tidak hanya dikenal dengan gaya hidup tak sehatnya, karena ada beberapa daerah yang masih punya orang-orang yang berumur panjang. Kota Loma Linda berada di sebelah timur Los Angeles yakni sekitar 96,5 km. Hidup sekitar 9000 orang penganut Kristen Advent yang memang dikenal hidup sehat. Mereka sudah terbiasa menerapkan gaya hidup sehat dengan menjadi vegetarian dan tidak merokok serta tidak minum alkohol dan soda. Makan paling banyak ketika sarapan pagi dan porsi paling sedikit ketika makan malam.

3. Kota Okinawa, Jepang.

Okinawa terletak di 1600 km dari kota Tokyo. Kumpulan pulau ini dikenal dengan iklimnya yang hangat sehingga sempat pula disebut ‘tanah abadi’ di mana warganya sangat sedikit yang terkena penyakit kanker, dementia dan penyakit jantung jika dibandingkan dengan orang Amerika Serikat. Apa rahasianya? Tak lain dan tak bukan adalah pola makan sehat. Frase yang dikenal adalah ‘hara hachi bu’ yang berarti “makan sampai 80% kenyang”. Mereka pun senang mengonsumsi produk kedelai dan sayuran serta berkebun sayuran dan herba.

4. Pulau Sardinia, Italia

Sardinia adalah sebuah pulau Mediterania yang berada sekitar 193 km dari lepas pantai Italia. Tahukah Anda bahwa di sini adalah pusat pria yang berumur seratus tahun dengan kemampuan konsentrasi paling tinggi di dunia. Jumlah orang dengan usia seratus tahun lebih per 1000 orang yakni 10 kali lipat lebih banyak jika dibandingkan dengan Amerika Serikat.

Rahasianya adalah warga Sardinia mengkonsumsi makanan yang kaya dengan buncis-buncisan, keju, dan susu kambing. Kambingnya pun berbeda karena kambing di sini memakan dwarf curry yakni tanaman yang digunakan sebagai obat anti-peradangan di Amerika.

Tertarik untuk mencoba?