Breaking News

Cara Membuat Tulisan yang Menarik dan Bagus

Bicara soal tulisan, sudah barang tentu tulisan yang menarik dan bagus menjadi perhatian banyak orang lain. Oleh karena itu, dari sisi penulis menjadi penasaran cara membuat tulisan yang menarik dan bagus tersebut adalah incaran.

Cara Membuat Tulisan yang Menarik dan Bagus

Namun tahukah Anda agar tulisan menarik sebenarnya yang perlu dilakukan adalah ingin tahu apa yang ada di benak pembaca kita. Bagaimanapun juga tulisan dibaca oleh orang lain, bukan hanya diri kita.

Faktanya secara umum beberapa syarat tulisan yang menarik tersebut adalah sebagai berikut:

1. Memuat hal yang baru

Syarat yang paling mudah ketika menulis sebenarnya adalah muatlah hal yang baru. Yang namanya manusia selalu penasaran dengan berbagai hal baru, nah di sinilah celah yang bisa kita ambil.

2. Tulisan opini

Selain berita-berita terbaru, coba untuk mengungkapkan sisi personal kita melalui tulisan opini yang membahas berbagai berita terbaru tersebut. Kebanyakan orang suka mengetahui pendapat orang lain, kenapa kita tidak ikut “nimbrung” dan mungkin saja menuai tanggapan?

3. Tulisan akurat

Yang pastinya apapun tulisannya, akurat informasinya adalah suatu hal yang mutlak. Sama halnya tidak ada orang yang senang dibohongi, termasuk pula soal informasi dalam tulisan.

4. Tulisan menggugah

Khususnya pada tulisan opini, tulisan yang menggugah akan sangat menarik perhatian banyak orang untuk membaca. Cara membuat tulisan yang menarik bisa Anda tekankan pada poin ini khususnya jika bukan tulisan berita.

5. Bahasa yang bagus

Tidak pelak kita harus belajar caranya membuat tulisan dengan belajar bahasa juga. Hal tersebut termasuk tata bahasa yang benar dan sebagainya. Dengan begitu, pembaca pun nyaman membacanya. Tidak lucu ‘kan kalau tulisan Anda berisi huruf S3P3RT1 1N1 atau sEpERTi iNi.

Cara Membuat Tulisan dengan Membaca

Lalu, bagaimana memanifestasikan semua hal yang sudah disebutkan sebelumnya agar menjadi sebuah tulisan yang menarik? Cara membuat tulisan adalah dimulai dengan membaca. Ada setidaknya 2 hal mendasar yang bisa Anda lakukan:

  • Membaca buku-buku yang sesuai passion dan pastinya harus berkualitas. Seperti halnya dengan pertemanan, jika kita berteman dengan orang baik biasanya kita akan jadi baik, begitu sebaliknya. Nah, “bergaul dengan buku” juga seperti itu.
  • Menulis, menulis dan menulis. Setelah rajin membaca, cobalah untuk terus menulis, menulis dan menulis sambil membaca, membaca dan membaca. Pisau akan semakin tajam apabila terus diasah bukan? begitu juga dengan belajar menulis semakin banyak kita menulis maka semakin lihai pula kita menata bahasa.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa cara membuat tulisan yang menarik adalah membaca dan menulis. Semuanya butuh proses dan kemampuan menulis sendiri lahir dari proses tersebut. Kalau ada yang bilang menulis itu susah, itu karena dia belum mencoba atau jarang menulis. Jemari Anda pasti akan sangat terbiasa apabila sering diasah! Selamat menulis!

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close