Breaking News

Anti Ribet! Berikut 6 Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Cara Melihat Spesifikasi Laptop – Seperti yang sudah diketahui, spesifikasi komputer atau laptop menjadi salah satu hal yang cukup krusial untuk menunjukkan kemampuan komputer. Kamu bisa melihat kehandalan laptop, mulai dari model, kecepatan prosesor, sampai dengan keterangan pabrikan.

6 Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Kamu sedang browsing-browsing di internet lalu kamu melihat daftar laptop lenovo dan spesifikasinya. Dalam pikiranmu bergumam, bagaimana cara melihat spesifikasi sebuah laptop?. Bagi kamu yang penasaran dengan cara melihat spesifikasi laptop dengan mudah, berikut Pustakawan Barru rangkumkan informasinya.

Tips dan Trik Meninjau Spesifikasi Laptop yang Paling Mudah

Pada zaman sekarang ini, laptop sudah menjadi sebuah kebutuhan yang penting. Jika dahulu, laptop hanya untuk kalangan orang-orang kaya dan pekerja kantoran. Namun sekarang, laptop seakan menjadi kebutuhan pokok layaknya smartphone canggih bagi setiap orang.

Namun terkadang, pengetahuan masyarakat Indonesia tentang laptop sangat kurang. Sama seperti handphone gaming, laptop pun memiliki spesifikasi khusus untuk gaming. Akibat ketidaktahuan itu, masyarakat kita sering salah membeli laptop. Belilah laptop sesuai kebutuhan yang kalian miliki.

Jika kalian hobi game, maka belilah laptop spesifikasi gaming. Jika kalian hanya sekedar browsing dan dengarkan musik, maka belilah laptop-laptop ringan. Atau jika kalian gunakan untuk bekerja, maka pilihlah laptop dengan spesifikasi multimedia dan grafis yang mumpuni.

1. Melihat Spesifikasi Laptop Dengan Membuka Settings

Jika kamu ingin tahu cara mendasar dan paling sederhana untuk mengetahui spesifikasi laptop, maka bisa membuka pengaturan atau settings pada perangkat tersebut. Di pengaturan tersebut tersedia gambaran umum beserta konfigurasi sistem laptop dan juga komputer yang anda miliki secara mendetail.

Caranya, kamu bisa membuka terlebih sudah dahulu pengaturan atau setting. Kemudian, pilihlah sistem dan klik menu About di bagian bawahnya. Lanjutkan dengan menekan ok, maka spesifikasi laptop atau komputer yang kalian miliki akan muncul secara terperinci. Di sini, ada berbagai macam informasi mengenai jenis prosesor, kapasitas Ram, sampai dengan detail sistem keamanan perangkat.

2. Menggunakan Menu This PC di My Computer

Tak berhenti sampai disitu saja, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai fitur yang ada di perangkat dengan menggunakan jalan pintas. Cara melihat spesifikasi laptop yang paling cepat dengan menekan Windows + E pada keyboard atau menggunakan Windows Explorer. Selanjutnya, klik kanan pada pilihan My Computer atau This PC dan tekan properties.

Setelah loading beberapa saat, kamu akan langsung melihat beberapa informasi mengenai spesifikasi laptop. Ada berbagai informasi yang bisa diketahui dari menu yang satu ini mulai dari kecepatan performa laptop, besarnya RAM, tipe, dan lain sebagainya. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui seberapa handalnya perangkat tersebut sebelum menggunakannya.

3. Melihat Spesifikasi Laptop Menggunakan DXdiag

Melihat spesifikasi laptop tak hanya bisa diketahui melalui shortcut Windows + E saja, sebab, kamu juga bisa mengetahui detail perangkat secara mudah dengan memanfaatkan DXdiag. Untuk melihat detailnya, kamu bisa memulai dengan beberapa langkah cepat. Tentunya hal ini harus kita awali dengan Buka RUN atau dengan mengklik Windows + R pada keyboard.

Kalau sudah, ketikkan kata dxdiag untuk melanjutkan cara melihat spesifikasi laptop pada kolom open, dan pilih menu Ok. Kamu dapat melihat berbagai informasi mengenai spesifikasi laptop, seperti windows systemnya yaitu 64 atau 32 bitnya. Cara ini terbilang cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak steps yang sulit, sehingga kamu bisa mengeceknya dengan cepat.

4. Menggunakan Command Prompt pada Search Bar

Cara yang tak kalah mudahnya yaitu dengan memanfaatkan command prompt. Kamu hanya perlu mengetikkan system info dan tekan enter pada menu tersebut. Setelah menunggu beberapa saat, maka spesidikasi yang anda inginkan akan muncul secara langsung. Di sini kamu bisa melihat berbagai informasi laptop atau komputer yang dimiliki.

5. Menggunakan Software Speccy

Selain memanfaatkan menu yang tersedia di Windows, kamu juga bisa melihat spesifikasi laptop memanfaatkan software atau aplikasi luar Software Speccy. Namun, sebelum menggunakan software ini, kamu perlu menginstalnya terlebih dahulu di laptop maupun komputer. Setelah itu,  informasi rinci laptop bisa kita ketahui menggunakan software ini.

6. Menggunakan CPU-Z

Tak jauh berbeda dengan cara melihat spesifikasi laptop sebelumnya, kamu perlu menginstal software terlebih dahulu untuk mengetahui detail spesifikasi laptop. Kamu bisa memanfaatkan CPU-Z untuk mengetahui kerincian informasi spesifikasi CPU mulai dari nama processor hingga core speed anda pada kolom CPU.

Mengetahui spesifikasi laptop yang kalian miliki bisa dikatakan menjadi langkah penting. Ini bisa memudahkan kamu untuk  mengatur beban yang bisa ditampung perangkat laptop atau komputer tetap dalam batasnya. Tentu saja masing-masing spesifikasi laptop menunjukkan kegunaan laptop tersebut, seperti urusan administrasi tulis, game, tugas, dan lainnya.

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close