Breaking News

Surat Referensi Kerja dan Contohnya

Apa itu surat referensi kerja? Apakah sama seperti surat keterangan kerja? Banyak sekali yang mengira bahwa surat keterangan kerja sama dengan surat referensi kerja. Padahal, ada banyak perbedaan dari kedua surat ini. Jika surat keterangan kerja memiliki inti dan isi yang menerangkan bahwa seseorang pernah bekerja di perusahaan yang bersangkutan, isi dari surat referensi kerja menerangkan hal yang lebih spesifik lagi.

Di dalam surat referensi kerja, tentu saja ada pernyataan dari perusahaan yang menyatakan bahwa seseorang pernah bekerja di perusahaan tersebut. Tetapi, ada beberapa tambahan di surat referensi kerja. Perusahaan mengeluarkan surat referensi kerja resmi kepada pekerja yang mengundurkan diri.

Surat Referensi Kerja dan Contohnya
Gambar Ilustrasi

Biasanya, isi dari surat referensi kerja sudah mencakup kinerja, kualitas, dan prestasi dari pekerja tersebut, yang bertujuan untuk memberikan sebuah rekomendasi kepada perusahaan yang akan dilamar oleh si mantan pekerja tersebut. Dengan kata lain, surat referensi kerja mempunyai si yang lebih lengkap dan spesifik, bila dibandingkan dengan surat keterangan kerja biasa.

Jika memang memiliki pengalaman kerja, seseorang atau pelamar hendaknya melampirkan surat referensi kerja yang dia miliki. Surat ini bisa dijadikan bahan pertimbangan yang menerangkan produktivitas kerja dari si pekerja tersebut saat ia masih bekerja di perusahaannya yang lama.

Surat referensi kerja ini juga bisa dijadikan bukti bahwa seseorang mempunyai pengalaman di salah satu bidang pekerjaan. Ada baiknya jika anda tidak melampirkan surat referensi kerja anda, jika bidang pekerjaan yang akan anda lamar tidak sesuai dengan pengalaman yang anda miliki.

Sesaat anda mengundurkan diri, anda bisa meminta atau mungkin perusahaan tersebut akan sendirinya mengeluarkan surat referensi kerja untuk anda. Tingkat keberhasilan anda untuk diterima di perusahaan yang anda lamar akan bergantung pada isi dari surat referensi kerja anda.

Jika sebelumnya anda mempunyai reputasi dan kinerja yang baik, maka anda tidak perlu khawatir tentang kemungkinan anda dapat ditolak. Biasanya, instansi perusahaan akan lebih senang bekerja sama dengan orang yang berpengalaman dan juga mempunyai kualitas dan kuantitas kerja yang baik.

Berikut ini adalah contoh surat referensi kerja yang akan dikeluarkan oleh perusahaan:

SURAT REFERENSI KERJA

Nomor: 402/PM/RK/1V/2022


Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama        : M. Sigit Rahardian

Jabatan    : Direktur CV. Pantang Mundur


Menerangkan bahwa:

Nama      : Andre Haris

Alamat    : Jl. Gotong Royong, Jakarta


Di mana yang bersangkutan di atas pernah bekerja di CV. Pantang Mundur sebagai Staf Pembukuan sejak bulan Juli 2019 sampai dengan bulan Maret 2022. Yang bersangkutan telah menunjukkan kinerja yang baik selama di perusahaan dan mengundurkan diri dengan baik-baik.


CV. Pantang Mundur mereferensikan Sdr. Andre Haris kepada perusahaan manapun yang membutuhkan karyawan di posisi staff pembukuan atau posisi lain berdasarkan kemampuan serta loyalitas dari Sdr. Andre Haris selama bekerja di CV. Pantang Mundur.

Demikian Surat Referensi Kerja ini dibuat untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.


Makassar, 16 Mei 2022

CV. Pantang Mundur


 

M. Sigit Rahardian

Direktur


Kedudukan surat ini Sangat penting untuk melampirkan surat referensi kerja, jika anda sudah memilikinya. Selalu ingat untuk bersikap dan berperilaku dimana pun anda berada, termasuk dalam lingkungan pekerjaan. Hal ini tentu saja dapat membantu anda saat meminta ataupun mendapatkan surat referensi kerja di kemudian hari. Dengan adanya surat referensi kerja, tingkat keberhasilan anda untuk diterima mungkin akan lebih baik.

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close