Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Persiapan Memulai Usaha

Persiapan Memulai Usaha - Pengusaha merupakan orang yang membuat dan menjalankan suatu usaha yang mempunyai tujuan untuk menghasilkan uang. Kini sudah banyak orang yang mempunyai, kewirausahaan telah mulai menyebar layaknya virus yang menular dari anak sekolah sampai orang dewasa. Namun kondisi tersebut terkadang berhenti sementara saat sebagai pemula, tidak sedikit orang yang kebingungan untuk memulai model usaha apa yang akan dipilih untuk mengawali pengalaman berusaha mereka.

Persiapan Memulai Usaha

Para pemula sebaiknya bisa memilih jenis usaha yang akan dijalankannya. Di samping itu, seorang pemula juga harus menambah wawasannya mengenai dunia usaha ini, bisa dengan cara bergabung dengan perkumpulan komunitas pengusaha, senantiasa bertanya, belajar, bisa menjalankannya dengan segera, atau bekerja sama dengan pengusaha yang telah ahli di bidangnya.

1. Komunitas Para Pengusaha

Saat ini terdapat banyak himpunan pengusaha yang dapat dipilih sebagai contoh HIPMI, yaitu Himpunan Pengusaha Muda Indonesia, yang terdapat di hampir setiap perguruan tinggi. Di sekolah, juga telah mulai terdapat kegiatan ekstrakurikuler tentang kewirausahaan.

Biasakanlah bertanya dengan pertanyaan yang praktis dalam sebuah komunitas sebab di dalam sebuah komunitas terdapat banyak pengusaha yang dapat menjawab berdasarkan pengalaman mereka.

2. Bertanya

Seperti pepatah yang mengatakan Malu Bertanya Sesat di Jalan. Tanyakan pada para pengusaha berpengalaman sebab belajar dari mereka Anda dapat mengenal liku-liku dunia usaha.

Pengusaha tidak selalu berwujud orang yang berdasi dan berjas lengkap, Anda pun bisa bertanya pada para penjual barang dagangan yang bisa ditemui, mereka juga pengusaha yang memang berbeda kelas. Anda juga dapat mengajukan pertanyaan dengan cara mengobrol tentang semua hal yang berkaitan dengan dagangannya.

3. Belajar Melalui Buku

Buku merupakan jendela informasi dunia, dunia wirausaha juga dapat dibaca dari sejumlah buku yang banyak di pasaran. Seandainya Anda belum masuk ke lingkungan komunitas pengusaha, Banyak buku yang berisi informasi tentang jenis usaha, cara memulai usaha, tips-tips berbisnis, biografi pengusaha sukses, dan kisah-kisah sukses lainnya. Belajar dari buku akan bisa menjawab sejumlah pertanyaan dari para pemula.

4. Berani Melaksanakan

Sebenarnya masalah keberanian untuk beraksi merupakan hambatan yang paling besar, sebab kebanyakan dari kita selalu terfokus pada resiko bukan pada hasil terbaik. Sehingga pikiran kitalah yang selalu menghambat kita untuk bergerak maju meski sudah banyak teori tentang Usaha yang kita peroleh. Padahal saat kita masih kecil (bayi) tidak pernah merasakan takut untuk belajar berjalan walaupun seringnya kita jatuh namun segera bangkit kembali untuk mencoba kembali. Kondisi tersebut terus menerus berulang tanpa adanya hambatan rasa takut sama sekali hingga suatu saat kita berhasil berdiri dengan sempurna bahkan bisa berlari hingga kini.

5. Bekerja Sama dengan Pengusaha Berpengalaman

Ketika Anda telah mempunyai cukup bekal untuk dapat memulai sebuah usaha, namun Anda sendiri masih merasa belum siap untuk menjalankannya sendiri, Hal itu dapat diatasi dengan bekerja sama dengan pengusaha yang berpengalaman dan berkecimpung lebih awal di usaha tersebut. Dengan begitu, Anda dapat belajar kepadanya.

Anda bisa melaksanakan beberapa hal sekaligus, berusaha, dapat dilaksanakan sambil bertanya serta belajar. Ini merupakan manfaat yang dapat Anda peroleh. Akan lebih mudah bila Anda telah mengenal terlebih dahulu pengusaha tersebut. Anda juga perlu memberikan kepercayaan pada mitra Anda dalam mengawali usaha sebab perlu saling mempunyai kejujuran serta kepercayaan.


Bekerjasamalah dengan pengusaha yang sudah berpengalaman, dan pastikan juga Anda mempercayainya. Bisa dengan saudara maupun teman namun harus tetap mempunyai sikap profesianal supaya tidak terjebak dengan persoalan pribadi sebab hal itu bisa menghancurkan hubungan Anda bersama teman maupun saudara Anda.